Korea Selatan Menguji Prototipe Pertama ‘Long-Range Unmanned Aerial Vehicle’

Pengamat Korea Selatan, dengan nama Fangnook, membagikan foto-foto prototipe pertama dari kendaraan udara pengintai tak berawak Korea Selatan dari jarak jauh, yang dikenal dengan KUS-FS (Korean Unmanned System), yang dibuatnya pada 16 Maret 2018.

UAV ini dikembangkan bersama dengan divisi penerbangan Korea Selatan Korea Air (Korea Air Aerospace Division) dengan partisipasi dari Badan Pengembangan Pertahanan (ADD) dari Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Diketahui bahwa untuk pertama kalinya prototipe pertama KUS-FS (nomor on-board “001”) difilmkan, membuat penerbangan pertama pada tahun 2012, dan, dilihat dari gambar di atas, sekarang ini sedang dilakukan uji dengan seperangkat peralatan lengkap dan beban target.

KUS-FS 001 (Twitter Fangnook)

Dilaporkan bahwa tes UAV harus diselesaikan pada akhir 2018, dan selanjutnya akan dites oleh militer Angkatan Udara Korea Selatan.

UAV KUS-FS adalah pesawat yang sangat besar dengan berat lepas landas hingga 4,5 ton dan dilengkapi dengan landing gear yang dapat ditarik kembali. Panjang platform diperkirakan sekitar 13 meter dengan rentang sayap 25 meter.

UAV ini menggunakan seri mesin turboprop Pratt & Whitney Canada PT6 dengan kapasitas sekitar 1.200 hp. Kecepatan jelajah sekitar 250 km/ jam, durasi penerbangan adalah 24 hingga 32 jam, dan memiliki operational ceiling hingga 15.500 meter.

Untuk berkomunikasi dengan stasiun kontrol darat, platform menggunakan komunikasi satelit, dimana satu stasiun darat dapat mengendalikan tiga atau lima UAV.

UAV dilengkapi dengan peralatan pengintaian, pengawasan, dan penargetan yang sangat kaya, termasuk radar aperture sintetik LIG Nex1 dan 24-hour Hanwha System electronic-optical station, serta peralatan radio dan intelijen elektronik.

Juga dimungkinkan untuk melengkapi UAV dengan peralatan EW dan jenis radar lainnya. Senjata yang dikelola (mungkin desain khusus) dengan massa total hingga 500 kg ditempatkan pada empat simpul suspensi eksternal, sebagaimana dilansir dari laman media BMPD Live Journal (22/ 03).

All Photos : KUS-FS 001 (Twitter Fangnook)

Editor : (D.E.S)

Iklan

One thought on “Korea Selatan Menguji Prototipe Pertama ‘Long-Range Unmanned Aerial Vehicle’”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s