Ekspedisi Laut Jawa Antara Indonesia dan Singapura Libatkan Pesawat Tempur

Indonesia dan Singapura melakukan ekspedisi bersama ke Laut Jawa bagian selatan. Sepuluh unit pesawat tempur dari Indonesia dan sepuluh unit lainnya dari Singapura turut dikerahkan. Ini merupakan kali pertama kedua negara melakukan ekspedisi bersama.

Kapal Baruna Jaya VIII milik LIPI mulai berlayar pada Jumat 23 Maret hingga 14 hari ke depan. Direncanakan, Baruna Jaya akan memulai ekspedisi dengan menyusuri 29 titik dari selatan Selat Sunda hingga selatan Cilacap.

Peresmian berlayarnya Baruna Jaya dilakukan di LIPI dengan disaksikan oleh Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi RI Muhammad Nasir, Duta Besar RI untuk Singapura Ngurah Swajaya, Duta Besar Singapura untuk Indonesia Anil Kumar Nayar serta Direktur Asia Tenggara Kementerian Luar Negeri RI Denny Abdi.

“Kami mengapresiasi kerja sama ini sebagai salah satu bentuk kerja sama bilateral dalam kerangka RISING yaitu perayaan 50 tahun hubungan bilateral RI-Singapura,” kata Dubes Ngurah dalam keterangan tertulisnya.

Kerja sama ini hanya melibatkan peneliti dua negara, tanpa melibatkan peneliti yang lazimnya selalu didominasi peneliti dari negara Barat.

Kegiatan yang melibatkan peneliti muda di Selatan Jawa ini, yang juga bagian dari Samudra Hindia, merupakan wujud konkret dari kegiatan Indonesia dalam kerangka kerja sama IORA dan untuk merealisasikan visi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

“Secara garis besar, kegiatan ekspedisi akan dilakukan dalam dua tahap yaitu kegiatan di atas kapal untuk pengambilan sampel dan kompilasi data dilanjutkan dengan studi atas sampel yang di dapat tersebut,” lanjut dia.

Keseluruhan waktu penelitian ini akan memakan waktu dua tahun dengan target hasil penelitian dibagikan dan diskusikan dalam bentuk lokakarya pada tahun 2020.

Penelitian akan menghasilkan penemuan berbagai spesies laut yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya. Hasil penemuan akan dimanfaatkan untuk kebutuhan ilmu pengetahuan serta dapat dipergunakan untuk berbagai kegiatan ekonomi.

Kegiatan tersebut termasuk kegiatan pencarian ikan di laut dalam, penambangan serta kegiatan lainnya yang dapat menunjang upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan, sebagaimana dikutip dari laman berita Medcom (24/ 03).

Photo : F-16 TNI AU dalam Elang Indopura 2016 (Sing MinDef)

Editor : (D.E.S)

4 tanggapan untuk “Ekspedisi Laut Jawa Antara Indonesia dan Singapura Libatkan Pesawat Tempur”

  1. Dek dian, apa gak salah kutip ni berita RI-Sing mengerahkan 20 pespur milik kedua negara…kan gak ada korelasinya, hhh

    Mbah mien cuma takut nanti dibilang ngibul sama tokoh reformasi lho…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s