De Zeven Provincien Class

Royal Schelde telah membangun empat unit De Zeven Provincien Class guided missile carrying fast frigate untuk Angkatan Laut Kerajaan Belanda. Frigat pertahanan dan komando udara (LCF) dibangun di galangan kapal Royal Schelde’s Flushing. Mereka menggantikan Frigat Tromp Class dan Jacob van Heesmarck Class.

Yang pertama dari kelas ini adalah HNLMS De Zeven Provincien (F802), ditugaskan pada bulan April 2002. HNLMS Tromp (F803) ditugaskan pada Maret 2003, HNLMS De Ruyter (F804) pada bulan April 2004 dan HNLMS Evertsen (F805) pada bulan Juni 2005.

Pada bulan Desember 2003, HNLMS De Zeven Provincien menjadi kapal pertama yang berhasil menembakkan rudal Sea Sparrow (evolved Sea Sparrow missile/ ESSM) dan rudal Standard SM2-MR blok IIIA menggunakan interrupted and continuous wave illumination dan uplink X-band. Kedua rudal itu dikendalikan oleh radar APAR.

Pada bulan Desember 2006, HNLMS Tromp berpartisipasi dalam uji coba rudal balistik taktis (tactical ballistic missile defence/ TBMD) dengan Angkatan Laut AS. Kapal yang dilengkapi radar Thales SMART-L dengan mode jarak jauh yang telah diperluas jangkauannya, mampu mendeteksi dan melacak target yang diwakili oleh rudal balistik taktis.

“Royal Schelde telah membangun empat unit De Zeven Provincien Class guided missile carrying fast frigate untuk Angkatan Laut Kerajaan Belanda.”

Pada November 2008, HNLMS De Zeven Provincien menyelesaikan uji coba peluncuran pertama rudal Harpoon besutan Boeing, di lepas pantai Virginia, AS.

De Zeven Provincien class (Military-Today) E
De Zeven Provincien class (Military-Today)

Perjanjian Frigat Trilateral

Belanda, Jerman dan Spanyol membentuk perjanjian frigat trilateral untuk pembangunan frigat nasional. Selain De Zeven Provincien, F100 (Alvaro de Bazan) dibangun di Spanyol oleh Navantia dan F124 (Sachsen) yang dibangun di Jerman oleh ARGE F124 (Blohme dan Voss, HDW dan Thyssen Nordseewerke). Kerja sama ini meluas ke platform kapal dan bukan ke sistem.

Desain Frigat Berorientasi Siluman

Desain kapal menggabungkan fitur siluman dengan penekanan pada pengurangan radar cross section, inframerah, akustik, electrical and magnetic signature.

Kompartemen kedap air, isolasi, redundancy of vital systems, power distribution, and routing, struktur penahan ledakan dan fragmentasi memberikan tingkat bertahan hidup yang sangat tinggi terhadap serangan rudal dan bahaya kebakaran. Untuk perlindungan perang nuklir kimia dan biologi, kapal dibagi menjadi dua tempat perlindungan gas dan sub tempat perlindungan.

De Zeven Provincien class (Military-Today) 1
De Zeven Provincien class (Military-Today)

SEWACO XI Combat Data Command System

Kapal ini dilengkapi dengan sistem data tempur SEWACO XI yang dikembangkan oleh Thales Naval Nederland. Centre for the Automation of Weapon and Command Systems (CAWCS) dibangun oleh RNIN. Sistem akan menggunakan arsitektur jaringan transfer asynchronous (ATM).

Rangkaian komunikasi mencakup komunikasi suara dan data satelit yang aman menggunakan Link 11 dan Link 16 besutan Rohde & Schwarz.

ESSM and SM2-MR block IIIA surface-to-air missile systems

Sistem rudal permukaan-ke-udara jarak jauh menggunakan rudal Sea Sparrow (evolved Sea Sparrow missile/ ESSM) yang dikembangkan oleh tim internasional yang dipimpin oleh Raytheon Missile Systems, yang memiliki panduan radar semi-aktif dengan motor kontrol ekor untuk meningkatkan jangkauan, kecepatan, dan kemampuan manuver.

Rudal anti-udara jarak jauh kapal menggunakan rudal Raytheon Standard SM2-MR blok IIIA. SM-2MR memiliki jangkauan 70km, kecepatan Mach 2.5 dan memiliki pencari radar semi-aktif dan link komando radio Aegis.

Baik ESSM dan SM2 ditembakan dari sistem peluncur vertikal mk41 40-sel (VLS). Kelima peluncur octuple dipasang dengan posisi hampir rata dengan permukaan dek busur di belakang senjata utama.

De Zeven Provincien class (Military-Today) 2
De Zeven Provincien class (Military-Today)

“Hr Ms De Zeven Provincien adalah kapal pertama yang berhasil menembakkan rudal Sea Sparrow (evolved Sea Sparrow missile/ ESSM).”

Sistem rudal permukaan-ke-permukaan Harpoon besutan Boeing dipasang di dek yang ditinggikan tepat di belakang tiang utama.

Harpoon adalah rudal jarak menengah dengan jangkauan 120 km, hulu ledak 220 kg dan memiliki panduan terminal radar aktif.

Pada bulan November 2005, RNLN mengumumkan rencana untuk mengakuisisi 30 buah rudal serang darat Tomahawk block IV (Tactical Tomahawk) yang telah disetujui. Namun pada Mei 2007, pengadaan tersebut dibatalkan.

Senjata

Senjata utama kapal di dek busur adalah meriam Oto Melara kaliber 127mm/ 54. Dua unit Goalkeeper close-in weapon systems besutan Thales Naval Nederland turut diinstal, satu di dek, di depan tiang utama dan satu lagi menghadap buritan, menghadap dek pendaratan helikopter. Gatling Goalkeeper kaliber 30mm mampu menembakan maksimum 4.200 putaran per menit dengan kisaran jangkauan 1.500 m.

Dua senapan mesin Oerlikon 20mm dipasang berdekatan, satu ke port dan satu lagi di sebelah kanan tiang utama.

De Zeven Provincien class (Military-Today) 3
De Zeven Provincien class (Military-Today)

Peluncur Torpedo Twin mk32 mod 9 323mm

Dua peluncur torpedo Twin mk32 mod 9 323mm dipasang satu di setiap sisi kapal dengan jarak sekitar dua pertiga panjang kapal dari haluan. 24 buah torpedo mk46 mod 5 disimpan di ruang amunisi kapal.

De Zeven Provincien Class Countermeasures

Frigat dilengkapi dengan Thales Defense Sabre yang terintegrasi dengan sistem peperangan elektronik yang mencakup sistem electronic support measures (ESM) dari 0,5GHz hingga 18GHz dan active phased-array electronic countermeasures (ECM) dari 7.5GHz hingga 18GHz.

Kapal ini memiliki empat peluncur SRBOC (super rapid blooming off-board countermeasures) decoy system dari Lockheed Martin Sippican. Umpan torpedo yang digalangkan adalah Argon ST (dahulu Sensytech) AN / SLQ-25 Nixie.

Helikopter dan Dek Penerbangan

Terdapat dek penerbangan sepanjang 27m di buritan kapal dan hangar dengan akomodasi untuk satu helikopter dengan bobot 10 ton seperti AgustaWestland Lynx dari Angkatan Laut Kerajaan Belanda, atau NH90 helikopter angkatan laut yang mulai beroperasi pada tahun 2010.

Dek ini dilengkapi dengan sistem penanganan helikopter DCN Samahe yang memungkinkan penyebaran dan recovery helikopter Lynx atau NH90 di high sea states. Sistem pengarahan helikopter kapal adalah VESTA.

De Zeven Provincien class (Military-Today) 4E
De Zeven Provincien class (Military-Today)

Sistem Sensor

Radar kapal itu dipasok oleh Thales Naval Nederland. Radar Smart-L tiga dimensi yang beroperasi di D band menyediakan pencarian udara. APAR (active phased array radar) menyediakan pencarian udara dan permukaan sekaligus berfungsi untuk kontrol penembakan. APAR adalah radar multi-fungsi yang beroperasi di X-band. Platform ini menyediakan pencarian target dan pelacakan dan panduan untuk rudal Standar 2. The Scout LPI (low probability of intercept) radar beroperasi di I band menyediakan pencarian permukaan. Ada juga radar identifikasi teman atau musuh (IFF) mkXII.

“Sistem rudal permukaan-ke-permukaan Harpoon besutan Boeing dipasang di dek yang dinaikkan.”

Pada bulan April 2006, pemerintah Belanda menempatkan pesanan untuk empat Thales Naval Nederland Sirius LR-IRST long-range dual-band infrared search and track system untuk kapal. Sirius dipasang di atas tiang menara. Sistem ini menyediakan kemampuan pencarian cakrawala terhadap rudal yang melakukan pergerakan sea-skimming. Sistem pengawasan permukaan elektro-optik Thales Mirador juga ikut dipasang.

Pada Juni 2012, Thales Nederland dianugerahi kontrak untuk memodifikasi empat radar pencarian volume SMART-L di atas frigat. Radar baru akan mendeteksi dan melacak lintasan rudal balistik.

Sistem sonar kapal menggunakan Atlas Elektronik DSQS-24C hull-mounted search and attack sonar.

Sistem Propulsi dan Mesin CODOG

Sistem propulsi gabungan diesel atau gas (CODOG) kapal ini memiliki dua jalur propulsi independen. Dua mesin turbin gas Rolls-Royce Spey SM1C masing-masing menyediakan daya 18,5MW. Two cruise diesel engines, Stork-Wartsila 16 V26, menyediakan daya 8,4MW.

Kedua gearbox dipasang di ruang transmisi terpisah. Kapal ini memiliki dua baling-baling yang dapat dikendalikan dan dua kemudi dengan rudder roll stabilisation.

Kecepatan kapal maksimum adalah 30kt dan kecepatan jelajah adalah 18kt. Kisarannya adalah 5.000 mil pada 18kt, sebagaimana dilansir dari Naval Technology.

Photo : Overhead shot of HNLMS Evertsen (F805), a De Zeven Provinciën-class air defence and command frigate of the Royal Netherlands Navy. (Reddit)

Editor : (D.E.S)

Iklan

11 tanggapan untuk “De Zeven Provincien Class”

  1. Jika harus nemilih antara Iver dan DZP maka aku pilih IVER, tapi jika bisa aku ingin keduanya…

    Suka

  2. Ada orgil mau pilih gorshkov.

    1 unit gorshkov bisa dapat :
    3 unit iver full armament + 4 unit KCR 60 full armament + 1 unit OPV.

    Suka

  3. Gorshkov dengan oniks/kalibr gak yakin saya rusia mau jual ini!!! apa lagi negara kita bakal beli block 72 hehehhe 😀

    Suka

  4. Yakin iver dikasih rudalnya?
    Laaah…….KFX aje gak dikasih AESA sama Mbah AS
    salam orgil………….xixixi

    Suka

  5. Iver kurang baik desain nya, penempatan ciws dek depan sangat janggal dan tdk balance posisinya, ditempatkan di bagian kiri anjungan komando, seharusnya tepat di tengah.
    Juga berpengaruh terhadap posisi vls depan yg posisinya jg tdk beraturan.
    Lebih baik order PAL buat desain baru basis PKR panjang sekitar 120 – 130 meter, tonase 3500 ton, setiap tahun produksi sistem persenjataan sesuaikan dg teknologi terbaru.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s