Merespons Ancaman OPM, Menhan Ryamizard Ryacudu Nyatakan RI Siap Perang

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Fahrizal Lubis)
Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. (Liputan6.com/Fahrizal Lubis)

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengaku tidak takut dengan ultimatum perang yang dikeluarkan oleh Gerakan Separatis Operasi Papua Merdeka (OPM).

Ryamizard menekankan kekuatan militer Indonesia lebih kuat dibandingkan kekuatan militer OPM.

“Mereka (OPM) ajak perang? Ya perang aja. Orang ajak perang masa makan soto sih,” kelakar Ryamizard di kantor Kementerian Pertahanan, Jakarta Pusat, Rabu (28/3).

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menyebut ultimatum perang ini merupakan tugas TNI karena sudah mengancam keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Pokoknya kalau keselamatan bangsa kemudian kedaulatan rakyat, keutuhan bangsa terganggu itu urusan tentara,” kata Ryamizard.

Lebih lanjut, Ryamizard percaya diri TNI dapat menanggulangi ancaman ini dengan mudah. Ia yakin dengan kekuatan militer TNI yang berjumlah setidaknya 800 ribu personel aktif bisa melumpuhkan kekuatan OPM dengan mudah.

“Mereka (OPM), mah, kecil. Malu sama veteran kalau saya tidak berani,” ujar Ryamizard sambil menjentikkan jari.

Sebelumnya, pada 27 Februari 2018, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) OPM, mengunggah video yang berisikan ultimatum perang di akun resminya. Adapun salah satu tuntutan TPNPB adalah agar PT Freeport dan seluruh perusahaan asing ditutup.

“Perang jangan berhenti, perang harus tanpa intervensi internasional di Papua. Ultimatum perang, saya sudah umumkan. Tujuan, kami ingin perang lawan TNI, Polri sudah tecantum dalam aturan TPN,” kata Kepala Staf Operasi Komando Nasional TPNPB, G.Lekkagak Telenggen dalam video, sebagaimana dikutip dari laman CNN (28/ 03).

Editor : (D.E.S)

Iklan

11 tanggapan untuk “Merespons Ancaman OPM, Menhan Ryamizard Ryacudu Nyatakan RI Siap Perang”

  1. PT Freeport dan seluruh perusahaan asing ditutup.?????

    LUCU LUCU nih kanya ada yg main politik yah…..mau pilpres bro tiba tiba muncul ke permukaan bule bule lagi rese nih…
    pemda papua aja sudah dapat jatah beberapa persen dari freeport padahal dulu dulunya gak pernah..
    sudah banyak yg di benahi di papua dari bandara, di bukanya akses jalan yg sebelumnya terisolasi, pasar dan pos perbatasan…
    dan sudah banyaak opm yg turun gunung bergabung kembali ke Indonesia di instagram uda banyak, video ikrar nya..
    yg jadi pertanyaan “ultimatum perang di akun resminya” paling itu base akunnya di australia.. ­čśÇ untuk menumpas separtis cukup orang inteleknya aja yg di buru..karena kelas yg di bawah itu tidak mengerti apa” cukup dengan pendekatan juga uda beres tanpa harus kontak senjata..
    btw australia berharap mau gabung ke asian yh wkwkwk australia cocoknya memang sama nugini, dan pulau pulau kecil spt salomoan dan NZ bentuk perserikatan sendiri.

    Disukai oleh 1 orang

  2. Mulai lagi parasit asutralia. G pernh insyaf gangguin RI. Ini taktik labelling bule koplak biar seakan-akan rakyat papua ingin pisah dr NKRI. Semoga kta semua ttp bersatu bhineka tunggal ika

    Suka

  3. Australia ada dibalik isu ini.yakin ane….makanya buat pemerintah tolonglah…!!!!…jangan pasang muka manis saja terhadap nich aushitttt.skali-kali dilototin biar ntuch bule kesasar.sadar diri.salam NKRI.

    Suka

  4. Denger Istilah perang dengan OPM rasanya sy yang duluan daftar ke PAPUA, dah gatel tangan nih gak tahu lagi rasanya nembak musuh pakai SSV heheheee

    Suka

  5. Opm bakar kompor…
    Ozzy ma Nz siapin bensin..
    Opm minta freeport jg perusahaan asing ditutup ?? Ya tutup aja ama opm ..silahkan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s