Kroasia Akan Beli 12 Unit Jet Tempur F-16 milik Israel

Kroasia berencana untuk membeli 12 unit jet tempur F-16 dari Israel senilai USD500 juta atau sekitar Rp6,8 triliun untuk memodernisasi militernya. Skuadron jet tempur F-16 itu akan menggantikanMiG-21 yang sudah uzur.

Zagreb sejatinya telah meluncurkan penawaran tender tahun lalu untuk mendapatkan jet tempur baru menggantikan skuadron MiG-21.

Selain Israel, negara-negara yang diundang untuk mengajukan tawaran termasuk Yunani, Korea Selatan, Swedia dan Amerika Serikat.

“Dewan Pertahanan telah menerima bahwa Israel membuat penawaran terbaik dan memberikan rekomendasi kepada pemerintah untuk memutuskan memperoleh pesawat Israel,” kata Dewan Pertahanan Kroasia dalam sebuah pernyataan yang dilansir Times of Israel, Kamis (29/03/2018).

Menurut laporan media yang belum dikonfirmasi pemerintah kedua negara, kesepakatan pembelian 12 unit F-16 itu senilai USD500 juta.

“Ini adalah keputusan bersejarah, sebuah proyek yang menjamin keamanan dan kedaulatan Kroasia,” kata Menteri Pertahanan Damir Krsticevic kepada HR Radio pada hari Rabu.

Menteri Krsticevic berharap kiriman pertama jet tempur F-16 dari Israel tiba pada 2020, dan sisanya pada tahun 2022.

Para pejabat Kroasia telah menyuarakan keprihatinan atas kondisi skuadron MiG-21 buatan Rusia. Menurut laporan media lokal, dari 12 unit pesawat MiG-21, hanya empat yang beroperasi penuh.

Kroasia telah bergabung dengan NATO pada 2009 dan empat tahun kemudian menjadi anggota Uni Eropa, sebagaimana dikutip dari Sindonews (29/ 03).

Photo : F-16 Israel (Pinterest)

Editor : (D.E.S)

Iklan

6 tanggapan untuk “Kroasia Akan Beli 12 Unit Jet Tempur F-16 milik Israel”

  1. padahal bagus loh bekasnya israel, teknologi paling tinggi dari amerika secara tuh negara jago ngoprek..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s