Pesawat Tempur Generasi 4,5 Akan Gantikan Armada Skadron 12

KSAU Marsekal Yuyu Sutisna menyatakan pesawat tempur Hawk “Black Panther” 100/200 yang memperkuat Skadron Udara 12 Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin akan diregenasi dengan generasi 4,5.

“Ke depan Hawk 100/200 akan diganti dengan yang baru. Generasi 4,5, itu akan dimasukkan ke Renstra (rencana strategis) IV, tahun 2020,” kata Marsekal Yuyu kepada Antara dalam kunjungan kerjanya ke Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Kamis.

Pesawat generasi 4,5 memiliki kelebihan pada mesin yang dapat beroperasi dalam jangka panjang serta kemampuan pesawat dalam mengangkat beban seperti senjata dan bahan bakar dalam jarak jauh. Karena itu, dianggap cocok untuk Indonesia yang memiliki wilayah luas.

Marsekal Yuyu menuturkan dipilihnya pesawat tempur generasi 4,5 dianggap tepat untuk menggantikan Hawk 100/200 yang telah beroperasi sejak 1994-1995 silam.

“Pesawat Hawk sudah beroperasi dari tahun 1994-1995. Sehingga sampai 2020 usianya sudah 25 tahunan. Sehingga harus dilakukan peremajaan dan diganti pesawat tempur 4,5,” ujarnya.

Meski nantinya bakal diganti dengan pesawat generasi 4,5, Yuyu mengatakan nama Skadron 12 tidak akan diganti.

Lebih jauh, selain peremajaan pesawat Hawk 100/200, Lanud Roesmin Nurjadi yang juga diperkuat dengan Skadron Udara 16 dengan berisikan F16 Block A/B akan tetap dipertahankan.

Hanya saja, dia menuturkan F16 yang ada saat ini secara bertahap akan diganti dengan F16 “fighting falcon” Block 52ID yang saat ini berada di Lanud Iswahyudi, Madiun.

“Untuk F16 masih tetap. Kita sudah miliki tipe lama A/B. Kemarin kita kedatangan 24 F16 tipe C/D dan akan diganti secara bertahap,” ujarnya.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan satu-satunya pangkalan militer tipe A di Sumatera yang dilengkapi dua skuadron pesawat tempur TNI AU, yaitu Skuadron Udara 12 yang bermaterikan Hawk 100/200 buatan British Aerospace dan Skuadron Udara 16 yang bermaterikan F-16 Fighting Falcon Block 52ID.

Selain Skuadron Udara 16, masih ada “saudara tua” mereka yang juga bermaterikan F-16A/B, yaitu Skuadron Udara 3 yang berpangkalan di Pangkalan Udara Utama TNI AU Iswahyudi. Ke-12 unit F-16A/B di Skuadron Udara 3 itu dibeli baru sama sekali sehingga Indonesia termasuk negara pertama ASEAN operator pesawat tempur itu, setelah Singapura dan Thailand sebagaimana dikutip dari laman Antara (29/ 03).

Photo : F-16 Viper (Istimewa)

Editor : (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Pesawat Tempur Generasi 4,5 Akan Gantikan Armada Skadron 12”

  1. Gak harus pesawat generasi 4,5. Yang penting punya daya gempur & nilai strategis. Mengingat hawk termasuk pesawat tempur ringan, kandidat yg cocok dari kelas yg sama mungkin FA-50/T-50 golden eagle. Lebih bagus lagi apabila yg dibeli kelas air-superiority fighter, F-16 cocok karena Indonesia sudah mengoperasikan. JAS-39 Gripen & MiG-35 juga kandidat yg patut diperhitungkan, mengingat teknologi yang lebih maju. Gripen memiliki cost per hour yang rendah sedangkan MiG-35 memiliki kemampuan manuver tinggi dan persenjataan yang mumpuni

    F-16 cocok, MiG-35 recommended banget :v wkwk

    Suka

  2. Yg murah ajalah biar dapet banyak, JF17 thunder..biar bisa kebagian tiap pulau besar ( sumatra, jawa, kalimantan, papua jg sulawesi )
    hehehe

    Suka

  3. 3 skuadron Sukhoi dan 6 suadron F-16 sebagai pespur utama sangat ideal…
    FA-50 2-3 skuadron untuk pelatihan menuju pesawat tempur utama
    Tucano sebagai pesawat tempur awal sebelum menuju ke pesawat jet…

    Suka

  4. Jangan ômdo, kalo nggk Punya duit jangan đi php in terus rakyat indo. Sự 35 dân proyek ifx aja aja nggk jelas. (Seperti cita- cita anak tk dân sd, cita-c ita setinggi langit urusan tercấpai atau tidak urusan nanti).ingat kita juga đi tuntut đi pengadilan abitrase internasional karena ingkar soal pembayaran kepada perusahaan sắtelit internasional.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s