Target Angkatan Udara AS Turunkan Biaya Pemeliharaan F-35 Setara F-16

Jenderal Angkatan Udara AS menginginkan biaya operasi dan “keberlanjutan” pesawat tempur F-35 turun ke tingkat yang sama dengan jet tempur generasi keempat saat ini, seperti F-16.

“Target awal kami adalah menurunkannya menjadi setara atau sangat dekat dengan apa yang saat ini kami habiskan untuk mempertahankan jet tempur generasi keempat,” kata Kepala Staf Angkatan Udara Jenderal Dave Goldfein.

Mungkin ada konsekuensi yang mengerikan bagi program F-35 jika operasi dan keberlanjutan, atau O&S (Operations and Sustainment) jika tidak turun sejauh yang diinginkan.

Pada hari Rabu, Bloomberg melaporkan bahwa Angkatan Udara dapat memangkas rencana pembelian F-35A hingga sepertiga kecuali biaya O&S turun 38 persen selama 10 tahun ke depan.

Pada hari Kamis, Goldfein meremehkan spekulasi bahwa program itu bisa dipotong. Namun ia mengatakan kepada wartawan bahwa ia terus berkomitmen untuk membeli 1.763 unit pesawat untuk Angkatan Udara.

“Kami akan membeli pesawat ini untuk beberapa tahun, jadi terlalu dini untuk berbicara tentang pembatasan setiap pengadaan atau pembelian apa pun,” katanya. Ia menambahkan bahwa setiap keputusan untuk mengurangi program menjadi sebuah catatan “is really well out into the future.”

Kantor Akuntabilitas Pemerintah AS memproyeksikan pada 2017 bahwa total biaya pemeliharaan selama masa program F-35 dapat mencapai lebih dari $ 1 triliun untuk siklus hidup selama 60 tahun.

Biaya dukungan telah meningkat karena jumlah pesawat dan jam terbang bertambah, tetapi dokumen analisis Departemen Pertahanan internal yang diperoleh Bloomberg menunjukkan bahwa Pentagon hanya memiliki “visibilitas terbatas” tentang bagaimana produsen F-35, Lockheed Martin, menghabiskan uang itu sebagai kontraktor.

Biaya O&S “benar-benar” menjadi perhatian utama Goldfein dan ini merupakan bagian dari strategi departemen untuk menekan Lockheed agar menurunkan biaya dukungan personil dan kontraktor.

“Tidak benar bahwa ada niat kami untuk pergi dengan satu pesawat di bawah program, karena itulah yang kami butuhkan hari ini untuk benar-benar mencapai strategi [pertahanan nasional] seperti yang saat ini ditulis,” katanya.

Angkatan Udara adalah pelanggan terbesar F-35, dan setiap penurunan dalam pengadaan yang direncanakan dapat memiliki efek signifikan yang menaikkan harga unit atau biaya O&S untuk Angkatan Laut AS dan Korps Marinir, serta mitra internasional yang berencana untuk membeli Joint Strike Fighter.

Namun, beberapa pelanggan internasional juga semakin khawatir tentang harga berkelanjutan pesawat.

Stephen Lovegrove, sekretaris permanen Kementerian Pertahanan Inggris, mengatakan kepada wartawan bahwa pemerintah senang dengan kinerja jet dan berkomitmen untuk merencanakan pembelian 138 unit pesawat F-35B.

Namun dia menambahkan bahwa penurunan biaya O&S mejadi alasan utama terkait “minat yang kuat” untuk Inggris.

“Ini adalah platform baru, dan saya terus-menerus ditanya oleh anggota parlemen di Inggris seperti apa total biaya yang akan terjadi, dan kadang-kadang mereka dapat mengerti, namun sedikit frustrasi ketika saya harus berbalik dan berkata pada saat ini : ‘Tidak ada yang benar-benar yakin,’ ” ungkap Lovegrove.

“Tetapi kita harus mempertahankan fokus seperti laser untuk menjaga biaya tersebut turun karena secara historis ini adalah satu area di mana kita sudah OK membeli barang, tetapi kita belum tentu OK dalam mempertahankan dan mengoperasikannya dengan biaya seefektif mungkin. Kami harus bekerja sangat keras untuk itu, dan kami melakukannya. ”

Goldfein berharap Departemen Pertahanan dapat menurunkan biaya O&S dengan bantuan dua pemain kunci: Ellen Lord, mantan CEO Textron yang sekarang menjadi wakil menteri pertahanan Pentagon untuk akuisisi dan dukungan, dan Wakil Menteri Pertahanan Pat Shanahan, mantan eksekutif Boeing.

Kedua pejabat tersebut adalah “orang-orang yang telah bekerja di industri untuk sebagian besar karier mereka, yang tahu bagaimana bisnis ini bekerja pada tingkat industri dan sekarang membantu kami mengurangi biaya, tidak hanya pengadaan tetapi juga keberlanjutan,” katanya.

“Ini memberi saya tingkat optimisme dalam program ini bahwa kami akan dapat mencapai target yang cukup bagus,” sebagaimana dilansir dari laman Defense News (29/ 03).

Photo : F-35 (USAF)

Editor : (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s