Pesawat T-34C-1 Charlie Pensiun

Pesawat T-34C-1 Charlie merupakan pesawat legendaris yang biasa digunakan untuk operasi Pendidikan Sekolah Penerbang TNI di Lanud Adisutjipto, kini sudah purna tugas.

Upacara Tradisi pelepasan pesawat latih buatan Amerika tersebut dipimpin langsung Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M, di Hanggar 2, Wingdik Terbang Lanud Adisutjipto. Selasa (3/4).

Komandan lanud Adisutjipto menyampaikan bahwa beberapa tahun yang lalu pesawat tersebut merupakan alutsista pendukung utama proses pendidikan bagi Siswa-siswa Calon Penerbang kita.

Pesawat latih tua yang bermarkas di Wing Pendidikan Terbang Lanud Adisutjipto tersebut memiliki makna selain ketangguhan dan kekuatan dirgantara juga memiliki jasa yang sangat besar dalam melahirkan penerbang penerbang militer. Oleh karenanya sudah semestinya kita  menghargai jasa-jasanya, papar Marsma TNI Samyoga.

Danlanud Adi menambahkan pesawat T-34C-1 Charlie mulai dioperasikan sejak 1979, jadi hampir kurang lebih 39 tahun merupakan pengabdian yang luar biasa, bahkan Th. 2017 pesawat tersebut masih sempat mengudara.

Hasil yang ditorehkan Pesawat Charlie melalui fase penerbangan tentu kita merasakan kehilangan, setelah mengalami kebersamaan sekian lama, keterikatanya sangat besar, namun perjalalan pesawat ini sudah harus purna bhakti, sesuai dengan perkembangan  waktu.

Hingga saat ini pesawat tersebut yang dipurnatugaskan sebanyak 11 pesawat.

Komandan Lanud Adi berharap dengan acara ini semoga  Pesawat yang telah melahirkan ratusan Penerbang Militer yang handal ini akan  mampu menjadi inspirasi dan motivasi sebagai sumber  semangat untuk mengabdi kepada bangsa dan Negara dalam mempertahankan Kedaulatan di Udara.

Selain itu, semangat kita dalam mengoperasikan pesawat tersebut, dapat dilanjutkan dan ditingkatkan pada pesawat penggantinya yaitu KT 1B Woong Bee, maupun pesawat-pesawat yang akan datang, paparnya.

Upacara Tradisi purna tugas pelepasan Pesawat T-34C-1 Charlie yang dikemas dengan Farewell di hadiri oleh pejabat TNI AU, sebagaimana dikutip dari laman TNI (04/ 04).

Photo : Komandan Wingdik Terbang Kolonel Pnb.Deny Hasoloan S, Para Kepala Dinas, Para Instruktur Penerbang, Siswa Sekbang, Para Ground School, Komandan Lanud Adisutjipto Marsekal pertama TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M, bersama Komandan Wingdik Terbang Kolonel Pnb Deni Hasoloan S, Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb Dedy Susanto, S.E. Komandan Skadik 102 Letkol Pnb H.M.Kisha dan para Senior Teknisi.saat foto bersama dengan background Pesawat T-34C-1 Charlie. (TNI)

Editor : (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s