Thailand Resmi Operasikan Jet Latih T-50 Golden Eagle

Angkatan Udara Thailand telah menyelesaikan penempatan empat jet latih supersonik T-50TH pertama yang diimpor dari Korea Selatan, ungkap KAI pada hari Kamis.

Korea Aerospace Industries Co. (KAI) mengatakan upacara peresmian operasional jet latih diselenggarakan di Pangkalan Angkatan Udara Takhli, sekitar 240 kilometer barat laut Bangkok.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala Angkatan Udara negara itu Johm Rungswang, Duta Besar Seoul untuk Thailand Noh Kwang-il, Presiden KAI Kim Jo-won dan puluhan pejabat lainnya.

“Saya menghargai dukungan aktif Angkatan Udara Thailand untuk penyebaran T-50TH,” kata Kim selama acara tersebut. “Kami akan terus memberikan kontribusi untuk program modernisasi kekuatan udaranya (AU Thailand),” tambahnya.

KAI menandatangani kontrak 110 juta dolar dengan Thailand pada tahun 2015 untuk penjualan empat pesawat. Pesawat dikirim ke negara Asia Tenggara awal tahun ini.

T-50TH akan mulai menggantikan pesawat latih L-39 yang ada di negara itu.

KAI meraih kesepakatan lain, senilai US $ 260 juta, untuk memasok Thailand dengan delapan T-50TH tambahan. Pengiriman pesawat dijadwalkan berlangsung pada tahun 2020.

KAI mengatakan debut sukses T-50 Golden Eagle di Thailand diharapkan memiliki efek positif pada upaya untuk mengekspor lebih banyak pesawat tempur ringan KT-1 dan FA-50.

KAI mengatakan telah mengekspor 145 pesawat T-50 dan KT-1 untuk tujuh negara, termasuk Indonesia, Turki, Peru, Filipina dan Senegal.

Juga mencoba menjual T-50 ke Amerika Serikat, Argentina, dan Botswana, sebagaimana dilansir dari laman Yonhap (5/ 4).

Photo : T-50 TH (Defence Blog)

Editor : (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s