Unit Marinir Jepang Diaktifkan untuk Pertama Kali Sejak PD II

Unit Marinir Jepang Diaktifkan untuk Pertama Kali Sejak PD II (Reuters)
Unit Marinir Jepang Diaktifkan untuk Pertama Kali Sejak PD II (Reaturs)

Jepang mengaktifkan kembali unit marinir pertamanya sejak Perang Dunia II yang dilatih untuk menghadapi penyerang yang menguasai pulau-pulau Jepang di Laut Timur China. Keputusan tersebut diambil karena Jepang khawatir pulau-pulau tersebut rentan terhadap serangan dari China.

Dalam upacara yang digelar di pangkalan militer dekat Sasebo, barat daya Kyushu, 1.500 anggota Brigade Pengerahan Cepat Amfibi (Amphibious Rapid Deployment Brigade/ARDB) yang mengenakan seragam kamuflase dibariskan.

“Mengingat situasi pertahanan dan keamanan yang semakin sulit di sekitar Jepang, pertahanan pulau-pulau kita telah menjadi mandat penting,” kata Wakil Perdana Menteri Jepang, Tomohiro Yamamoto dalam pidato yang dilansir Reuters, Sabtu (7/4/2018).

Pasukan tersebut melakukan 20 menit latihan simulasi merebut kembali pulau terpencil dari penyerbu.

Pembentukan brigade marinir Jepang dinilai kontroversial karena unit amfibi dapat memproyeksikan kekuatan militer dan bisa digunakan untuk mengancam negara tetangga Jepang. Dalam konstitusinya pasca Perang Dunia II, Jepang telah melepaskan haknya untuk berperang.

Brigade tersebut adalah komponen terbaru dari kekuatan laut yang sedang berkembang yang meliputi kapal induk helikopter, kapal amfibi, helikopter pengangkut Osprey dan kendaraan serbu amfibi, yang dimaksudkan untuk menghalangi China karena mendorong akses yang lebih mudah ke Pasifik Barat.

China, yang mendominasi Laut China Selatan, melampaui Jepang dalam pembelanjaan pertahanan. Pada 2018, Beijing yang mengklaim sekelompok pulau tak berpenghuni di Laut China Timur yang dikendalikan oleh Tokyo, akan membelanjakan 1,11 triliun yuan untuk angkatan bersenjatanya, lebih dari tiga kali lipat Jepang.

Jepang telah merencanakan untuk menambah alutsistanya, termasuk jet tempur F-35B dan helikopter pengangkut untuk melakukan operasi di laut sepangan Laut China Timur. Sementara itu angkatan darat Jepang dapat membeli kapal amfibi kecil untuk mengangkut pasukan dan peralatan antara pulau-pulau dan dari kapal ke pantai.

“Idenya adalah untuk membawa pasukan dan peralatan di kapal besar ke pulau Okinawa utama dan kemudian menyebar mereka ke pulau-pulau lain dengan kapal yang lebih kecil,” kata seorang sumber yang dekat dengan militer Jepang, sebagaimana dikutip dari laman Okezone (7/ 4).

Editor : (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Unit Marinir Jepang Diaktifkan untuk Pertama Kali Sejak PD II”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s