Koopsau III Akan Dibangun Satu Skuadron Tempur dan Satu Skuadron Angkut

TNI Angkatan Udara (AU) akan membangun Komando Operasi Angkatan Udara (Koopsau) III. Pembentukan Koopsau baru ini sebagai penunjang kinerja Koopsau II yang dinilai memiliki cakupan wilayah operasi terlalu luas, di wilayah Indonesia bagian timur.

“Kami akan membentuk Koopsau III di wilayah timur, karena wilayah timur cukup luas maka kami tambah satu Koopsau. Mudah-mudahan prosesnya tidak terlalu lama lagi untuk segera di bentuk,” ungkap Kepala Satuan Angkatan Udara (KASAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, di Lanud Halim Perdana Kusuma, Senin (9/4).

Yuyu sendiri telah menunjuk Kabupaten Biak Numfor, Papua sebagai lokasi pembangunan Koopsau III tersebut. Biak dipilih karena telah memiliki infrastruktur memadai, sehingga akan menekan anggaran yang dibutuhkan oleh TNI AU.

“Sementara ini rencananya akan di Biak. Karena fasilitas infrastruktur sudah memadai, sehingga tidak harus kita mengeluarkan anggaran terlalu banyak,” lanjut Yuyu.

Lebih lanjut Yuyu menerangkan, proses pembangunan Koopsau III ini tengah dalam penggodokan rencana oleh Panglima TNI. Setelah surat perintah diturunkan, maka TNI AU akan segera mengeksekusi proyek tersebut.

Sementara itu, Yuyu menegaskan,  tidak akan ada pemindahan skuadron tempur di Koopsau I dan II untuk mengisi Koopsau III. Jika sesuai rencana, maka di Koopsau III ini akan dibangun satu skuadron tempur dan satu skuadron angkut.

“Tidak memindah, kami rencana akan bentuk baru. Jadi wilayah timur kami akan bentuk satu skuadron tempur, kemudian satu skuadron angkut sesuai rencana strategi yang sudah kami rencanakan sebelumnya,” pungkas Yuyu.

Sebagai informasi tambahan, saat ini TNI AU memiliki dua Koopsau yang tersebar di dua wilayah Indonesia. Koopsau I bermarkas di Halim Perdana Kusuma, Jakarta, dengan wilayah operasi Indonesia Barat meliputi seluruh Sumatera, Kalimantan Barat, sebagian Kalimantan Tengah, Jawa Barat, Banten, Jakarta dan sebagian Jawa Tengah.

Sedangkan Koopsau II bermarkas di Makassar, Sulawesi Selatan. Dengan wilayah operasi Indonesia bagian timur, meliputi seluruh Sulawesi, Kalimantan Timur, sebagian Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sebagian Jawa Tengah dan Papua., sebagaimana dikutip dari laman berita Jawa Pos (9/ 4).

Photo : CN-295 TNI AU (Detik)

Editor : (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s