Pelatihan Operator dan Teknisi Mobile Radio dan Vsat System Koarmatim

Pada hari ketiga pelaksanaan pelatihan operator dan teknisi Mobile Radio dan Vsat System Koarmatim yang sebelumnya telah dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika (Kadiskomlek) Koarmatim Kolonel Laut (E) Danto Y.Wirawan, S.T., M.T., kali ini seluruh peserta pelatihan diperkenalkan dengan peralatan dan ruangan-ruangan yang berkaitan dengan Mobile VSAT System bertempat di Diskomlek Koarmatim, Surabaya, Rabu (11/04).

Peralatan dan ruangan-ruangan itu antara lain ruangan Driver dimana selain untuk mengemudikan kendaraan, ruangan driver juga sebagai tempat menjalankan PTO untuk menyalakan sistem hidrolik. Ruangan Power yang terdiri dari switch untuk mengatur power yang didistribusikan baik power dari genset maupun power dari PLN. Ruangan genset dimana pada saat pengoperasian dapat menggunakan jack stand genset. Serta ruangan toolbox yang digunakan untuk menyimpan tool dan perlengkapan lainnya.

Seperti yang disampaikan Kadiskomlek Koarmatim, pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dewasa ini, maka sistem komunikasi menjadi sesuatu hal yang sangat penting dalam menentukan suatu keberhasilan setiap pelaksanaan kegiatan operasi. Dengan adanya pelatihan operator dan teknisi mobile radio dan VSAT system, diharapkan akan dapat menghasilkan personel-personel yang profesional,guna meningkatkan kemampuan dalam bidang komunikasi yang pada akhirnya dapat mewujudkan TNI Angkatan Laut yang berkelas dunia.

Pada materi hari ketiga ini, 20 orang peserta yang berasal dari tiap-tiap Satuan Koarmatim juga diperkenalkan cara pengoperasian alat dan ruangan-ruangan tersebut.

Hadir dalam acara terebut seluruh Perwira Diskomlekarmatim dan seluruh peserta latihan.

***

Memasuki hari ke 4 Kepala Dinas Komunikasi dan Elektronika Koarmatim (Diskomlek) Kolonel Laut (E) Danto Y.Wirawan, S.T., M.T., menyaksikan langsung praktek lapangan latihan mobile vsat system, bertempat di lapangan parkir Diskomlekarmatim, Ujung Surabaya, Koarmatim. Surabaya, Kamis (12/04).

Mobile Vsat System adalah sarana kendaraan yang terintegrasi antara kendaraan perangkat dan tower yang mudah di pindah tempatkan. Mobile VSAT System di lengkapi dengan antena Vsat, Radio dan Tower Telescopic dan di rancang dengan ketingian sesuai yang di butuhkan, tower di design untuk dapat berdiri dan dapat di turunkan dan dapat di simpan di cabin kendaraan, sehingga pada waktu mobile terinstal dengan cepat.

Perangkat vsat dan tower semua di integrasikan dengan system otomatis untuk mempermudah mengoperasikan dan dengan waktu yang cepat dan tepat.  Penempatan unit mobile vsat system dapat di operasikan di segala medan lokasi selama area penempatan sangat memungkinkan untuk kita instal.

Unit mobile vsat juga di lengkapi dengan dua genset sebagai sumber power untuk mengoperasikan perangkat sehingga unit ini dapat beroperasi  di mana pun juga.  Pemempatan unit mobile visat ini kita cukup mencari area yang tidak perlu begitu luas yang terpenting adalah area lokasi memiliki tekstur tanah yang cukup keras dan datar. Kendaraan ini di lengkapi dengan jack stand system hidrolik untuk leveling dan perkuatan kendaraan agar stabil dalam menginstal perangkat, sebagaimana dikutip dari laman TNI AL.

Photo : Pelatihan Operator dan Teknisi Mobile Radio dan Vsat System Koarmatim (TNI AL)

Editor : (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s