Rusia : Suriah Cegat 71 dari 103 Rudal yang Ditembakan AS dan Sekutunya

Para pejabat militer AS, Suriah dan Rusia mengatakan lebih dari 100 rudal jelajah ditembakan ke Suriah pada serangan udara Sabtu pagi oleh Amerika Serikat, Perancis dan Inggris.

Tiga negara menembakkan 103 rudal jelajah termasuk rudal Tomahawk ke Suriah tetapi sistem pertahanan udara Suriah berhasil mencegat 71 rudal yang ditembakkan, ungkap Militer Rusia pada hari Sabtu.

“Semua bersama-sama, 103 rudal jelajah dikerahkan,” kata perwira militer senior Sergei Rudskoi pada suatu briefing di Moskow. “Tujuh puluh rudal jelajah telah diintersep.”

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan Suriah menembak jatuh “sejumlah besar” rudal, dan menegaskan bahwa sistem pertahanan rudal Rusia tidak terlibat dalam mencegat rudal.

“Lebih dari 100 rudal jelajah dan rudal udara-ke-darat ditembakkan oleh AS, Inggris dan Perancis dari laut dan udara pada sasaran militer dan sipil Suriah,” kata kementerian pertahanan dalam sebuah pernyataan yang dikutip oleh kantor berita RIA Novosti.

Reuters mengutip seorang pejabat Suriah yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa situs yang ditargetkan sebelumnya telah dievakuasi setelah mendapat peringatan Rusia.

“Kami telah menanggulangi serangan,” katanya. “Kami mendapat peringatan awal penembakan dari Rusia … dan semua pangkalan militer dievakuasi beberapa hari yang lalu.”

“Sekitar 110 rudal” ditembakkan ke sasaran-sasaran Suriah di Damaskus dan pinggirannya, kata juru bicara Tentara Suriah dalam sebuah pengumuman resmi di televisi pemerintah Suriah.

Gerakan Hezbollah Lebanon memuji pertahanan udara Suriah karena menghadapi “agresi tripartit”.

Tak lama setelah serangan itu, sekelompok orang Suriah berkumpul di Alun-Alun Umayyad di pusat Damaskus untuk memprotes serangan udara di tanah air mereka. Para pengunjuk rasa membawa bendera Rusia, Iran, Suriah dan Hezbollah.

Staf Kepresidenan Suriah memposting sebuah video, menunjukkan Presiden Bashar al-Assad tiba untuk bekerja setelah serangan itu.

Kementerian Luar Negeri Suriah mengecam serangan itu sebagai “agresi brutal, biadab” yang bertujuan untuk memblokir penyelidikan Organization for the Prohibition of Chemical Weapons.

“Waktu penyerangan itu bertepatan dengan kedatangan misi OPCW ke Suriah untuk menyelidiki dugaan serangan kimia di Douma, dan terutama bertujuan menghambat pekerjaan misi dan mendahului hasil,” katanya dalam komentar yang disiarkan oleh kantor berita negara SANA.

Kementerian mengatakan itu adalah “upaya untuk memblokir pemaparan kebohongan dan rekayasa mereka”.

Serangan itu, katanya, tidak akan berdampak pada keputusan tentara Suriah untuk menekan perang melawan militan dan mengembalikan kontrol seluruh negeri.

“Agresi biadab … tidak akan mempengaruhi apapun, tekad, desakan rakyat serta sikap heroik angkatan bersenjata Suriah,” kata SANA mengutip sumber resmi dalam kementerian tersebut.

“Agresi ini hanya akan menyebabkan ketegangan yang semakin meradang di dunia” dan mengancam keamanan internasional, tambahnya.

Agensi tersebut sebelumnya telah mengecam serangan sebagai “pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional, pelanggaran kehendak komunitas internasional, dan itu pasti gagal.”

SANA melaporkan bahwa operasi gabungan itu menargetkan instalasi militer di sekitar Damaskus dan dekat kota pusat Homs.

Dikatakan tiga warga sipil terluka dalam serangan di Homs namun Damaskus tidak memberikan rincian atau menyebutkan adanya korban tempur, sebagaimana dilansir dari laman PressTV (14/ 04).

Photo : The Damascus sky lights up missile fire as the U.S. launches an attack on Syria targeting different parts of the capital early Saturday, April 14, 2018. (AP Photo)

Editor : (D.E.S)

Iklan

12 tanggapan untuk “Rusia : Suriah Cegat 71 dari 103 Rudal yang Ditembakan AS dan Sekutunya”

  1. USA : United Satan Ambassador, menyerang negara lain seenaknya dewek, tapi giliran Israel membunuh pendemo rakyat Palestine, malah đi dukung. Gỗ thế hell Trump anak dajjal dân sẽkutừ nya.

    Suka

  2. Cheongung korsel kl ga salah basisnya s400 rusia. Knp tni ga ngelirik cheongung ??
    Masalah tot kyk nya ga ribet..cz hasil tot dh byk..dr tot ifv tarantula, lpd makasar class, chang bogo.

    Suka

  3. 103/71… masih ada 32 rudal yang lolos, ya jelas jebol ah…
    Tetapi angka 103/71 ini jelas menjadi aib untuk rudal yang digunakan untuk menyerang Suriah…
    Tomahawk/StormShadow/Scalp/AGM 158 JASSM-ER… semuanya rudal canggih jarak jauh…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s