Kepulauan Talaud Butuh Kapal Perang Ukuran Besar

Talaud merupakan wilayah kepulauan. Sehingga butuh penanganan tersendiri terkait pembangunan dan keamanan. Hal ini disampaikan Plt Bupati Kepulauan Talaud Petrus Simon Tuange.

“Peningkatan pengamanan di wilayah kepulauan Talaud itu perlu. Untuk TNI AL, kita sudah ada Kapal Karakelang yang standby di Melonguane,” ungkapnya, ketika bertemu dengan Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Timur Laksma TNI Agus Hariadi, pekan lalu.

“Tetapi karena cuaca di Talaud hanya lima bulan yang bersahabat, sisanya tujuh bulan ekstrim, kayaknya KRI Karakelang tidak mampu di cuaca-cuaca tertentu. Saat cuaca buruk Karakelang lumayan sulit menembus Miangas,” ujarnya.

Karenanya, Tuange berharap ke depan bisa ada KRI lebih besar yang dapat patroli dan standby di Kepulauan Talaud. “Semoga bisa ada tambahan KRI yang lebih besar,” tandasnya.

Merespon permintaan Tuange, Komandan Gugus Keamanan Laut Wilayah Timur Laksma TNI Agus Hariadi mengatakan, untuk mengamankan wilayah Talaud, ada beberapa hal yang menjadi perhatian penting. “Ada skala prioritas tertentu yang memang difokuskan AL untuk pengamanan wilayah laut di Talaud,” sebutnya.

Nah, berdasarkan informasi, perbatasan memang perlu perhatian khusus. Karena rawan aksi pencurian ikan dari warga Filipina. “Kami fokus mengamankan wilayah perbatasan dan syukur dapat dikendalikan sampai saat ini. Dalam waktu dekat ada kapal yang lebih besar masuk Bitung. Kemungkinan akan sampai beroperasi di wilayah Talaud,” ungkapnya.

Ini untuk memberikan keamanan bagi masyarakat. Khususnya para nelayan yang melaut bisa merasa aman dan terjaga. “Kapal ini dapat beroperasi bahkan di cuaca buruk sekalipun,” tandasnya, sebagaimana dikutip dari laman Manado Post (16/ 04).

Photo : KAL 28 M (Istimewa)

Editor : (D.E.S)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s