PT Pindad Lakukan Sertifikasi Medium Tank pada Pertengahan Tahun

PT Pindad (Persero) terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas untuk kemandirian alat utama sistem pertahanan (alutsista) Indonesia. Saat ini, perusahaan pelat merah ini mengembangkan produk medium tank.

Direktur Teknologi dan Pengembangan Pindad Ade Bagdja mengatakan, pengembangan medium tank itu merupakan inovasi yang dilakukan pihaknya setiap saat.

“Untuk produk medium tank ini, kita melanjutkan proses sertifikasi. Tahapan ini merupakan syarat utama sebelum diproduksi massal. Pertengahan tahun ini, sertifikasi ini akan dilakukan,” kata Ade saat press gathering Peringatan HUT ke-35 Pindad, Selasa (16/4).

Menurutnya, jika uji sertifikasi tersebut mulus maka diharapkan pada 2019 mendatang batch produksi pertama akan dikirim. Kemungkinan besar produk ini untuk memenuhi pesanan TNI. Ade menyebutkan, produk medium tank ini merupakan bentuk sinergi nasional dan internasional. Pasalnya, pengembangannya melibatkan Turki.

Sejauh ini, dia menyebutkan produk ini belum ada pesanan. Namun, sejumlah negara melirik dan menaruh ketertarikan terhadap produk ini. Setidaknya, dia mengaku ada sepuluh negara yang melirik. Mereka merupakan negara Asean dan non-Asia. Tak seperti produk kebanyakan, tender kendaraan tempur dan senjata ini melalui proses yang tidak sebentar.

“Untuk medium tank ini, pasar kebanyakan melihat sisi desain. Namun, performance kendaraan pun menjadi perhatian. Bebrapa waktu lalu, kita memperlihatkan performance di Cilegon,” ujarnya seraya menyebutkan medium tank ini head-to-head dengan produk Korea Selatan dan negara di kawasan Eropa Barat, sebagaimana dikutip dari laman Inilah Koran (17/ 04).

Photo : Medium Tank Harimau Hitam dalam rangka persiapan peringatan HUT TNI ke-72 tahun 2017 di Banten. (Basin Ilan Kurumu)

Editor : (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “PT Pindad Lakukan Sertifikasi Medium Tank pada Pertengahan Tahun”

  1. Untuk menguji Kelayakannya sebaiknya itu Tank di duelin 1 lawan satu ama Mbh Mien!. Soalnya kemaren Armata penyok saat Uralvagonzavod ngundang Mbh mien ke Sverdlovsk buat jadi obyek di Sruduk Tank.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s