Akademisi : Malaysia Diperkirakan Miliki Pesawat Tempur Sendiri Tahun 2030

Malaysia diperkirakan memiliki pesawat tempur sendiri pada tahun 2030, kata dosen teknik mesin Universiti Putra Malaysia (UPM) dan dosen senior Fakultas Dr Mohd Roshdi Hassan.

Saat ini, ia memulai studi yang melibatkan berbagai aspek teknis, termasuk desain dan kemampuan mesin pesawat.

“Kami sudah memiliki desain badan pesawat sesuai fungsinya. Pada dasarnya, ini adalah desain pesawat tempur multi-peran dua mesin atau MRCA.

“(Sebenarnya), desain dapat dimodifikasi menjadi pesawat tempur ringan bermesin tunggal (LCA). Terserah kepada pemerintah untuk menentukan jenis desain yang akan dikembangkan ke dalam pesawat nyata,” katanya kepada Bernama ketika ditemui di Defence Services Asia (DSA) dan National Security (NatSec) Asia 2018.

Mohd Roshdi mengatakan pesawat akan memakan waktu setidaknya 10 tahun untuk dibangun jika diberi lampu hijau oleh Kementerian Pertahanan dan ada pihak yang tertarik dari perusahaan pertahanan untuk bekerja sama dalam mengembangkan desain.

Ini karena prosesnya akan melibatkan berbagai pengembangan pesawat dan prototipe senjata sebelum bisa sepenuhnya beroperasi atau dipasarkan ke pasar regional dan internasional, katanya.

Dilansir dari laman Bernama (19/ 04), Akademisi menjelaskan bahwa ukuran pesawat itu mirip dengan MiG-29 Rusia dan juga dikategorikan sebagai generasi kelima, setara dengan pesawat tempur lainnya yang diproduksi oleh negara-negara maju yang kini memasuki generasi keenam.

Ditanya tentang spesifikasi, Mohd Roshdi mengatakan pesawat akan memiliki radar dengan kinerja tinggi, sistem peperangan elektronik, dan teknologi siluman untuk membuat jet tak terlihat oleh radar musuh.

Hal lain tentang pesawat ini adalah bahwa pesawat akan ditutupi oleh jenis cat khusus, yaitu Pelapisan Bahan Penyerapan Radar Hidrofobik (Hydrophobic Radar Absorption Material Coating) yang berfungsi untuk memperkuat teknologi siluman. Ia juga dapat digunakan dalam segala jenis situasi dan iklim.

“Dibandingkan dengan teknologi Amerika Serikat, pesawat akan menggunakan Pelapisan Material Penyerapan Radar Hidrofilik (Hydrophobic Radar Absorption Material Coating). Meskipun bahan ini memiliki efek yang sama dalam hal teknologi siluman, sisi negatifnya adalah ketika pesawat terbang dalam cuaca hujan atau basah karena jenis cat ini menyerap air. dan dikhawatirkan akan mengganggu sistem pesawat,” katanya.

Mohd Roshdi, yang juga pendiri Pusat Inovasi Aerospace Malaysia (AMIC), mengatakan gagasan membangun pesawat tempur buatan Malaysia dimulai pada 2007 ketika ia bekerja di Pusat Teknologi Universitas Rolls-Royce, Universitas Sheffield di Kerajaan Inggris.

“Setelah kembali ke Malaysia pada tahun 2008, saya mulai mengumpulkan sekelompok ahli untuk melakukan penelitian di setiap bidang seperti persenjataan, aerospace, radar, dan sistem navigasi.”

“Kami hanya siap membicarakan hal ini dengan Kementerian Pertahanan dengan lebih serius setelah 10 tahun,” katanya.

Pameran empat hari di Pusat Perdagangan dan Pameran Internasional Malaysia (MITEC) yang dimulai hari Senin mengumpulkan sekitar 1.500 perusahaan yang terkait dengan pertahanan dan 350 delegasi asing dari 45 negara.

Photo Ilustrasi : Malaysian Jet (Indomiliter)

Editor : (D.E.S)

Iklan

11 tanggapan untuk “Akademisi : Malaysia Diperkirakan Miliki Pesawat Tempur Sendiri Tahun 2030”

  1. Mabuk ketum nih malay,emang gampang apa riset,design dan produksi jet tempur,blom lg pendanaannya…mimpi kale M*L*N nih

    Suka

  2. sediain es teh om biar adem….
    semoga bukan pepesan kosong yh 😀
    proposal proyek utk menggelontorkan dana triliunan tp ujungnya buat di bagi bagi.
    semoga ifx kita juga segera terwujud dan gak kena tipu/di kadalin korsel.

    Suka

  3. Jepang aja nyerah lanjutin ATDX shinsin..sbb cost diperkirain melonjak. Pdhl jepang dh pny industri berat kyk Mitsubhisi Heavy Industry…
    Perancis n Jerman masih bingung gen 5 jg alesannya cost yg super gede..
    Ini malon..hadeuh. 😂😂😂😂😂

    Suka

  4. Malon ?? dah lama kagak denger tuh nama Bung, dulu aktiv di JKTGR sering ribut dengan MALON disitulah saya merasa membela tanah air dg sebutan malon xaxaxaaa

    Suka

  5. Hehe..sy jg sering ikut bully malon di defense studies cz rasa nasionalis.

    Tapi sy ttp aware cz kita ga tau strategi malon membuat pespur,..secara malon anggota common wealth, sehingga akses tekno ga terlalu sulit.
    – sharing tekno antar anggota common wealth tanpa embel2 ham jg tekanan politik
    – malon sukses dpt perhatian jg pinjaman negara2 kaya timur tengah , selain sama2 anggota OKI jg Common Wealth ( malon, pakistan, arab saudi, uea, kuwait dll )
    – IMHO mungkin malon akuisisi n lisensi jf 17 sbg langkah awal..plus ikut pengembangan blok 3 jf 17 dst…sehingga malon bisa membuat pespur sekelas kfx/ifx ( dananya bisa pnjm dr islamic depelov bank plus tekno di back up BAe )..

    Jd kita harus wake up jg aware..cz potensial enemy dpn mata tu malon jg ozzy..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s