Mengintip Kapal Perang Dixmude Milik AL Prancis

Dua kapal perang Prancis, Dixmude dan fregat siluman Surcouf sandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu 22 April 2018. Kedua kapal ini akan berada di Jakarta selama tiga hari hingga 24 April mendatang, sebelum nantinya bertolak ke Bali dan Lombok.

Sayangnya, kapal-kapal ini tidak terbuka untuk umum. Namun, tim Medcom.id berkesempatan masuk dan melihat interior kapal perang Dixmude.

Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta. (Marcheilla Ariesta) 1

Kapal perang Dixmude sangat besar karena merupakan jenis amfibi. Maksudnya adalah, kapal ini memiliki berbagai peralatan yang bisa ditampung dan bisa digunakan di laut, darat bahkan udara.

Contohnya, kapal Dixmude ini memiliki helipad yang bisa menampung tujuh helikopter bersamaan. Terdapat hanggar atau ‘garasi’ untuk para helikopter ini yang letaknya di lantai 4 kapal.

Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta. (Marcheilla Ariesta) 2

Kemudian tim Medcom.id juga diajak mengunjungi well deck. Well deck ini merupakan tempat disimpannya perahu karet yang biasanya digunakan untuk memberikan bantuan kemanusiaan atau dipakai saat penanganan bencana. Dari pantauan tim di lapangan, ada sekitar empat perahu karet yang besar di sana.

Well deck ini juga digunakan untuk mengeluarkan perahu-perahu karet tersebut.

Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta. (Marcheilla Ariesta) 4

Tim sempat dibawa ke ruang rumah sakit di kapal tersebut. Sayangnya, petugas kapal tidak mengizinkan masuk karena ruangan tersebut tengah dipakai dan tidak boleh banyak orang masuk. Kami dijelaskan bahwa ada dua ruang operasi dalam kapal tersebut, seorang dokter gigi, dua dokter spesialis, dan juga dokter yang masih belajar.

“Kapasitas di rumah sakit ini besar sekali. Biasanya kita pakai saat penanggulangan bencana,” tukas sang petugas yang membawa kami berkeliling kapal, di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu 22 April 2018.

Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta. (Marcheilla Ariesta) 3

Kemudian, tim Medcom.id dibawa ke ruang kemudi kapal, di sana tim dijelaskan bahwa ruangan tersebut sangat vital di kapal tersebut. Selain digunakan untuk kemudi, di ruangan ini tersimpan tombol untuk meluncurkan misil dan senjata lainnya.

Kapten kapal Jean Procher mengatakan membawa 200 pelaut dan lebih dari 130 siswa lulusan sekolah pelayaran. Kapal ini nantinya akan dibawa menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat untuk menghadiri Latihan Besar Angkatan Laut Dunia (MNEK), sebagaimana dikutip dari laman Medcom (22/ 04).

Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta (22 04). (Detik)

All photos : Kapal Perang Dixmude AL Prancis ketika singgah di Jakarta. (22/ 04) (Marcheilla Ariesta dan Detik)

Editor : (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Mengintip Kapal Perang Dixmude Milik AL Prancis”

  1. jd inget kata seorang bloger xixixixiixixi “(imajinasi pertama)kapal mistral yg tidak jd dimiliki rusia, kan akhirnya di beli mesir sedangkan mesir utang sama kita nah nanti di tahun sekian sekian akan jd milik Indo. (imajinasi kedua) rusia walaupun tak jd memiliki mistral class tp sudah mendapatkan blueprint kapal tersebut, sebagai kakak tertua dia akan memberika blueprint tersebut pada adik termudanya yaitu kita”
    xixixiixixix 😀 mantapkan. saya lupa apa blognya..

    Suka

  2. Palagi blog satunya..yg ada tukang masak..
    Bilang kita negara ” King of Cash ” nya rusie..😀😀
    Negara mane jg bisa liat indonesia pny cadangan devisa brp triliun usd..tinggal liat laporan imf, bank dunia, adb dll..
    King of Cash..ter..la..lu 😀

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s