China Bereksperimen Kembangkan Fitur Siluman pada Jet Tempur Reguler

China tengah bereksperimen mengembangkan teknologi siluman baru agar fitur itu dapat dikombinasikan pada jet tempur reguler mereka, kata salah seorang ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Jika berhasil, proyek itu disebut akan menjadi lompatan jauh ke depan bagi kapabilitas tempur skuadron jet tempur reguler militer China. Demikian seperti dilansir The South China Morning Post (25/04/2018).

Proyek itu bereksperimen dengan menambahkan lapisan ‘metamaterial’ pada tubuh jet tempur reguler.

‘Metamaterial’ merupakan lapisan yang terbuat dari bahan berstruktur mikroskopik — seperti pada sirkuit peralatan listrik.

Lapisan itu, jika diaktifkan, mampu memantulkan dan mengelabui gelombang radio satelit yang digunakan untuk pencitraan radal militer.

Jika berfungsi mumpuni, jet yang dilapisi material itu dapat sulit atau bahkan sama sekali tak terdeteksi di layar radar militer lawan — menjadikannya siluman.

Metamaterial dikembangkan oleh tim peneliti di State Key Laboratory of Millimetre Waves, Southeast University, di Nanjing, Provinsi Jiangsu. Institut itu merupakan lembaga riset terkemuka di China yang bergerak dalam bidang penelitian metamaterial untuk aplikasi kemiliteran.

Teknologi itu tengah dites pada jet tempur di sebuah pangkalan pesawat militer utama di Shenyang, Provinsi Liaoning, lanjut ilmuwan yang terlibat dalam proyek tersebut.

Peneliti menolak menyebutkan lokasi uji atau pesawat tersebut. Akan tetapi, Shenyang Aircraft Corporation di Shenyang — anak perusahaan dari Aviation Industry Corporation of China — diketahui pernah membuat jet tempur non-siluman, termasuk J-11 dan J-15.

Negara-negara lain, terutama Amerika Serikat, juga telah banyak terlibat dalam penelitian dan pengembangan proyek serupa. Namun, selain China, sejauh ini belum ada laporan publik mengenai penerapan lapisan metamaterial semacam itu di luar negeri.

Di China, pemerintah telah mendanai puluhan tim riset selama bertahun-tahun untuk mengembangkan teknologi guna menyembunyikan objek dari pandangan dan membuat mereka ‘menghilang’.

Laporan terbaru ini menunjukkan bahwa mereka mulai mengembangkan penggunaan metamaterial secara massal di Negeri Tirai Bambu.

“Ini adalah awalnya. Aplikasi lanjutan sedang dalam proses,” kata si ilmuwan tanpa merinci, sebagaimana dikutip dari laman Liputan6 (25/ 04).

Photo : Shenyang J-15 “Flying Shark” (news.cn)

Editor : (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “China Bereksperimen Kembangkan Fitur Siluman pada Jet Tempur Reguler”

  1. Ga ada yg ga mungkin kalo anggaran bejibun…palagi dana riset china gede..

    Tenaga ahli ukraina, ex yugo, bahkan negara eropa yg krisis psti rame2 dtg ke cina..

    Suka

  2. Kalah donk sang Raptor kko begitu. Bukan hanya sekedar siluman tak terlihat di radar tp jg bisa berkamuflase.
    Semoga siluman2 di Indonesia bisa membantu RI membuat pesawat utk siluman.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s