Menhan RI Nyatakan Pemerintah Fokus Bangun Kapal Selam Sendiri

Menteri Pertahanan Indonesia, Ryamizard Ryacudu, mengatakan setelah kapal selam kedua kerja sama dengan Korea Selatan KRI Ardadedali-404 diserahkan, maka pemerintah fokus kepada pembuatan kapal selam sendiri.

“Ini dulu disempurnakan, kapal kelima keenam itu kita buat sendiri, masak sampai lima kali tidak bisa buat-buat, kita bukan orang bodoh, banyak orang pintar,” ujar Menhan di galangan kapal Daewoo Shipbuilding and Marine (DSME), Okpo, Korea Selatan, Rabu (25/ 04).

Kapal selam ketiga kerja sama dengan Korea Selatan dibuat PT PAL, sehingga setelah ini PT PAL akan bekerja menyambung bagian-bagian kapal selam yang telah dikirim dari Korea Selatan.

Penyambungan kapal selam yang akan dinamai KRI Alugoro-405 itu sudah berjalan dan diperkirakan akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

Setelah kapal selam ketiga kerja sama dengan Korea Selatan selesai, Menhan menuturkan diperlukan beberapa kerja sama lagi hingga akhirnya dapat benar-benar membuat kapal selam sendiri.

“Kemudian ditambah dua, tiga, kerja sama, setelah itu kita bisa buat sendiri, itu arti makna yang awal dari kerja sama ini,” ujar Ryamizard Ryacudu.

Pada 1960-an, ucap dia, Tanah Air mempunyai 12 kapal selam, sementara hingga sebelum kerja sama dengan Korea Indonesia hanya memiliki dua kapal selam.

Kini dengan tambahan tiga kapal selam, Indonesia memiliki lima kapal selam, tetapi jumlah tersebut dinilainya masih kurang dan setidaknya menyamai jumlah 12 kapal selam.

“Kalau tidak ya kita mundur dong, dulu 12 masa kurang dari itu, 12 saja sudah mundur, nanti akan bertambahlah, tetapi kita belajar terus kita akan membuat kapal lebih canggih dengan dasar ini,” ucap Menhan, sebagaimana dikutip dari Kantor Berita Antara (25/ 04).

Photo : KRI Ardadedali-404 (Naval Today)

Editor : (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Menhan RI Nyatakan Pemerintah Fokus Bangun Kapal Selam Sendiri”

  1. saya berharap jika angkatan laut mengambil kapal selam gotland swedia,dan mengawinkan ke 2 nya agar jadi ks jenis baru dan bisa jadi nilai jual.

    Suka

  2. Saya setuju pak menhan, kalo sudah dapet ilmunya, ya buat kapal selam sendiri. Buat dahulu kapal selam mini (kapal selam midget class dengan senjata 2 torpedo dân đi awaki 10 sampai dengan 15 kru).Buat 2 untuk prototipe.

    Suka

  3. Ntar klau masih kesulitan Blueprint Kasel midget Proyek Pirnha punya Rusia masih aman dan siap untuk di jual.

    Suka

  4. “Kemudian ditambah dua, tiga, kerja sama, setelah itu kita bisa buat sendiri, itu arti makna yang awal dari kerja sama ini,”
    ————————————————–

    Selanjutnya kerjasama dng Turkey utk class 214, trus lanjut dng Perancis utk class scorpene. Jadinya kasel kelas apa ya nantinya, klo sdh buat sendiri.?😄😉

    Suka

  5. bagusnya sih perbanyak kelas midget kira-kira 300 unit lah trus di posisikan semua di daerah sumatra dan kalbar…wow pasti ueneg tuh singporna..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s