Pejabat Kemenhan Sebut Ada Keterlambatan Pembuatan Jet Tempur KF-X/ IF-X

Sekjen Kementerian Pertahanan, Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja mengatakan ada keterlambatan dalam proses pembuatan jet tempur KF-X/ IF-X. Jet tempur KF-X/ IF-X merupakan pesawat yang sedang dibuat oleh Indonesia bersama Korea Selatan.

“Bukan penundaan, tapi ada kelambatan proses lah gitu bukan penundaan, tapi kelambatan. Ada masalah yang harus kita selesaikan dengan pihak Korea,” kata Hadiyan saat ditemui di kawasan Monumen Nasional, Jakarta pada Rabu (25/ 04/ 2018).

Menurut Hadiyan, keterlambatan terjadi karena ada masalah teknis. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai hal tersebut namun Hadiyan yakin program pembuatan pesawat tempur tersebut akan terus berjalan.

Jet tempur KF-X/ IF-X adalah pesawat semi siluman generasi 4.5 yang dikembangkan Indonesia dan Korea Selatan. Kerjasama pengembangan pesawat ini sebatas pada pengembangan pesawat hingga mencapai prototipe.

Dari enam prototipe yang akan dihasilkan, satu prototipe akan diserahkan pada Indonesia.

Pada Juli 2017, Program Engineering Manufacture Development (EMD) telah menyelesaikan 14 persen dari keseluruhan perencanaan program yang berlangsung hingga 2026.

Di lokasi yang sama, Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal Sabrar Fadhilah mengatakan target penyelesaian tersebut akan tercapai. “Setiap perencanaan pasti diatur waktunya, dirancang sedemikian rupa untuk bisa mencapai target,” kata dia.

Pengembangan jet tempur ini awalnya dilakukan Korea Selatan sejak 15 tahun lalu.

Namun pada 2015 dibuat kesepakatan antara pemerintah Korea Selatan dengan Indonesia untuk mengembangkan jet tempur ini secara bersama-sama. Kesepakatan kerjasama strategis (strategic cooperation agreement) program ini dilakukan pada 4 Desember 2015. Sementara kesepakatan cost sharing dan kesepakatan penugasan kerja (work assignment agreement) dilakukan pada Januari 2016.

Dalam kesepakatan tersebut, Indonesia menanggung biaya program pengembangan sebesar 20 persen, sementara Korea Selatan 80 persen. Dalam 10 tahun pengembangan yang akan dilakukan hingga 2026, total biaya yang ditanggung Indonesia mencapai Rp 21,6 triliun.

Pada 28 Juli 2017, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertahanan, Anne Kusmayati mengatakan keterlibatan Indonesia pada pengembangan jet tempur ini berkaitan dengan rencana strategis TNI AU tentang kebutuhan pesawat tempur pada 2014. Selain itu, keterlibatan Indonesia pada program ini adalah sebagai upaya meningkatkan kemandirian teknologi nasional serta meningkatkan kemampuan industri pertahanan nasional, sebagaimana dikutip dari laman Tempo (25/ 04).

Photo : Jet tempur KF-X/ IF-X (kookbang)

Editor : (D.E.S)

Iklan

25 tanggapan untuk “Pejabat Kemenhan Sebut Ada Keterlambatan Pembuatan Jet Tempur KF-X/ IF-X”

  1. Xixixixi

    Tuh khan proyek jalan terus dan walaupun ada masalah perlu diselesaikan dulu. Yang jelas bukan pengunduran diri.

    Hanya sedikit kelambatan (soal bayar cicilan), 2017 belum dibayar tetapi 2018 akan dibayar sebab sudah masuk di anggaran 2018 dengan ditambahkannya 2 T pada 105,7 T sehingga jadi 107,7 T.

    Suka

  2. Woles wae masnya yg asli mbuantul, ngaso dulu sinambi nonton “Ika Yolanda”…biar adem pantatnya, hhh

    Suka

  3. Korea minta tambahan duit buat 4 item yg gak dikasi AS, utk beli TOT dr negara lain. Sementara RI blom tau mau cari tambahan fulus dr mana. APBN lg seret, ekspor menurun, rupiah melemah, harga minyak lg naik. Kemungkinan dlm APBN 2019 baru bisa direalisasikan penambahannya.
    Memang pahit terdengar, tp itu kenyataannya. Semoga berjalan lancar.

    Suka

  4. harga minyak naik itu bukan masuk ke defisit mbah,.,.

    justru tambahan fulus itu dapat dr menaikkan harga bensin…..

    memang mbah ga baca laporan apbn, tentang minyak,,
    misal dianggarkan 5 trilyun, tp krn minyaknya pakai cadangan tahun lalu sehingga diperoleh laba 500 milyar, berarti pemerintah untung.

    tapi itu semua tergantung dr rakyat, mau ga dinaikin harga bensin….because rakyat is the king……

    Suka

  5. Untung silit mu boker….wkkkkkk
    Indinesia itu skrng pengimpor minyak bukan eksportir jang.

    Minyak pake cadangan tahun lalu.? Ente pikir minyaknya dipendem trus kko harga mahal baru dijual.? Itu watak tengkulak gak laku di bisnis minyak broo….wkkkk
    Aya…aya wae….dasar satria baja gemblung

    Suka

  6. lha kok malah keluar kata bully ?
    hmm…?
    lu iq nya rendah ya….

    btw kan omongan gw ada data2 nya.

    minyak memang kita import, tpi semua sudah dihitung berdasarkan harga “kesepakatan”.

    ketika minyak dunia naik, maka otomatis harga bensin tuk rakyat juga naik…..dinaikkan oleh pemerintah, jika pemerintah sudi, dan rakyatnya mau….mau aja.

    pemerintah sudah menganggarkan dana sekian, dan minyaknya sudah pakai harga ” kesepakatan”. ketika harga bensin naik, ya berarti lebih besar tiang dong drpd pasak.
    ditambah lagi jika pemerintah melempar hal ini ke sektor publik, ya berarti kgk ada anggaran toh, dan anggarannya bisa dialihkan ke sektor lain, seperti pendanaan ifx.

    ngerti ga ruske ini…atau ruske ini adalah huha lagi…hehehe

    Suka

  7. Harga kesepakatan silitmu mlocot….wkkkkkk
    Ente klo mau diskusi ngawur jng disini, bikin malu yg punya lapak aja klo ente komen ngasal spy dibilang pinter.
    Kelapak sebelah aja biar ane jelasin, spy gak ngotorin lapak org disini dng komen ngawur ente…toleee….wkkkkkk

    Suka

  8. walah mbah…mbah…..kayanya si mbah ini kurang minum aqua ya mbah……
    minum dulu mbah….aer kolem sama ikan atau kodok, sama cebong nya juga sekalian…biar tambah pintar dan cespleng……
    emang minyak yg dimasukin di dalam kapal tanker kgk bisa di sebut cadangan ya mbah ?
    emang minyak yg masih belum dianterin kgk bisa disebut cadangan ya mbah,,,

    emangnya mbah pikir minyak bisa terbang ya mbah….atau mungkin mbah punya pintu kemane aje biar bisa nganterin minyak sampe rumah….atau mungkin mbah pikir minyak itu bisa di kirim pake internet….tinggal di zip lalu kirim pake email……..wow ternyata pikiran mbah modern juga ya……….xixixi

    Disukai oleh 1 orang

  9. Cadangan silitmu mbledak …wkkkkkkk
    Makanya kalo blom paham jng jd keminter, malu nanti diketawain yg lain. makin coba jelasin kok makin ngawur. Minyak di dalam kapal tangker dibilang cadangan.

    Minyak gak bisa terbang, yg bisa terbang itu Satria Baja Mlehoy …..wkkkkkkkk
    Sdh gak usah coba jelasin, malah tambah gak jelas gitu ngomongnya.
    Tidur sana cuci kaki…..wkkkkkk

    Suka

  10. Katanya org indonesia pinter ( pinter korup,,pinter ngeles,,pinter nipu )

    Jumlah perguruan tinggi negeri jg swasta ribuan..jutaan sarjana tiap tahun dicetak ,,
    – masa ilmu metalurgi ga bisa2..??
    – masa ilmu desain ga hatam2…??
    – bikin mesin bubut, milling, bending, dll jg ga bisa …( jgn kan CNC..yg manual aja ga mampu bikin )
    – indonesia sama dgn malay..isinya chauvinist, merasa diri pinter, hebat..padahal iq jongkok
    Jadi mimpilah selagi ga dipajak..dan jgn bangun dr mimpi..sbb realita pait.

    MEMBUAT ALUTSISTA SENDIRI DAN MANDIRI. ..cm omong kosong

    Suka

  11. Kenyataan toh..
    Mesin adl kebutuhan dasar industri. Industri apapun pake mesin..dan mesin bubut, milling, cutting, welding indukmesin ( mesin yg mampu menghasilkan mesin alias induk dr semua mesin )..
    Mesin turbo jet, mesin turbo fan, mesin tubo propeler, mesin turbo shaft, mesin turbin, mesin propulsi sampe mesin jahit dibikin pake mesin induk ( bubut, milling dsb..)
    Kalo mank serius mau mandiri, harusnya pemerintah bikin BUMN khusus mesin induk. Toh ga akan rugi membuat pabrik mesin induk sbb hasilnya bisa diserap industri rumahan sampe industri hi tech ( otomotif, perkapalan, pesawat terbang dll )

    Jangan mimpi menjadi negara industri kl bikin mesin dasar.. induk semua mesin aja ga bisa. Ini alasan saya sll bil industri di hulu ga ada..industri di hilir acak2an pgn mimpi bikin ifx. Logis toh ?

    Suka

  12. China, korea utara mampu membuat senjata krn memiliki industri mesin. China tahun 1980 an bkn negeri industri maju..baru pada masa Zhang Je Min mencontek GBHN nya indonesia, mencontek masterplan membangun negara industri dgn cara mengundang investasi, buruh murah, tax holiday..( era si mbah yg pgn indonesia menjadi negara industri yg dikenal era tinggal landas..namun ambisi si mbah dihancurkan konspirasi internasional yg ga ingin indonesia jd negara industri/produsen )
    Jepang dibalik kekacauan gbhn jg masterplan indonesia..cz jepang mengirim kawat ke US ttg kekawatiran indonesia menguasai teknologi maju yg akhirnya bikin jepang kolaps kl sampe indonesia maju ( ingat pilot project mobil nasional indonesia jg malaysia ..malon dibantu mitsubhisi project mobnas nya..sementara kita dihantam sbb kita adl pundi uang terbesar jepang )

    Suka

  13. Dan ga heran keinginan jepang krjasama militer dan menjadikan indonesia strategic partner di tanggapi dingin pemerintah..dari di masa presiden habibie sampe presiden joko widodo.

    Suka

  14. Om dian mau nanya nih. Itu BBI ilmu Metalurginya udah sekelas Apa?. Soalnya saya dgr mereka jg Meramaikan industri Permesinan.

    Suka

  15. coba tolong Bank..itu yg PNS Penjual Nasi Sagu, ketikannya di kondisikan yh jangan saling hujat!! kebiasaan ngetik bully kasar di blog lain jangan di bawa bawa di mari. sekian informasinya.

    Suka

  16. Mslh utang LN..selama hasilnya nyata. Knp harus ribut..
    Utang utk bikin infrastruktur..utang utk bikin BUMN/BUMD baru yg bekenaan hajat rakyat ..sah2 aja.
    Bahkan sy pribadi nganjurin utang ke Islamic Develpmen Bank..utk bikin kilang, smelter, pabrik mesin..pabrik silikon utk komponen elektro
    Udah waktunya kita jd negara industri

    Suka

  17. betul bung, saat ini kalau hutang bukan menjadi masalah, asalkan jadi hasilnya, tapi tetap yg jadi masalah sektor mana yg akan mendapat bantuan dr pemerintah.

    disitulah masalahnya, seperti anak yg berebut hak waris.
    fokus di satu titik justru akan menimbulkan kesenjangan di titik lain.

    melakukan pemerataan sama saja dgn melakukan bisnis trial & error.

    kalau saya sendiri malah menganjurkan fokus di bidang industri serat sintesis, dan melakukan penurunan harga serat sintesis, sehingga indonesia bisa mulai dari industri tekstil baju & pakaian dan fashion.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s