Armada Tempur AS Di-Jamming Musuh Misterius di Suriah

Seorang jenderal terkemuka AS mengungkap bahwa musuh misterius men-jamming armada tempur Washington saat melakukan operasi di Suriah. Media-media Barat menunjuk jari ke Rusia sebagai pelaku, namun Pentagon menahan diri untuk tidak menuduh Moskow.

Gangguan dari musuh misterius yang bisa mempermalukan AS ini diungkap Kepala Komando Operasi Khusus AS (SOCOM), Jenderal Tony Thomas dalam acara “US Geospatial Intelligence Foundation’s 2018 GEOINT Symposium” hari Selasa.

Menurutnya, gangguan itu terjadi nyaris tiap hari. Selain armada tempur yang di-jamming, sistem komunikasi militer AS juga diganggu.

“Saat ini, di Suriah, kami berada di lingkungan EW (electronic warfare/ peperangan elektronik) paling agresif di planet ini dari musuh kami,” kata Thomas. “Mereka menguji kami setiap hari, menjatuhkan komunikasi kami, mematikan AC-130, dan sebagainya,” papar Jenderal Thomas.

Beberapa laporan, seperti dari Breaking Defense, menunjukkan bahwa Thomas merujuk pada EC-130H Compass Call. EC-130H adalah pesawat yang dirancang khusus untuk melawan dan mengobarkan peperangan elektronik.

Dalam sebuah cuplikan pidatonya, Thomas secara jelas berbicara tentang AC-130 close air support (CAS) gunships yang berada di bawah komando SOCOM. Jenderal AS ini tidak menuduh militer mana pun yang menganggu senjata tempur Washington.

Menhan James Norman Mattis kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat AS pada hari Kamis mengaku tidak siap untuk menyalahkan serangan elektronik di Suriah kepada Rusia. Sebab, selain Moskow, pasukan pemerintah Suriah dan tentara Iran juga aktif di sana.

Moskow sendiri dengan tegas menolak tuduhan terlibat dalam serangan elektronik tersebut. “Rusia memiliki hal-hal lain untuk dilakukan di Suriah daripada mengutak-atik senjata AS,” kata Wakil Kepala Komite Pertahanan Dewan Federasi Rusia, Yevgeniy Serebrennikov.

Menurutnya tugas Rusia adalah membantu warga Suriah untuk mencapai dan mempertahankan kehidupan yang damai.

“Saya tidak tahu siapa yang mereka sebut ‘musuh’ sebenarnya, tetapi Rusia tidak ada hubungannya dengan itu, dan semua tuduhan itu tidak dibuktikan kebenarannya,” katanya, sebagaimana dikutip dari laman Sindonews (27/ 04).

Photo Ilustrasi : AC-130 close air support (CAS) gunships (Istimewa)

Editor : (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Armada Tempur AS Di-Jamming Musuh Misterius di Suriah”

  1. EC-130H adalah pesawat yang dirancang khusus untuk melawan dan mengobarkan peperangan elektronik.
    ————————————-

    Pesawat khusus perang elektronik kok malah kena jammer, piye toh iki…….xicixicixi

    Suka

  2. Lol Kemaren KWnya nyambet EA-18 ehhh Sekarang Orinya Nyambet EC-130. 😆

    Selain Itu jamer Rusia sudah Battle Proven Saat kejadian Serangan Tomahawk Ke Lanud Shayrat dan Serangan Koalisi ke Suriah sekaligus Kejadian USS Donald Duck

    Suka

  3. Berarti bukan isapan jempol dong mas Jim… Kaprang US di jam pespur rusia di baltik…
    Cz di warung sebelah byk yg ngotot bilang ga ada kaprang Us kena jam..cm bualan rusia kata tu org

    Suka

  4. Siapa bung Orangnya?. Kejadian USS Donald Duck itu emang nyata malahan Ada ABK dari Kapal tsb yg mau mengundurkan diri gegara kejadian itu…

    Suka

  5. Dulu pas Su-24 ditembak jatuh oleh Turki, untuk penyelamatan salah kopilot yang ditahan oleh militan, dilakukan operasi cepat yang di dukung oleh proses jamming kuat untuk menghindari adanya kebocoran operasi tersebut…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s