Menhan: Proyek Jet Tempur RI – Korsel Berlanjut

KF-X IF-X (Anggi Kusumadewi via Kemhan)

Menhan Ryamizard Ryacudu menegaskan Indonesia masih berkerja sama dengan Korea Selatan dalam program pengembangan jet tempur generasi 4,5. Pernyataan itu dilontarkan Ryamizard untuk menepis isu Indonesia tengah menarik diri dari program bernama KF-X/ IF-X (Korean Fighter Experiment/ Indonesia Fighter Experiment).

Ryamizard mengatakan, pemerintah bisa merugi jika menarik diri dari program pengembangan teknologi militer itu. Apalagi uang yang dikeluarkan pemerintah untuk proyek tersebut terbilang besar.

“Sudah didatangkan rugi dong kita. Itu Rp 3 triliun masa dibuang saja,” ujar Ryamizard di Lapangan Markas Marinir, Cilandak, Jakarta Selatan, pada Kamis (03/05).

Meski demikian, Ryamizard mengakui program KF-X/ IF-X sempat terkendala kelengkapan soal perizinan. Namun, masalah itu saat ini sedang dibenahi.

“Yang pertama kali waktu dulu menandatangani persetujuan segala macam tidak lengkap. Jadi kita tidak boleh, kita tidak mau. Kita bisa membuat, juga harus bisa menjual. Jangan sampai kita bisa buat ga bisa menjual. Kami nego terus,” papar Ryamizad.

Selain itu, diakui pula program ini juga tengah terkendala pengadaan komponen yang harus didatangkan dari Amerika Serikat. Hal itu, masih akan dibahas lebih lanjut oleh pihak Kemenhan.

“Itu akan dibahas, tapi saya rasa baik-baik sajalah,” ucap Ryamizad.

KF-X/ IF-X sudah dicanangkan Korea dan Indonesia pada 2016. Rencananya proyek tersebut dibiayai 80 persen oleh Korea dan 20 persen oleh Indonesia.

Tahun depan rencananya, satu purwarupa (prototype) pesawat ini sudah diproduksi, dan pada tahun 2026 pesawat ini sudah bisa mendapat type certifcate. Pada pertengahan 2017, Kementerian Pertahanan menyatakan pengembangan pesawat tersebut telah mencapai 14 persen.

Pesawat tempur ini juga digadang-gadang memiliki kemampuan semi tak kasat radar, dan juga akan lebih canggih daripada Jet Tempur F-16, salah satu tulang punggung TNI AU saat ini, sebagaimana dikutip dari laman Kumparan (03/ 05).

Photo : KF-X IF-X (Anggi Kusumadewi via Kemhan)

Editor : (D.E.S)

Iklan

12 tanggapan untuk “Menhan: Proyek Jet Tempur RI – Korsel Berlanjut”

  1. bukannya awal dari kfx/ifx itu adalah konsep ya….?
    konsepnya mef, ketika itu indonesia menginginkan modernisasi tni disertai kemampuan utk memproduksi alutsista….

    sehingga ketika ditawari kfx/ifx, indonesia mengiyakan saja,,,,seng penting bisa produksi….mungkin waktu itu mikire begitu.

    Suka

  2. karena yg dulu lebih mentingin proposal dan grand design, supaya di anggap sebagai conceptor dan pelopor 😀 jd kalo ini proyek sukses yg di kenang yg si pelopor itu. //ninggalinbanyakPR

    “Yang pertama kali waktu dulu menandatangani persetujuan segala macam tidak lengkap. Jadi kita tidak boleh, kita tidak mau. Kita bisa membuat, juga harus bisa menjual. Jangan sampai kita bisa buat ga bisa menjual. Kami nego terus,” papar Ryamizad.

    Suka

  3. Konseptor itu yg mahal idenya Mbah. Kalo tinggal ngetik dan ngedit hasil konsep aja itu pekerjaan yg paling mudah Mbah.
    Oalaahhh Mbah….mbah….gitu aja kok gak pinter2 sih.

    Suka

  4. Kalau ada berita tentang IFX, si Tukang Karet bisulan nggak suka, sebab bakal direbut posisi air superiority jet jualannya.

    Mikirin itu si Tukang Karet jadi tambah bisulannya.

    Suka

  5. Wah Itu Mbh-2 Melakukan Penggiringan Opini Lagi Nih. Padahal Sudh Jelas Klau SAAB Yg Sgt Tk Suka Dgn Ini Proyek.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s