Pindad Akan Rakit Roket Astros dan Bangun Kendaraan Peluncurnya

PT Pindad mendapat kepercayaan dari perusahaan asal Brasil, yaitu Avibras Company untuk merakit roket. Senjata tersebut telah digunakan oleh banyak negara salah satunya Indonesia melalui TNI.

Kepercayaan ini didapatkan usai kunjungan Direktur Utama Pindad Abraham Mose bersama dengan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono ke Brasil pada pekan lalu.

Dalam kunjungan tersebut dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama antara tiga pihak, yaitu Pindad, TNI dengan Avibras Brasil.

Abraham menjelaskan, adanya kepercayaan alih teknologi ini menjadikan kekuatan baru bagi Pindad dalam menjadi industri pendukung kemandirian pertahanan Indonesia.

“Karena kebutuhan TNI banyak sekali, apalagi amunisi latihan, arahan Kasad adalah Pindad yang harus mampu buat itu. Jadi longsongnya dari sana, kita isi, kita rakit di Turen (Malang), dipakai TNI,” kata Abraham, Jumat (04/05).

Perlu diketahui, roket adalah salah satu senjata pertahanan jarak menengah. Roket ini bisa menembak sasaran dengan jarak kuramg lebih 85 km dengan kecepatan 90 km/ jam. Dengan kaliber 80 mm, daya ledak roket ini bisa mencapai 52 ha.

Firing Test ASTROS 5

Pindad Berencana Produksi Kendaraan Peluncur Roket

Untuk membawa dan meluncurkan roket ini, dibutuhkan kendaraan khusus (transporter) yang selama ini juga diproduksi Avibras. Ke depan, Pindad juga berencana memproduksi kendaraan peluncur roket tersebut.

Setiap tahunnya, TNI membutuhkan setidaknya 3.000 roket baik untuk latihan atau untuk pertahanan. Banyaknya kebutuhan inilah yang menjadi alasan Pindad mencoba untuk alih teknologi dengan Brasil.

“Jadi mulai akhir tahun kita akan asembling roket ini di Turen. Dan kalau ini sudah jalan, kita juga coba masuk untuk buat sendiri transporternya,” kata Abraham, sebagaimana dikutip dari laman Liputan6 (04/ 05).

All photos : Peluncur roket Astros TNI AD (Kostrad)

Editor : (D.E.S)

Iklan

12 tanggapan untuk “Pindad Akan Rakit Roket Astros dan Bangun Kendaraan Peluncurnya”

  1. Katanya Pindad Jg Dpt ToT Untuk Buat Propelannya. Maka Dari itu Mbh Harus Mandi,Dandan Rapi,Sekaligus Pake Minyak Wangi Buat Nawarin Propelan Bathoknya Ke Pindad Biar Nambah Pemasukan Untuk Nafkahin Si Huha. 😆

    Suka

  2. Pfffttt cuma isi bahan peledaknya. Bikin tuh keseluruhannya, truk, launcher, sama roketnya, Baru keren. Lumayan kan kalo bisa buat sendiri ngisi gudang senjata ARMED

    Suka

  3. dah untung itu walau cuma isi mesiu lumayan kan ada lowongan kerja buat lo,dr pada terima bersih cuma ngelap2 aja

    Suka

  4. @ares

    Makanya baca dulu sampe katam biar ga gagal paham…..”Ke depan, Pindad juga berencana memproduksi kendaraan peluncur roket tersebut.”

    Suka

  5. Mudah-mudahan ini merupakan tahap awal dari kẻ mandiriăn bangsa untuk produksi roket sendiri serta kontainer peluncur roket. Usul pak menhan, kalo bisa aktifkan kembali pabrik truk perkasa ( atau buat Bumn yang khusus buat mesin dari mesin Mobil, truk kalo bisa ya mesin pesawat ).

    Suka

  6. saya dah liat kendaran peluncur rocketnya, tampang depan mirip anoa tp basic casis truck 😀 “Kendaraan Peluncur Roket R-HAN 122B jenis Multiple Launcher Rocket System (MLRS) buatan PT. Prafir Bandung”

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s