‘Upgrade’ Apa Saja yang Bakal Diterima KRI Cakra?

Angkatan Laut Indonesia secara resmi menerima kapal selam kelas Nagapasa kedua, KRI Ardadedali, dari galangan kapal Korea Selatan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) dalam sebuah upacara pada tanggal 25 April lalu.

Dilansir dari Naval Today tertanggal 25 April 2018, KRI Ardadedali – 404 adalah yang kedua dari keseluruhan tiga kapal selam yang dibangun Indonesia bekerja sama dengan DSME Korea Selatan di bawah kontrak senilai US $ 1,1 miliar yang ditandatangani pada tahun 2011.

Setelah upacara pengiriman dan commissioning, Ardadedali dan krunya meninggalkan galangan kapal DSME di Okpo, Geoje dan diharapkan tiba di Surabaya setelah menempuh perjalanan selama dua minggu.

KRI Nagapasa tiba di Indonesia pada 28 Agustus 2017, setelah memasuki layanan pada 2 Agustus dalam upacara pengiriman dan commissioning di Korea Selatan.

Sementara dua unit pertama dibangun di Korea Selatan, kapal selam terakhir akan dirakit oleh PT PAL di Surabaya, Indonesia, di bawah program transfer teknologi.

Indonesia telah mengoperasikan dua kapal selam Type 209 dengan ukuran yang lebih kecil, Type 209/ 1300 KRI Cakra dan KRI Nanggala, yang dibangun oleh German Howaldtswerke-Deutsche Werft lebih dari 30 tahun yang lalu.

DSME juga dikontrak untuk mengerjakan upgrade kapal selam kelas Cakra yang akan mencakup tiang periskop modern, pekerjaan lambung dan sistem manajemen tempur baru (CMS).

Kelas Nagapasa yang lebih maju memiliki panjang 61 meter, displace 1.400 ton dan dioperasikan oleh 40 awak kapal. Kapal selam memiliki jangkauan operasi sekitar 10.000 mil laut dan mencapai kecepatan 21 knot saat menyelam.

Photo: KRI Cakra – 401 (Kompas)

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “‘Upgrade’ Apa Saja yang Bakal Diterima KRI Cakra?”

  1. kalau lambungnya mo di benerin, sekalian di upgrade dan retrofit, bikin ruang palka di bagian atas utk kasel kecil buat operasi komando marinir, walaupun pemenang tender DSME tapi semua pekerjaan upgrade harus dilakukan di bengkel kasel PAL Surabaya.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s