Israel Nyaris Dua Kali Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia

Su-25 (Sputnik)
Photo Ilustrasi: Su-25 (Sputnik)

Mantan Menteri Pertahanan Israel Moshe Ya’alon mengungkap bahwa militer Tel Aviv nyaris dua kali menembak jatuh pesawat jet tempur Rusia di perbatasan Suriah-Israel. Insiden itu terjadi tahun 2015 atau awal operasi militer Moskow di Suriah.

Ya’alon dalam wawancaranya dengan RIA Novosti mengatakan, jet tempur Moskow sempat memasuki wilayah udara Israel utara yang berbatasan dengan Suriah. Tapi, militer Tel Aviv mengurungkan niatnya untuk menembak setelah mendeteksi pesawat itu milik militer Moskow.

“Kami mencegat pesawat itu karena pesawat itu adalah pesawat Rusia,” kata Ya’alon. Dia mengaku saat itu melakukan kontak telepon dengan komando tinggi Rusia di pangkalan udara Khmeimim di Suriah untuk memberi tahu bahwa jet tempur Moskow menyeberang ke wilayah udara Israel.

Setelah kontak telepon tersebut, pesawat yang hampir ditembak jatuh mengubah jalurnya.

Ya’lon melanjutkan, ada insiden serupa kedua yang waktunya tidak dia rinci. Saat itu, jet tempur Israel melesatkan tembakan peringatan ke arah pesawat Sukhoi Rusia karena jalur penerbangannya menerobos wilayah udara negara yang dipimpin Benjamin Netanyahu itu.

Tembakan peringatan itu membuat pilot Moskow bergegas mengubah rute. Menurut laporan media Rusia, insiden itu disebabkan oleh kesalahan navigasi.

Moskow dan Tel Aviv memang membuka saluran komunikasi khusus sejak Rusia meluncurkan operasi militer di Suriah atas permintaan Presiden Bashar al-Assad. Saluran komunikasi itu dibuat untuk menghindari insiden di langit perbatasan Suriah-Israel oleh jet-jet tempur kedua negara.

Laporan yang diungkap Ya’alon tersebut muncul menjelang kunjungan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu ke Moskow untuk menemui Presiden Vladmir Putin. Pertemuan dijadwalkan berlangsung Rabu depan.

“Netanyahu akan terbang ke Moskow untuk melakukan pembicaraan tentang isu-isu regional,” bunyi pernyataan singkat dari kantor Netanyahu, seperti dikutip Times of Israel, Minggu (06/ 05), sebagaimana dikutip dari laman Sindonews (06/ 07).

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “Israel Nyaris Dua Kali Tembak Jatuh Jet Tempur Rusia”

  1. Klaim bahwa pesawat rusia telah melanggar ruang udara israel adalah klaim sepihak kaum jionis, karena pesawat-pesawat tempur rusia dilengkapi dengan fasilitas GPS Glonas yang sangat akurat.

    Tingkat presisinyapun sangat tinggi, bahkan penyimpangan navigasinya tidak lebih dari angka 5 meter !!

    Cek video tentang cara kerja satelit GPS ini, disini…

    Suka

  2. Iki satelit opo mas…..hhhh, gek le tuku nengdi satelit model ngene?

    Suka

  3. navigasi error bisa menyebabkan kematian,,
    waktu itu pesawat sipuil pernah ditembak jatuh sama rusky waktu di semenanjung kamchatkya..

    jdi jangan remehkan navigasi, wong untunge radar israel bisa identifikasi pespur ruske, coba klo kgk bisa lgsg di ekse dah….

    Suka

  4. Panas-panas minum sop buah, tukang baso nyender dipager….abis lihat yg baju merah, jantung mBah Mien jadi deg-deg-serrrr…ahay !!!

    Suka

  5. Aye juga ade pantun mbah : Tang-teng, tang-teng si abang baso, ngider demi nasi sebakul….Neng Yolanda…i lop yu pull !!!!!!!!

    Suka

  6. Wah putuku kok malah tambah Gendheng ngono ya. Piye jal sesuk rep tk gowo ning Magetan.

    Suka

  7. Aduh…gara-gara simbah nyebut magetan,ane jadi teringat sama mantan yg bubaran di telaga sarangan, hiks, hiks, hiksss

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s