Israel dan Iran Saling Serang di wilayah Suriah

Aksi balasan atas penembakan roket Iran di wilayah Israel dijawab penyerangan “belasan“ fasilitas militer Iran di Suriah. Konfrontasi kedua negara itu disebut sebagai serangan terbesar sejak perang Timur Tengah 1967.

Pasukan Pertahanan Israel mengatakan telah menyerang “belasan” fasilitas militer Iran di Suriah sebagai jawaban atas sekitar 20 roket yang ditembakkan Garda Revolusi Iran ke Dataran Tinggi Golan, wilayah Israel yang direbut dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967. Fasilitas yang menjadi target Israel di antaranya tempat penyimpanan senjata, areal logistik dan pusat inteligen yang digunakan elit militer Iran di Suriah.

Kantor berita Suriah SANA mengabarkan misil-misil Israel menghantam pertahanan udara serta gudang senjata di provinsi Suweida, namun sebagian besar roket dapat digagalkan. Suara ledakan misil Israel dan tembakan serangan dari Suriah terdengar selama lebih dari lima jam dan berakhir Kamis subuh (10/05).

Serangan Israel tersebut tercatat sebagai aksi terbesar yang pernah terjadi di Suriah pasca perang sipil merebak tahun 2011. Televisi Iran menyebutkan serangan tersebut sebagai peristiwa yang ”belum pernah terjadi sebelumnya” sejak perang Timur Tengah tahun 1967.

Ultimatum Israel

Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman pada Konferensi Herzliya, pertemuan keamanan tahunan di utara Tel Aviv, menyebutkan akan merespon secara tegas setiap aksi Iran berikutnya.

“Kami tidak akan membiarkan Iran mengubah Suriah menjadi garda terdepan melawan Israel. Ini adalah kebijakan yang sangat jelas, dan kami bertindak berdasarkan kebijakan ini,” ujar Lieberman. “Kami, tentu saja, menghancurkan hampir seluruh infrastruktur Iran di Suriah, dan mereka perlu mengingat keangkuhan mereka…Saya harap kami akan mengakhiri bab ini dan semua orang mengerti.”

Beberapa bulan terakhir, Israel kerap memperingatkan tidak akan menerima kehadiran militer Iran secara permanen di Suriah. Israel khawatir bahwa ketika perang sipil di Suriah mulai berakhir, Iran dan puluhan ribu milisi Syiah akan mengalihkan fokus mereka ke Israel. Sejak konflik terjadi di Suriah, Iran mendukung Presiden Suriah Bashar Assad secara terang-terangan dengan mengirim ribuan pasukannya untuk mendukung rezim tersebut.

Selama konflik Suriah terjadi, Israel selalu berada di sisi luar perbatasan dan mengaku tidak ingin terlibat langsung. Namun belakangan mengakui, selama tujuh tahun terakhir telah melakukan lebih dari 100 serangan udara yang sebagian besar diarahkan untuk menyerang pengiriman senjata Iran yang diduga terkait dengan kelompok militan Hizbullah. Selama beberapa minggu terakhir Iran juga gencar menuduh Israel melakukan serangkaian serangan mematikan terhadap militer Iran di Suriah, dan bersumpah untuk membalas dendam.

Akankah ketegangan memuncak di Timur Tengah?

Letnan Kolonel Jonatan Conricus, juru bicara militer, menyebutkan Israel tidak ingin meningkatkan ketegangan di Suriah, meski demikian seluruh pasukan bersiaga penuh di perbatasan. “Jika ada serangan berikutnya dari Iran, kami akan bersiap untuk itu,” ungkapnya.

Sementara itu, serangan balik dari Iran tampaknya terbatas. Kekuatan militer Iran di Suriah tidak sebanding dengan pasukan Israel yang dilengkapi dengan senjata berteknologi tinggi. Iran saat ini perlu mewaspadai keterlibatan militer ketika di waktu yang sama berusaha untuk menyelamatkan kesepakatan nuklir internasional.

Israel menganggap Iran sebagai musuh paling sengit, dengan mengutip retorika permusuhan Iran, yang mendukung kelompok militan anti-Israel dan pengembangan rudal jarak jauh. Keputusan Presiden Donal Trump untuk menarik diri dari perjanjian nuklir internasional dengan Iran, dengan dukungan dari Israel, semakin meningkatkan ketegangan, sebagaimana dilansir dari DW (10/ 05).

Photo: Israel dan Iran Saling Serang di wilayah Suriah (AP)

Editor: (D.E.S)

Iklan

13 tanggapan untuk “Israel dan Iran Saling Serang di wilayah Suriah”

  1. “Kami tidak akan membiarkan Iran mengubah Suriah menjadi garda terdepan melawan Israel. Ini adalah kebijakan yang sangat jelas, dan kami bertindak berdasarkan kebijakan ini,” ujar Lieberman. “Kami, tentu saja, menghancurkan hampir seluruh infrastruktur Iran di Suriah, dan mereka perlu mengingat keangkuhan mereka…Saya harap kami akan mengakhiri bab ini dan semua orang mengerti.”

    ————————————

    “Dan Kami tidak akan membiarkan Israel mengubah Suriah menjadi Bagian dari Israel Raya. Ini adalah kebijakan yang sangat jelas, dan kami bertindak berdasarkan kebijakan ini,” ujar Jimmy. “Kami, tentu saja, menghancurkan Sebisa mungkin seluruh infrastruktur Israel Yg Mengancam Suriah, dan mereka perlu mengingat keangkuhan mereka…Saya harap kami akan mengakhiri bab ini dan semua orang mengerti.”

    #SLAVA IUDEY

    Suka

  2. dan mereka ketakutan sama tni,karna rudal pintar mereka kami lawan dengan manual.hah
    # dia sibuk kerja dek….
    jimmy rudal kan yg bicara selanjutnya bukan sukhoi,hah

    Suka

  3. Ya Gimana Gk Keok Jeng. Itu Iraq Yg Sudah Sekarat Kena Gangbang Ama Puluhan Koalisi AS Dan Embargo Sana-Sini Di Semua Bidang.

    Suka

  4. Susah ngalahin Israel kalo dunia arab nggk bersatu. RSA aja bersekutu sama Israel. Sesama muslim aja di sono kagak akur. Beli senjata mahal2 untuk ngacurin Sesama negara islam. Gara2 pemahaman ajaran islam yang sempit.

    Suka

  5. jimmi jimil
    kalau irak seperti iran
    mikir itu usa mau nyerang
    karna iran itu negri 1001 rudal timteng
    kalau ri negri 1001 rudal gak ada itu fda,ffda,fdaada
    negri itu yg ditakuti rudalnya bukan nyinyirnya atau sukhoinya,hah
    perang pake rudal,siapa yg punya rudal banyak dia akan punya daya tawar tinggi dek,hah
    apalagi bisa buat sendiri paling tidak ya jiplak lah boleh,hah
    # dia sibuk kerja dek,hah

    Suka

  6. perang itu akan tambah besar jika dibiarkan,jika dibiarkan perang itu akan bertambah besar, jika perang itu besar maka dibiarkan xaxaxaaa
    (ngeyel sebelum kabur jumatan)

    Suka

  7. Pencet tombol puluhan rudal meluncur,rudal ditangkis dengan rudal,yg gak punya rudal cm memble liat daerahnya hancur,begitulah deterennya rudal

    # hebat emg iron dome ya

    Suka

  8. Saudi bersama negara negara islam lainya pasti akan perang dengan israel krn itu salah satu tanda datangnya hr kiamat

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s