Seminar Pengembangan Rudal Petir Tahap II sampai IV

Seminar Pengembangan Rudal Petir Tahap II sampai IV (Kemhan)
Seminar Pengembangan Rudal Petir Tahap II sampai IV (Kemhan)

Sebagai narasumber adalah Kapus Tekroket LAPAN Drs. Sutrisno, M.Si., Dr. Djoko Sardjadi dari ITB, Peneliti Pertama Puslitbang Alpalhan Balitbang Kemhan Rosihan Ramin, ST., serta Dr. Edi Sofyan dari PT. Sari Bahari.

Seminar diawali sambutan dari Kabalitbang Kemhan yang diwakili oleh Kapuslitbang Alpalhan, beliau mengatakan bahwa pembuatan prototipe rudal petir tahap II-IV ini merupakan program lanjutan dari tahun anggaran tahun 2017.

Program ini juga merupakan program Balitbang Kemhan bekerjasama dengan mitra diantaranya PT. Sari Bahari, Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Institut Teknologi Bandung (ITB) serta melibatkan instansi luar yang berkompeten di TNI AL.

Diharapkan dengan pelaksanaan seminar ini pengembangan prototipe rudal petir tahap II-IV dapat meningkatkan penguasaan teknologi yang nantinya dapat berfungsi sebagai alutsista TNI.

Selain itu program ini juga dilaksanakan dalam rangka ikut mengurangi ketergantungan alutsista pada produk impor.

Kemudian beliau menambahkan, pengembangan rudal dengan trust power berupa small jet engine ini merupakan pengembangan pada tahap II dari IV tahap yang direncanakan. Dimana pada tahap ini dititik beratkan pada seeker.

Rudal dengan identitas rudal petir , diharapkan dapat mencapai kecepatan 350 km/jam dengan jangkauan sekitar 80 km surface to surface.

Negara yang mengembangkan rudal dengan pendorong small jet engine dan wahana bersayap seperti rudal petir diantaranya adalah Iran dengan rudal karrar-nya, Turkey dengan som-nya. Oleh karena itu, dengan kegiatan litbang ini nantinya dapat mendukung alutsista dan mempunyai detterance effect, sebagaimana dikutip dari laman Balitbang Kemhan (11/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Seminar Pengembangan Rudal Petir Tahap II sampai IV”

  1. Kok seminar sih, bukannya giat melakukan riset. Malah seminar yg digalakan. Kalo mau ngembangkan rudasl petir seharus cukup dng rapat kordinasi bersama antara lapan, pt. Dahana, Pindad serta kemenham saja.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s