Alasan NATO Takut Turki Beli S-400 Rusia

S-400 Triumf (sputnik)
S-400 (Sputnik)

NATO dilaporkan sangat khawatir dengan pembelian sistem rudal pertahanan S-400 Rusia oleh Turki. Musababnya, sistem pertahanan canggih itu bisa jadi “modus” Moskow memata-matai kelemahan jet tempur F-35 yang akan dioperasikan setiap anggota NATO, termasuk Ankara.

Ketakutan atau kekhawatiran NATO ini diulas majalah Jerman, Spiegel. “NATO takut ‘mata-mata Moskow’ di wilayah negara-negara anggotanya, karena pemeliharaan sistem rudal anti-pesawat S-400 yang dibeli oleh Turki akan memerlukan bantuan Rusia,” tulis majalah tersebut dalam laporan edisi 11 Mei 2018.

Aliansi militer yang dipimpin Amerika Serikat (AS) tersebut memiliki kekhawatiran yang besar bahwa Moskow bisa mengakses informasi sensitif, termasuk data pada pesawat tempur multifungsi baru Amerika, F-35.

Ankara sesuai kontrak awal akan memperoleh lebih dari seratus unit pesawat jet tempur siluman generasi kelima tersebut.

Washington telah berusaha untuk membujuk Turki untuk membatalkan kontrak pembelian S-400 Rusia dengan menawarkan sistem rudal MIM-104 buatan AS. Alasannya, S-400 tidak cocok dengan standar NATO. Sayangnya, bujukan Washington sia-sia.

Wakil Menteri Turki untuk Industri Pertahanan (SMM) Ismail Demir mengatakan kepada Anadolu bahwa Rusia akan memasok sistem rudal S-400 ke Ankara dalam jangka waktu yang disepakati.

Moskow dan Ankara menandatangani perjanjian pada Desember 2017, di mana Turki akan mengakuisisi empat sistem rudal pertahanan S-400.Pengiriman awal sistem rudal canggih buatan itu direncanakan berlangsung pada kuartal pertama tahun 2020.

Menteri Pertahanan AS James Mattis belum lama ini menyatakan bahwa pembelian S-400 Rusia oleh Turki menyebabkan “banyak sakit kepala”. Sedangkan Kongres AS sedang berusaha memblokir pengiriman jet tempur F-35 untuk Turki.

Pejabat Angkatan Udara AS, Heidi Grant, menyatakan sistem senjata NATO seperti F-35, yang memiliki kemampuan siluman akan menjadi bencana besar bisa datanya yang sensitif bisa diakses pihak non-NATO.”Kami perlu melindungi teknologi high-end ini,” katanya, sebagaimana dikutip dari laman Sindonews (14/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

9 tanggapan untuk “Alasan NATO Takut Turki Beli S-400 Rusia”

  1. Kenapa takut…pantsyr kemarin contohnya

    Suka

  2. Ya Itu Pantsir Yg Gk Aktif Dan Kesiapan Sistemnya Rendah… Lagian Itu Crewnya Malah Nonton Video Kiriman Embah… 👎👎👎

    Suka

  3. Washington telah berusaha untuk membujuk Turki untuk membatalkan kontrak pembelian S-400 Rusia dengan menawarkan sistem rudal MIM-104 buatan AS. Alasannya, S-400 tidak cocok dengan standar NATO. Sayangnya, bujukan Washington sia-sia.

    ———————————————

    Sayangnya Bujukan Anda Itu Terlalu Mudah Untuk Di Bantah. Memang S-400 Tk Akan Kompitabel Dgn Sistem OTAN Tapi Itu Tk Berpengaruh Besar Krena Turki Belinya Sepaket Lengkap Dgn Kendaraan Pendukungnya. Jadi Apa Masalahnya?. Toh Lagian Mau Beli Atau Tdk Itu Hak Asasi Turki. Turki Negara Berdaulat Dan Bebas Menentukan Tujuannya Sendiri. Lagian Apa Pula Alasan Yg Mendasar CAATSA Untuk Rusia Selain Takut Tersaingi? Klau Cuma Menganeksasi Krimea Israel Jg Meneksasi Jerusalem Malahan Israel Tk Memiliki Dasar Yg Kuat Untuk Membuktikan Jerusalem Itu Wilahnya Berbanding Terbalik Dgn Krimea.

    Suka

  4. Penyebab utamanya ya Kudeta yang gagal… kalau ga ada itu ga bakalan Erdogan memilih S-400… diperparah gambar Erdogan dijadikan target sasaran pada saat latihan NATO… makin rumit deh…
    Jelas saja Turki ngeyelnya juga tingkat dewa… toh USA dan NATO memilih memberi pinjaman sistem pertahanan daripada memberi opsi untuk Turki membeli… sampai Turki pernah menyatakan giliran mau beli malah ditolak sedangkan USA malah memberikan gratis kepada YPG…

    Suka

  5. Bukan cm itu,liat sj geliat inhan turki,turki juga ingin membuat rudal pertahanan mandiri,turki blm mampu membuat pertahanan sekelas iron dome,patriot dll

    Cb kasih tot seperti iron dome pasti turki melunak.

    Suka

  6. ciakakakakkaka TOT iron dome 😀 harus salaman dulu dong sama netanyahu si erdogan, nanti pendukung disini tergoncang loh…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s