Ivanka Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem

Ivanka Trump dan Jared Kushner tiba di Israel (BBC)
Ivanka Trump dan Jared Kushner tiba di Israel (BBC)

Putri Presiden AS Donald Trump, Ivanka Trump, dan suaminya Jared Kushner telah tiba di Israel. Pasangan yang menjabat sebagai penasihat Gedung Putih itu datang untuk menghadiri pembukaan Kedutaan Besar AS di Yerusalem Senin (14/ 05).

Selain Ivanka dan Kushner, petinggi AS yang adalah Menteri Keuangan Steven Mnuchin, dan Wakil Menteri Luar Negeri John Sullivan. Adapun negara lain yang diperkirakan bakal hadir di pembukaan tersebut adalah Romania, Hongaria, Guatemala dan Paraguay.

Adapun Trump memutuskan tidak datang. Namun presiden 71 tahun itu bakal mengikuti pembukaan lewat telekonferensi.

Dalam kicauan di Twitter, Ivanka menyatakan dia bangga sebagai bagian dari delegasi yang mewakili Trump dalam pembukaan kedubes di Yerusalem. “Kami berdoa untuk persekutuan AS dan Israel, serta kami berdoa untuk perdamian,” kata Ivanka dalam cuitannya.

Keputusan AS memindahkan kedubesnya dari Tel Aviv terjadi setelah Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel (06/12). Guatemala dan Paraguay juga mengikuti Negeri “Paman Sam” dengan berencana memindahkan kedubesnya ke Yerusalem.

Langkah tersebut menuai kemarahan dari Palestina dan negara Arab, serta membuat PBB membatalkan pernyataan tersebut.

BBC memberitakan, sebelum menghadiri acara tersebut, Kushner terlebih dahulu bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Netanyahu berkata, keputusan Trump merupakan langkah yang tepat, dan bisa berdampak pada perdamaian.

“Saya menyerukan kepada seluruh negara untuk mengikuti AS, dan memindahka kedubesnya ke Yerusalem,” ujar Netanyahu.

Pernyataan PM berusia 68 tahun itu langsung mendapat sanggahan dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas. “Keputusan Trump memindahkan kedubes ke Yerusalem telah menjatuhkan citra AS sendiri,” kecam Abbas.

Uni Eropa (UE) juga keberatan dengan rencana pembukaan itu.

Dilaporkan, sejumlah duta besar anggota UE tidak akan hadir dalam acara tersebut. Meski begitu, masih ada perwakilan anggota UE yang bakal datang. Di antaranya Romania, Hongaria, dan Republik Ceko.

Nantinya untuk sementara, kedubes AS tersebut bakal menempati ruangan di gedung konsulat mereka. Gedung yang lebih besar bakal dipertimbangkan setelah seluruh kedutaan dari Tel Aviv pindah ke Yerusalem.

Hingga saat ini, kedaulatan Israel atas Yerusalem tidak mendapat pengakuan dari komunitas inernasional. Israel menginginkan keseluruhan Yerusalem sebagai ibu kota mereka. Sedangkan Palestina ingin Yerusalem Timur sebagai ibu kota masa depan, sebagaimana dilansir dari laman Kompas (14/05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “Ivanka Trump Hadiri Pembukaan Kedubes AS di Yerusalem”

  1. Sama penjajah dan perebut tanah, israel perebut tanah palestina, amerika perebut tanah indian

    Suka

  2. pendukung Padly Zhon mana suaranya!! besok pemilihan DPR coblos dia lagi yh. 😀

    Donald trump terlalu angkuh dan serampangan dalam berpolitik gila pengakuan dan populeritas. dan lucunya amerika selalu menuduh rusia punya andil di pemenangan D.T. di pilpres saat itu. sungguh tuduhan yg tak mendasar. saya akui nasionalisme trump sangat ambisius hatespeech adalah andalannya, semakin dia di benci semakin menjadi jadi keangkuhannya. dia berhasil menjual milyaran dolar alutsista di timteng mengumpulkan pundi pundi kas negara adidaya yg dia pimpin sekarang, proxywar sptnya mulai membidik ke iran, mengguncang seantero dunia dengan dolar yg semakin menguat utk melawan ekonomi china yg semakin mengular di negaranya. merasa bangga dengan hasil pertemuan korut dan korsel yg semakin baik dengan akan di tindak lanjutin pertemuan antara trump dan kim jo un di singapure. sepertinya trump sungguh” ingin melumat PLA.

    Disukai oleh 1 orang

  3. Komeng anda mantaf Mbah, tapi bukankah China harus dilemahkan dari segi ekonominya bahkan politiknya ? kalau perang saya mau lihat mbah mana yg menang antara Dajjal vs Yakjut dan Makjut 😀

    Suka

  4. wkwkkk……klo saya ikutin pola pikir mbah as……bisa2 jadi sinting dah masuk rsj……xixixixi….

    Trump dipilih oleh rakyat sendiri, kenapa ?
    krn rakyat amrik ‘mengira’ kalau trump itu adalah ‘temannya’ putin…….krn pada waktu itu memang trump ingin dekat sama putin….krn sebagai bentuk pencitraan……xixi

    jadi rakyat amrik memilih trump yg berpikiran populisme modern, yg akan membawa rakyat amerika ke utopia berteman dengan rusia…..ya secara gamblang begitu…..

    tpi pas trump sudah kepilih,,,ya tahu2 ‘xonk’ wkwkwkkkk………
    ternyata ‘temannya’ putin cuma kedok dan hanya sebagai batu loncatan saja……

    jadi harus pintar2 pilih calon pemimpin, jgn beli kucing dalam karung, ya mbah……
    mending mbah minum celebro-cespleng biar pintar……xaxaxaxa

    Suka

  5. Jika dajjal mulai menginjakkan kakinya di suriah itu suatu tanda malapetaka besar akan terjadi.. Tapi sehebat hebatnya dajjal sdh ditakdirkan kalah dek..
    Lha… baru setelah dajjal dikalahkan muslim, ya’juj ma ‘juj mjd super power baru dek..tp kecele saat menginjakkan kaki di iraq krn sungai minyaknya kala itu sdh habis.

    Mbah tw kog kl adek adek ga percaya.. Biar nnti waktu yg menjwab..mbah makan siang dulu

    Suka

  6. Anjay pakde Kuschner modus…pura-pura jadi orang buta biar bisa lama-lama ngelus-elus tangan anak perempuannya trump !!!

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s