Pulau Nipa Sangat Strategis Bagi Indonesia

Pulau Nipa merupakan salah satu wilayah terdepan NKRI yang masuk Kota Batam dan berbatasan langsung dengan Singapura. Pada saat ini kawasan tersebut ditempati oleh Prajurit TNI di bawah Komando Lanal Batam dengan jumlah penjaga mencapai 14 orang.

Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja untuk yang kedua kalinya beserta rombongan berkunjungan ke Pulau Nipa. Sabtu (12/5) Batam. Pulau Nipa sangat strategis bagi keutuhan NKRI dan bisa juga sebagai lokasi investasi untuk swasta.  Pulau tersebut memiliki luas 60 hektare, dimana pada saat ini sekitar 40 hektare diantaranya dipakai sebagai markas TNI AL untuk mengamati kondisi di perairan Selat Malaka antara Indonesia dan Singapura.

Pada saat ini PT Surya Mina Asinusa belum memulai tahapan konstruksi lahan karena masih harus melengkapi perizinan seiring menyusun tahap disain proyek. Kilang minyak tersebut nantinya akan berfungsi sebagai lokasi oil trading baik untuk dalam negeri maupun luar negeri termasuk PT Pertamina.

Sekjen Kemhan mengungkapkan pada tahun 2021 kawasan Pulau Nipa sudah berubah menjadi sebanding dengan negara tetangga. “Pulau Nipa akan dikembangkan menjadi satu kawasan terpadu, yakni kawasan yang dimanfaatkan untuk kepentingan pertahanan sekaligus mengembangkan potensi yang dapat mendorong peningkatan kesejahteraan di bidang perekonomian”, ujar Sekjen Kemhan.

Ketika berada di Pulau Nipa, Sekjen Kemhan beserta rombongan menyempatkan diri melakukan peninjauan barak, mess prajurit serta melakukan penanaman pohon waru, pohon mangga sebagai bentuk gerakan penghijauan Pulau Nipa, sebagaimana dikutip dari laman Kemhan (12/ 05).

Photo: Pulau Nipah/ Pulau Nipa (photo by Halaman Kepri)

Editor: (D.E.S)

Iklan

6 tanggapan untuk “Pulau Nipa Sangat Strategis Bagi Indonesia”

  1. Udah ga gundul lagi tah pulau nya..

    Suka

  2. Kenapa màu đi ảlihfungsikan? Padahal kalo tetap pos marinir ( tni ) akan lebih strategis. Dân nggk sẽmbarangan orang boleh masuk kẻ pulau nipah. Kemungkinan di sabotase oleh pihak musuh lebih kecil.

    Suka

  3. kalau dah dari dulu TNI masuk di pulau terpencil tak banyak pulau di batam di geruk pasir dan tanahnya terus di bawa ke singaporek yg negaranya semakin luas.

    Suka

  4. Kalau mau meniru singapura ya direklamasi..biar tambah luas tiap tahun

    Dipertinggi juga biar ga tenggelam.

    Suka

  5. Program revitalisasi Pulau Nipa dicanangkan di era SBY lho dek.. Krn beliau visioner..ga kaya yg sekarang.. Pragmatis..Mbelgedhes dek taunya utang melulu..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s