Kapal Induk Buatan China Mulai Jalani Uji Coba

Kapal Induk Kedua China (13052018) (AP)
Kapal induk kedua China jalani sea trial (13/05/2018) (AP)

Kapal induk pertama yang dibangun di China telah memulai uji coba pelayaran di laut.

Kapal yang belum mempunyai nama itu meninggalkan pelabuhan utara Dalian, Minggu (13/ 05) pagi, untuk “menguji keandalan dan stabilitas dari sistem penggerak dan sistem lainnya,” kata Kementerian Pertahanan China.

Kapal berbobot 50 ribu ton itu kemungkinan secara resmi akan dioperasikan sebelum 2020 setelah selesai uji coba lautnya dan dilengkapi pesawat tempur.

Desain kapal didasarkan pada kelas Kuznetsov Uni Soviet, dengan dek untuk lepas landas dan digerakkan oleh mesin turbin uap berbahan bakar minyak konvensional.

Kapal induk itu adalah yang kedua yang akan dioperasikan oleh Angkatan Laut China. Kapal pertama, Liaoning, dibeli dari Ukraina, diremajakan di China dan dipakai pada 2012.

Laporan media negara mengatakan, China juga berencana membangun kapal induk bertenaga nuklir yang mampu bertahan di laut untuk jangka waktu yang lama.

China mempunyai angkatan laut terbesar di dunia dalam hal jumlah kapal, meskipun dalam hal teknologi dan kemampuan tempurnya tertinggal jauh di belakang AS.

Militer China telah mengalami modernisasi cepat sejak Presiden Xi Jinping berkuasa lima tahun lalu, sebagaimana dikutip dari laman VoA (14/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Kapal Induk Buatan China Mulai Jalani Uji Coba”

  1. Nah Klau Yg Ini Ngebulnya Gk Separah Kuznetsov Bung. Soalnya Keduanya Masih Baru Semua Lha Kuznetsov Udah Dari Jaman Soviet Sampe Sekarang Baru Ngelakuin Maintance Berat Sekaligus Ganti Mesin Buatan Ukrainanya.

    Suka

  2. Enggak Jg Mbh. Soalnya Banyak Kapal Induk Punya Barat Kaya Punya Inggris Atau Itali Ama Spanyol Masih Pake Ski jump. Ya Walaupun Punya Itali Atau Spanyol Bukan CV Murni.

    Suka

  3. Mbah as wajik kurang jeli sih, kalo membedakan kapal induk buatan blok timur vs barat bisa diamati dari…asapnya 👻

    Suka

  4. Welleeehh Welleeehh. Trimakno Mbhnya Lupa Klau LHD Punya Amrik Jg Ngebul Parah.🚗🚢🚢🚢 Mbh Mien Wis Ngerti Ra Nek Anak Rostec Sing Melu Tender Marinir Arep Bangkrut?.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s