KRI Ardadedali 404 Tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmada II

KRI Ardadedali 404, kapal selam kedua yang dipesan Indonesia dari Korea Selatan, sandar di Dermaga Kapal Selam Koarmada II, Ujung, Surabaya, Kamis (17/ 05).

Kapal produksi Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan ini merupakan kapal selam Type 209/ 1400 DSME.

Kapal ini memiliki bobot 1.280 ton saat muncul di permukaan, dan bobotnya berubah menjadi 1.400 ton saat menyelam.

KRI Ardadedali 404 berangkat dari dermaga galangan kapal DSME, Gyeongsang Selatan, Korea Selatan pada 30 April 2018, melintasi laut selama 17 hari menuju Indonesia.

Rute yang dilalui adalah Okpo (Korsel), Selat Korea, Perairan Jepang, Laut Cina Timur, Selat Luzon, Laut Cina Selatan, Selat Apo, Selat Cuyo, Laut Sulu, Selat Sibutu, Laut Sulawesi, Selat Makassar – Laut Jawa Alur Pelayaran Barat Surabaya (APBS) hingga akhirya merapat di Dermaga Koarmada II Surabaya.

Sebelum KRI Ardadedali 404, Indonesia memesan kapal KRI Nagapasa 403 yang datang 28 Agustus 2017.

Secara fisik, dua kapal selam ini memiliki bentuk sama persis.

KRI Ardadedali 404 ini juga dilengkapi Latest Combat System, Enhanced Operating System, Non-hull Penetrating Mast dan Comfortable Accomodation.

Ada empat mesin diesel MTU 12V493 dengan jarak jelajah mencapai 18.520 km.

Panjang kapal 61,3 meter, diameter 6,2 M, dengan draft 5,7 M mampu menampung 40 kru kapal.

Kecepatan kapal mencapai 21 knot di bawah air dan 12 knot di permukaan ini mampu berlayar lebih dari 50 hari untuk menunjang fungsi operasinya.

Sebagai senjata, kapal selam ini dilengkapi dengan peluncur torpedo 533 mm, serta peluru kendali anti kapal permukaan yang merupakan moderenisasi armada kapal selam TNI Angkatan Laut.

Ardadedali diambil dari nama panah milik Arjuna yang dikenal sebagai Penengah Pandawa, yang memiliki paras yang menawan serta lembut budinya.

Bentuk ujung senjata menyerupai paruh burung.

Ketika dilepaskan ke arah musuh, maka paruh burung itu dapat mematuk lawannya, sebagaimana dilansir dari laman Surya (17/ 05).

Photo: KRI Ardadedali 404 Tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmada II (TNI AL)

Editor: (D.E.S)

Iklan

50 tanggapan untuk “KRI Ardadedali 404 Tiba di Dermaga Kapal Selam Koarmada II”

  1. Teruskan kerjasama pembangunan kapal selam dengan negara-negara produsen U-boat.

    Tinggalkan produsen kapal selam yang ngakunya produknya nggak bersuara padahal suara mesinnya berisik minta ampun, udah gitu bodynya karatan sehingga harus ditutupi karet luar dalam biar nggak ketahuan karatan.

    Suka

  2. Udah gitu mosok kapal selam bisa ngeluarin asap dari dalam air, apa sedang menyamar jadi gunung api bawah laut ?

    Suka

  3. Betul itu mas Baja,

    Mesti dimodifikasi dengan camshaft, bukannya dinding ruang mesin ditutupi karet dengan alasan supaya nggak terdengar berisik dari luar, padahal alasan sebenarnya adalah pake plat besi karatan untuk bangun dindingnya dan ditutupi karet biar nggak kelihatan karatnya.

    Suka

  4. bukan dimodifikasi dengan camshaft, tung……..
    tapi dimodifikasi camshaftnya, dengan menambah bearing atau balancer…….
    klo karet memang digunakan sebagai kondom, tpi daya rekat dan ketahanannya tidak lama, sehingga membutuhkan maintenis berkala.
    KS virginia pakai karet juga tpi lebih baik tidak pakai, seperti LA flight III yg mulus tanpa karet……..

    Suka

  5. @dek jimmy sukiman

    Mbah nanya nih, kenapa kapal selam ini kalo dipermukaan bobotnya 1280 ton tapi kalo nyelam bobotnya bengkak jadi 1400 ton?

    Yang lain gak boleh kasi sontekan lho ya….termasuk bung yuli, hhh

    Suka

  6. Ini waktu jaman sby dibilangin anjing kampung sm senator,eh ternyata pas sampe banyak juga yg nyambut..

    Dan yg jelas ada tot pembuatan kapal selam di pt.pal…pondasi yang bagus.sayang tni au blm jelas pondasi kfxnya.

    Suka

  7. @dek dahar

    Dek kalo mo tau siapa yg kasi julukan “anjing kampung”….bukan senator, tapi mantan kasal di era pak beye yg kesel, udah ngidam kilo sejak lama tapi gak dibeliin, hhh

    Suka

  8. Selamat buat bapak bapak hiu kencana..Terimakasih juga mbah ucapkan pada pak SBY, anda visioner sejati… Tidak perlu poras poros tp hasil nyata.

    Suka

  9. Lho Lha Sampeyan Gadah Ilmu Nek Mboten Di Gunakake Yo Nggih Mubazir Nho. Jebule Alim Kuwi Awan Keliling Bengine Maling .

    Suka

  10. tetep KS.anjing kampung lah..
    saya setuju apa yg di katakan jendral tsb.
    ———————————————————
    Kilo (NATO) atau Project 877 Paltus dikenal sebagai kapal selam paling senyap di dunia. Jenis tercanggihnya, Project 636/Varshavyanka yang dibidik oleh TNI AL. Kapal selam kilo akan meningkatkan kewibawaan TNI AL di lautan.

    Namun, impian itu hilang. Mereka harus menerima kenyataan, mendapatkan kapal selam kelas anjing kampung, Changbogo Type 209 Korea Selatan.

    Pergeseran pembelian kapal selam Kilo ke Changbogo terjadi sejak Pemerintahan SBY mensyaratkan ada transfer teknologi dalam setiap pembelian alusista skala medium ke atas.
    ——————————————————–
    trik blok barat utk merangkul TNI dengan cara memberi keyakinan akan memberikan TOT πŸ˜€ tp saya bersyukur kalo kerja sama dengan korsel selalu dpt TOT , spt kapal LPD sampai kapal selam. kalo yg pesawat tempur yah berimajinasi ajalah kalian. πŸ˜€

    btw F16 elbot beli 24unit ada TOT nya gak????? apache 8 unit + 300 helm, ada TOT nya gak ???? rudal starstrike ada TOT nya gak?? oerlikon skyshield ada TOT nya gak ?? rudal + launcher NASAAM ada TOT nya gak ?? tank leopard ada TOT nya gak?? ok lah kalo beli hibah gak dpt TOT, lah kalo yg beli baru bagaimana?? mana tuh TOT nya?? kira kira melanggar UU yg sudah di buat gak???

    terus kenapa pada ribut beli SU-35 ga dapat TOT ????? dasar fans boy antek barat πŸ˜€ sono tagih TOT yg belom di dapet.

    Suka

  11. 300 helm itu produksi dari Elbit system di Amrik, Elbit yang perusahaan induknya ada di Israel.

    http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016/03/160329_indonesia_israel_netanyahu_diplomatik

    Sudah saatnya dibentuk hubungan resmi antara Indonesia dan Israel. Kita punya banyak peluang untuk kerja sama bilateral, khususnya di bidang teknologi air dan teknologi canggih,” ujar Netanyahu.

    Tuh, udah ditawarin kerjasama teknologi canggih, tapi kitanya yang kagak mau.

    Suka

  12. pak da ini 11-12, dgn fansboy rusky garis keras, yg suka ngibul……xixi

    kilo ditakuti krn memasang pendeteksi kebocoran yg dihasilkan dr reaktor nuklir milik KS nuklir pihak barat,,,,
    tpi apa macam kmrn astute milik inggris malah mendeteksi kilo 2 biji waktu kampanye rudal di suryah…….

    jdi kilo cuma ditakuti oleh kapal selam nuklir yg mengalami kebocoran radioaktif, klo kapal selam tanpa nuklir, bisa aja lawan kilo, malah kilo bakal kesulitan melawan kapal selam konvensional, sprt changbogo.

    Suka

  13. malah kemarin astute milik inggris, berhasil deteksi 2 KS kilo milik rusky,,,kekekeke,,,katanya paling ditakuti, tpi malah dideteksi duluan sama astute….

    astute itu bahasa inggris, dro…
    jdi pahami dulu arti astute…

    jdi kesimpulannya kilo harus takut sama astute, krn kilo kgk bisa detek astute lebih dulu….

    #jurusmembungkamcocotfansboyfanatic

    Suka

  14. Lah Itu Ada Yg Pake Kaskus Segala. πŸ˜† . Lagian Yg Dikirim Ke Rusia Itu Buat Upgrade. πŸ˜› Lagian Memang Wajar Jika Astute Bisa Mendeteksi Kilo Duluan. Krena Baik Secara Harga,Kualitas Dan Kelas Kilo Kalah Jauh Ama Astute Yg Notabennya Milyaran Dolar,Kasel Baru Dan Gitu SSN Dibandingi Ama Diesel Elektrik Yg Hanya Ratusan Jutan Dolar Dah Gitu Kasel Era Soviet. Tapi Di Situ Setidaknya Kilo Dgn Segala Keyerbatasannya Berani Menghadapi Astute By One Di Sana.

    Suka

  15. Artinya apa ?

    Kagak ada untungnya beli dari Rusia.

    Lha wong Sukhoi dan Mig banyak yang masih cinta sama planet bumi ini, disuruh terbang kagak mau, malah nyungsep.

    https://www.google.com/search?client=ms-opera-mobile&biw=360&bih=311&tbm=isch&sa=1&ei=OHz-WqWaEYyBvwSA8YSwCQ&q=sukhoi+fighter+crash&oq=sukhoi+fighter+crash&gs_l=mobile-gws-wiz-img.3…76574.83509..84268…1….533.5041.0j14j5j0j2j1……0….1………0j41j0i67j0i30j0i19.454cEaIlkuE%3D

    Suka

  16. Lol Masa?. Udah Cuma Gitu Aja? Nyatanya Sebab Beli Sukhoi Ama Mig Itu Chino ama India Bisa Jadi Superpower Ama Dpt Lisensi Buat Bikin Itu Pesawat

    Suka

  17. Lho lha kok Indonesia nggak ditawari lisensi ?

    Elo bangga negara lain dapat lisensi tapi malah sama negara sendiri elo nggak mau kasih lisensi ?

    Terlalu kau itu Jim.

    Suka

  18. Hahaha. Nah Sifat Turunan Londo Mener Keluar Lagi Nih?. Lisensi Itu Tergantung Seberapa Besar Belinya Dan Berani Bayara Berapa Sekakigus Memanfaatkan Momen Yg Tepat. Masa Bodoh Beli 11 Dpt Lisensi Kecuali Lisensi Rodanya. πŸ˜†

    Suka

  19. Tuh khan masa bodo ?

    Mosok sama kepentingan bangsa elo sendiri kok elo masa bodo sih ?

    Sungguh terlalu kau Jim.

    Suka

  20. rancu sekali arti dari TRANSFER OF TECHNOLOGY
    – T50i golden eagle (pekerjaan pemeliharaan, perbaikan dan overhaul hingga modifikasi dan upgrading pesawat tempur) artinya only MRO, masi mending jahit kodian dong πŸ˜€
    -startreak (pabrik produksi sedang di bangun) masi abu abu antara benar membuat atau merakit.
    -300 helm (Sudah saatnya dibentuk hubungan resmi antara Indonesia dan Israel) artinya angan angan! sebab apa, tetep sales barang amerika/israel adalah si singapura πŸ˜€
    -leopard (produksi amunisi) πŸ˜€ yah lumayanlah yah dari pada import utk beli amunisnya.
    -apache ??? apa TOTnya bozz ah saya tebak paling masang baling baling, perawatan dan maintenance dan tetep pihak ketiganya singapura!!
    -NASAMS apa TOTnya bos ah saya tebak paling masang rudal, dan izin boleh beli AIM-120C-7 AMRAAM. tetapi buat bikin batterai launcer aja gk mungkin dpt TOT nya.
    -Oerlikon skyshiel ah saya tebak dapat ijin produksi amunisi dan bikin truck transporter buat mobile.
    -F16 bekas TOT?? ah saya tebak maintenance/ MRO

    kesimpulan transfer of technology (ilmu maintenance dan ilmu amunition production”tetapi guiding sensor gk dpt ilmunya”) πŸ˜€

    @bung woof woof: kenapa china dan India bisa dpt lisensi yah jelaslah mereka berada di blok mana. Indonesia kalo pemimpinnya dari militer uda pasti bakal berdiri di blok barat.

    @bung baja: Maintenance, Repair & Overhaul yayayayayaya dapet buku manual yh

    saya tidak membenci alutsista dari blok B, hanya saja kok merasa tidak mendapatkan sesuatu yg bener bener wow. masih mending kerja sama turkiem-france-belgia-belanda dan korsel.

    saya harap Indoonesia ketika membeli 3 unit A400, dapat TOT body fuselage A400 dan bisa megang kendali sebagai penjual di wilayah asia!!!! jangan mimpi beli Boeing P-8 Poseidon dan hercules dpt tot bisa bikin fulselage/jualan paling dpt simulator/

    woles

    Suka

  21. Nah Ternyata Begini Pemikiran Di Luar Normalnya Embah Ntung. Mau Kasih Lisensi Atau Tdk Itu Terserah Keputusan Atasan Atau Rusianya. Lha Masa Gw Yg Disalahin. πŸ˜† Gw Disini Cuma Nawarin Doank. Lagain Coba Sukhoi Kita Ganti Jadi Gripen. Jika Gripen Hanya Di Beli 11 Biji Apakah Mau SAAB Kasih Lisensi?. πŸ˜† Lha Wong Embel-2 ToT 100% Nyatanya Cuma ToT Ngerakit. Ya Sama Saja Kaya Sukhoi Yg Di Naikin Antonov Habis Itu Di Rakit Di Sini.

    Suka

  22. ooowww,,,, si tukang rusuh bin cari keributan masih aja komplain, padahal kita cuma bahas kilo, ngapain situ kabur ke masalah lain ya ?
    hehehehe…….klo bung pak da, ga suka sama arah yg diambil oleh tni dan pemerintah….

    mending bung pak da, nyalon aja jadi presiden pas 2019, kan klo udah jadi presiden bisa bebas atur sana atur sini…ya itu klo ente jadi presiden, klo kalah jgn jadi gila ya, xixixi
    biasanya yg kalah banyak yg jadi gila……

    Suka

  23. wkwkwkkw komentar mu standart spt komentroz para nitizen medsos

    saya gak bilang gak suka…coba tunjukkan
    saya hanya sedih aja negosiasi TOT dampaknya tidak terlalu besar, karena yg di elu elukan kemandirian bangsa bisa buat sendiri. lah dari jaman pak bye sampai sekarang TOT nya lebih banyak maintenance.

    Suka

  24. Wuih Jim, Jim.

    Udah tahu bosmu si Rusia susah diajak kerjasama buat bikin di sini kok elu masih juga nawarin barangnya bosmu.

    Walau hanya nawarin tapi elu tetap aja terlibat dalam pemborosan anggaran.

    Coba kalo elu kagak nawarin barang Rusia, elu kagak bakal gue cerewetin.

    Tega bener elu Jim.

    Suka

  25. Mas Pakda,

    Yang dari Korea itu bukan hanya MRO tetapi juga upgrade ke sistem yang lebih tinggi, dari tadinya pesawat latih ke pesawat serang darat, dari tadinya pesawat serang darat diupgrade ke pesawat fighter.

    Suka

  26. Hahaha. Nah Kumat Lagi Sifat Turunan Menernya. πŸ˜† Benyar Tk Isya Sambil Tarawih Dulu Nanti Baru Tk Reply.

    Suka

  27. Ohhh Brarti Jika Saya Mengikuti dan Memakai Pola Pikir Embah kita Ndak Boleh Beli Apapun Itu Krena Menguras Anggaran. Lol. Padahal Semuanya Jika Mua Kuat Ataupun Maju Pasti Ada Yg Dikorbankan Terutama Finansial. Misalnya Mbh Mien Udah TK Dan Mau Menempuh Sekaligus Mencari Ilmu Lebih Lanjut Maka Mbh Mien Masuk Ke SD Dgn Mengorbankan Finansial Untuk Pendaftaraannya. Tapi Akhirannya Pengorbanan Mbh Mien Tk Berakhir Sia-2 Krena Ilmunya Tambah Dan dia Semakin Pintar Begitu Pula Di Alutsista Jika Kau Mau Kuat Maka Harus Siap Pula Kau Keluar Uang Banyak. Toh Lagian Klau Gw Gk Nawarin Itu Barang Emang Gw Bayar Pajak,Listrik,Air,Makan Dan Lainnya Pake Apa?. Pake Daun Gitu?. Toh Lagian Di UU Di Sebutkan Klau Kita Mempunyai HAK Untuk Mempertahankan Hidup.

    Suka

  28. Achhh….pitnah gue dek jimmy ini !!!

    Lha wong mbah mien sekolahnya di SR kok dibilang sekolah di SD….😠

    Suka

  29. Pake daun ?

    Lho yang ini aja bisa bayar jajanan pake daun mosok elo kalah sama yang ini Jim ?

    Suka

  30. katanya elo manusia yang lebih pinter daripada dia, kok elo Jimmy ngeluh-ngeluh nggak bisa bayar pakai daun sedangkan dia bisa ?

    Suka

  31. Wah Jimmy ternyata O’on nggak bisa bayar kebutuhan hidupnya dengan daun. Ternyata Jimmy lebih O’on daripada si bleki gukguk hitam di video.

    Lho saya bisa tuh bayar pakai daun.

    Daun yang bisa saya pakai untuk bayar itu :
    Daun pisang, daun kelapa (janur), daun bayam, daun kangkung, daun katuk, daun kenikir, daun kemangi, daun seledri, daun salam, daun pakis, daun bawang, daun sawi, daun melinjo, daun jeruk, daun jambu, daun jati, daun slada, daun sereh, daun sirih, daun singkong, daun ubi jalar, daun pepaya, daun sarsaparila, daun pintu, daun jendela.

    Suka

  32. Lho Disini Mah Kagak Ada Daun Begituan Soalnya Lahan Dah Gk Ada gegara Kena Pembangunan. πŸ˜† Noh Adanya Daun Plastik Buat Hiasan. πŸ˜›

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s