Pasukan Khusus yang Sekaligus Mesin Pembunuh Rusia Paling Brutal, Spetsgruppa A

Spetsgruppa A - Alpha Group (Youtube)
Spetsgruppa “A” / Alpha Group (Youtube)

Rusia yang telah dikenal memiliki pasukan khusus legendaris, Spetsnaz, ternyata punya pasukan khusus lainnya yang tak kalah brutal.

Pasukan khusus yang kerap diandalkan untuk penanganan teroris itu bernama Spetsgruppa A atau yang biasa dikenal pula sebagai Directorate A atau Alpha Grup.

Kesatuan elite di bawah Federal Security Service (FSB) Special Purpose Center ini dirancang sebagai sub-unit mandiri di bawah Kesatuan Khusus Rusia.

Fokus kemampuannya adalah untuk operasi terpilih, kontra-teroris, pembebasan sandera, dan misi pembunuhan.

Di antara sub-unit Spetsnaz lain, Alpha adalah ‘mesin pembunuh’ pertama yang dibentuk oleh  dinas intelijen KGB pada 1974.

Tugas utamanya adalah mencegah dan merespon segala macam tindak kekerasan yang diarahkan ke fasilitas transportasi dan gedung-gedung publik.

Maka tak mengherankan  ketika terjadi pembajakan terhadap pesawat Aeroflot flight 3822 di Batumi, Georgia (1983), merekalah yang lebih dulu dikerahkan.

Pembajakan yang dilakukan tujuh pemuda Georgia ini berakhir dengan delapan korban  tewas.

Spetsgruppa A - Alpha Group (Youtube) 1
Photo Ilustrasi: Spetsgruppa “A” / Alpha Group (Youtube)

Juga ketika terjadi penyanderaan di Gedung Teater Moskow (2002) dan gedung sekolah di Beslan (2004), mereka jugalah yang dikerahkan untuk menyerbu.

Pasalnya  tak ada kata kompromi terhadap teroris dan rata-rata pelaku teror di Rusia beraliran radikal, hampir semua serangan yang mereka lakukan dilakukan sama brutalnya dengan yang biasa dilakukan para teroris.

Untuk membungkam militan penyandera di Gedung Teater Moskow yang tengah menggelar konser akbar dengan 850 penonton, misalnya, tanpa ragu Spetsgruppa A lebih dulu memompakan obat bius lewat saluran pendingin gedung.

Setelah semua orang (termasuk penonton yang disandera) merasa pusing, barulah mereka menembaki orang-orang yang diduga sebagai para penyandera.

Tapi hasilnya sungguh mengerikan karena  sebagian di antara sandera ‘terpaksa’ ada yang ikut tewas diterjang peluru Alpha.

Kebrutalan  serupa juga terjadi dalam serbuan ke pesawat Aeroflot flight 6833 yang dibajak.

Dalam tembak menembak dengan pembajak, mereka tak ragu memberondong  tubuh pesawat dengan peluru.

Akibatnya  selain ada penumpang yang ikut tewas, pesawat dengan 108 lubang peluru itu pun tak bisa lagi diterbangkan karena mengalami kerusakan struktur yang cukup parah.

Pembajakan aeroflot dan penyanderaan di Gedung Teater Moskow dan sekolah Beslan, sebenarnya baru  sepersekian dari sasaran yang pernah mereka bereskan.

Dalam misi lainnya, mereka juga pernah disusupkan ke dalam perang etnis di sejumlah negara bagian Rusia.

Dalam acara peringatan 39 tahun Alpha pada 2013, kepada wartawan kantor berita Rusia RIA Novosti, Sergei Goncharov, seorang veteran yang menjabat Kepala Asosiasi Veteran Alpha membagi ‘rahasia dapur’ yang cukup menarik.

Dikatakan, anggota Alpha dan Vympel bisa berasal dari semua kesatuan, namun hanya mereka yang terbaiklah yang dipilih.

Titik berat kemampuan ada di segi operasional serta penyamaran.

Tempat penggemblengan utamanya adalah tempat-tempat dengan ancaman teroris tertinggi (hot-spots) seperti di Caucasus Utara dan beberapa perbatasan.

Terjun langsung di tempat-tempat panas itu, kata Goncharov, dengan sendirinya akan membuat intuisi dan skill personel terasah.

Rata-rata telah dilibatkan dalam belasan operasi kombatan di dalam dan luar negeri.

Mereka dibekali senapan mesin (termasuk yang bisa ditembakkan dalam air) dan pistol peredam, yang dibuat berdasar pesanan khusus, sebagaimana dilansir dari laman Intisari (15/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

11 tanggapan untuk “Pasukan Khusus yang Sekaligus Mesin Pembunuh Rusia Paling Brutal, Spetsgruppa A”

  1. Paling Brutal jarene….”brutune gatal” yo ngandel wong pendak operasi sanderane malah akeh sing melok dadi korban, hhh

    Suka

  2. Dek dian yg alim…

    Mbah mo kasi koreksian dikit ttg penyanderaan di gedung teater moskwa, korban terbanyak justru karena…..overdosis gas bius yg memicu kegagalan fungsi jantung

    Singkat kata, reputasi yg disematkan pd kesatuan khusus ini adalah…ceroboh/kutang perhitungan/grusa-grusu, karena lebih banyak korban yg ikut tewas dibanding yg diselamatkan, hhh

    Suka

  3. Yang penting pantang pulang sebelum ada yang mati, mau terrorist mau orang sipil mau korban penyandraan yang penting harus ada yang mati!!!!!!!

    Suka

  4. Ya ini nih, kualitas majikane si tukang karet, grusa grusu kagak ada perhitungan, maunya untung gede tapi begitu ketemu sama customer yang penuh perhitungan jadi memble.

    Suka

  5. Lol. Masih Ada Yg Gk Bisa Menerima Kenyataan Akan Kejayaan Rusia Di Bidang Kemiliteran. Lha Wong Nyatanya Rosoboron Ndak Kapok Dan Masih Ikut dan Berpartisipasi Di Tender TNI. 😆

    Suka

  6. Ya jelas kaku wong kedinginan.

    Kalau nggak mau kaku ya mereka minum vodka tapi ya itu akibatnya pakai jurus dewa mabuk amburadul ngawur tembak sana tembak sini sampai sandera banyak yang tewas.

    Suka

  7. Ya Gerakan Sambo Emang Kaya Gitu. Tapi Emang Typikalnya Orang Slavic Klau Wataknya Nekad Dan Sembrono Tanpa Berpikir Panjang. Terutama Kaum-2 Gopnik.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s