Presiden Assad Lakukan Lawatan Mengejutkan ke Rusia

Presiden Assad Lakukan Lawatan Mengejutkan ke Rusia (Liputan6)
Presiden Assad lakukan lawatan ke Rusia (Liputan6)

Presiden Bashar al-Assad dilaporkan mengadakan kunjungan kejutan ke Rusia pada hari Kamis.

The New York Times memuat dalam laporannya, pada kesempatan tersebut, Presiden Vladimir Putin menyampaikan agar “pasukan asing bersenjata” segera ditarik keluar dari Suriah, menyusul dimulainya proses perdamaian.

Tidak jelas pasukan mana yang dimaksud oleh Putin, mengingat Rusia, Iran, Amerika Serikat dan sejumlah negara lain memiliki kekuatan tempur di Suriah. Seperti dikutip dari The New York Times, Jumat, (18/5/2018), menurut Putin, penarikan pasukan asing akan menjadi bagian dari penyelesaian perang saudara yang panjang di Suriah.

Baik pasukan Iran dan Rusia membela rezim Presiden Assad. Jika yang dimaksud Putin adalah kehadiran militer Iran di Suriah –yang belakangan memicu masalah baru dengan Israel– maka Rusia dinilai berupaya mencegah Negeri Para Mullah bercokol di sana.

Menurut kantor berita Tass, militer Suriah telah memenangkan “kemenangan dan kesuksesan yang signifikan” dalam perang dan perhatian harus beralih ke bantuan kemanusiaan dan penyelesaian secara politik.

“Dengan dimulainya proses politik dalam fase yang lebih aktif, angkatan bersenjata asing akan ditarik dari wilayah Republik Suriah,” kata Putin.

Pertemuan Assad dan Putin berlangsung di Sochi, salah satu destinasi wisata terpopuler di Rusia.

Dalam pertemuan teranyarnya dengan Putin, Assad berterima kasih atas bantuan militer Rusia. Assad juga menggambarkan upaya penyelesaian politik yang mencakup amandemen Konstitusi Suriah.

Sementara itu, Putin memberikan selamat kepada Assad karena berhasil “membersihkan” area di sekitar ibu kota Damaskus, dari apa yang disebutnya teroris, sebagaimana dikutip dari laman Liputan6 (18/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Presiden Assad Lakukan Lawatan Mengejutkan ke Rusia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s