Israel Gunakan F-35 untuk Bertempur

F-35 Adir (The Drive)
F-35 Adir (the Drive)

Israel adalah negara pertama di dunia yang melakukan “serangan operasional” dengan pesawat jet tempur siluman F-35. Hal ini disampaikan komandan Angkatan Udara Israel (IAF) Mayor Jenderal Amikam Norkin pada hari Selasa (22/ 05).

“Pesawat Adir sudah beroperasi dan terbang dalam misi operasional. Kami adalah yang pertama di dunia yang menggunakan F-35 dalam kegiatan operasional,” katanya.

IAF melalui Twitter merinci bahwa serangan dengan jet tempur siluman generasi kelima itu dilakukan terhadap wilayah Suriah dengan target basis-basis militer Iran.

“Komandan IAF, Mayor Jenderal Amikam Norkin, mengomentari peristiwa di Suriah; ‘Orang-orang Iran menembakkan 32 roket, kami mencegat 4 dari mereka dan sisanya jatuh di luar wilayah Israel. Dalam serangan balasan kami, lebih dari 100 rudal ground-to-air ditembakkan ke pesawat kami’, tulis IAF via akun @IDFSpokesperson.

Dalam sebuah konferensi di Herzliya, Norkin merinci bahwa 32 roket yang ditembakkan Iran dengan target wilayah Israel itu terjadi awal bulan ini setelah basis-basinya di Suriah dibombardir jet-jet tempur IAF.

Setelah berbulan-bulan bersitegang, Israel dan Iran secara langsung berkonfrontasi dengan Suriah sebagai medan tempur pada 11 Mei 2018 lalu.

Pada saat itu, Israel mengatakan pasukan Iran menembakkan 20 roket ke posisi Pasukan Pertahanan Israel (IDF) di Dataran Tinggi Golan. Empat roket yang ditujukan ke Israel ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Iron Dome, sedangkan sisanya meledak di wilayah Suriah.

Serangan 20 roket Teheran itu dibalas dengan serangan rudal secara besar-besaran oleh militer Israel dalam semalam. Lusinan  target militer dan logistik Iran di Suriah jadi target.

Militer Israel menuduh serangan 20 roket itu dilakukan pasukan Quds dari Garda Revolusi Islam dan komandannya, Mayor Jenderal Qassem Soleimani, terhadap Dataran Tinggi Golan yang dikuasai Israel.

Serangan balasan besar-besaran Israel ke basis-basis Iran dilaporkan memakan banyak korban jiwa. Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia melaporkan 23 milisi tewas dalam serangan tersebut.

Israel mengklaim tak ada pesawat tempurnya yang terkena serangan Iran maupun Suriah. Sebaliknya, Israel mengaku menyerang lima baterai sistem rudal anti-pesawat Suriah dan semuanya hancur.

Menurut analis militer senior Haaretz, serangan itu merupakan pukulan berat bagi pasukan antipesawat rezim Presiden Bashar al-Assad. Angkatan Udara Israel mengatakan lima baterai sistem pertahanan anti-pesawat milik tentara Suriah yang diserang Israel di antaranya; SA-22, SA-2, SA-5 dan SA-17, sebagaimana dilansir dari laman Sindonews (22/ 05).

Iklan

16 tanggapan untuk “Israel Gunakan F-35 untuk Bertempur”

  1. Ohhh Ini Ceritanya Kaya Kantong Jrigen F-16 Tho. Awas ntar Kesambit Burung Bangau Lagi. Mending Pake Aja Itu Drone Stealth Kaya Kemaren.

    Suka

  2. Isis sudah tersengkir muncul biangnya nyerang suriah langsung…proxy war nyata..papua itu proxy sdh byk berkibar bendera israel dipapua

    Suka

  3. Kebiasaan israel yaaa ngeles dan tipu2 doang, sama bangau aja KO apalagi sama rudal? Seandainya dipakai Paling itu nembaknya dari jarak 100 km alias masih diwilayah israel

    😎

    Suka

  4. ZIONIS Ada dimana – mana, F35S = Isrohel / Zionis tak ada lawang.
    Bung Jimmy jika F.35 vs Su.35 mana yang menang kira- kira kalau Dog Fight jarak jauh

    Suka

  5. bung alone soory saya nimbrung. jelas SU-35 dog fight sejati, karena generasi sukhoi adalah pesawat super manuverbility, sedangkan F-35 tipe pesawat manja yg gak di buat untuk duel maut di garis depan, sekedar mengandalkan radar dan BVR missle (hit n run).

    Disukai oleh 1 orang

  6. W (wartawan) : Mbah putri kok anaknya 15, memang dulu nggak ikut KB?

    IMB (istri mbah bowo) : Ya ikut dek (sambil ngunyah-ngunyah daun sirih)…dari jaman pak harto dulu…pyuhhh (suara dubang dilepeh ke lantai)

    W : Tapi kok anaknya bisa njrudul gitu to mbah…(sambil garuk-garuk yg gatel)?

    IBM : Ya bisaaaaaa…lha wong pil KB nya baru masuk kerongkongan, tangannya Mbah Bowo udah nurunin cawet sampe bawah dengkul dek (sambil tersipu malu)

    W : Hadeh…tuo-tuo ngrathil juga mbah bowo ini

    Suka

  7. Serangan masif yang dilakukan Israel dengan 28 pesawat tempur jika melibatkan F-35 sekalipun justru tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan F-16/F-15… karena menyerang dari wilayah Israel, dan justru jika memang dianggap mumpuni, itu adalah rudalnya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s