Angkatan Laut Rusia Berhasil Uji Coba Rudal ICBM

Rudal ICBM Rusia 1
Rudal ICBM Rusia (Istimewa)

Angkatan Laut Rusia mengatakan kapal selam bertenaga nuklirnya berhasil menguji coba empat rudal balistik antarbenua, ICBM, di pantai barat laut negara itu.

Angkatan Laut Rusia melanjutkan, uji coba ICBM dilakukan pada Selasa, 22 Mei 2018, dari kapal selam Yury Dolgoruky.

“Pada 22 Mei, kapal selam nuklir strategis Proyek 955 kelas Borei, Yuri Dolgoruky, sukses melakukan uji coba peluncuran empat rudal balistik Bulava dari daerah yang ditentukan di Laut Putih ke sasaran di kisaran Kura di Semenanjung Kamchatka,” demikian pernyataan Angkatan Laut Rusia, seperti dilansir TASS pada 22 Mei 2018.

Pernyataan itu menambahkan, uji coba juga untuk memastikan kesiapan tempur kapal selam strategis Project 955 Borei dan sistem rudal Bulava.

Peluncuran tes Bulava sebelumnya dari kapal selam Yuri Dolgoruky dilakukan pada 26 Juni 2017 dari Laut Barents dan peluncuran salvo eksperimental dari dua rudal tersebut dilakukan pada 27 September 2016.

Angkatan Laut menyebutkan hulu ledak tiruan yang dibawa rudal ICBM mencapai target mereka di sisi yang berlawanan dari Rusia di lapangan tembak Kura di Semenanjung Kamchatka, yang jauh di timur.

Latihan ini menandai peluncuran simultan pertama dari empat rudal Bulava yang dapat membawa beberapa hulu ledak nuklir dan memiliki jangkauan hingga 9.300 kilometer.

Yury Dolgoruky adalah salah satu dari tiga kapal selam kelas Borei baru di Angkatan Laut Rusia. Lima kapal selam lain sedang dibangun untuk menggantikan beberapa kapal selam tua dari era Uni Soviet secara bertahap, sebagaimana dilansir dari laman Tempo (23/ 05).

Editor: (D.E.S)

Iklan

10 tanggapan untuk “Angkatan Laut Rusia Berhasil Uji Coba Rudal ICBM”

  1. Мы Вдим Риядущее Нашей Страны Икрасному Знамени Славной Очизни Мы Будем Всегда Безаветно Верный

    Suka

  2. Йцукенгшщзхэждлорпавыфячсмитьбю.صثقفعخحچجحعقشیاممکودزطفتحقت

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s