Saling Bertukar Keterampilan Militer TNI-AD dan AD Australia dalam Gelaran JOCIT-I

Saling Bertukar Keterampilan Militer TNI-AD dan AD Australia dalam Gelaran JOCIT-I

Latma Junior Officer Combat Instructor Training – Indonesia (JOCIT – I) dilaksanakan dengan lancar, sukses dan penuh semangat di Pusat Pendidikan Infantri (Pusdikif), Cipatat pada 9 hingga 21 April lalu.

Tujuan utama JOCIT-I adalah memperkuat kerjasama bilateral antara TNI-AD dan AD Australia melalui pembinaan profesional untuk para perwira muda dan bintara dalam bidang: Pertempuran di daerah perkotaan (Military Operations in Urban Terrain (MOUT)); Teknik Menembak Jarak Dekat (Close Quarter Shooting Techniques (CQST)); Pertempuran malam hari dan pertolongan pertama untuk korban lapangan (night fighting operations and Care of the Battle Casualty (CBC)). Tahun 2018 adalah kali pertama diadakan latihan tempur malam hari. Penambahan latihan ini membuktikan kemajuan hubungan bilateral antara dua negara sahabat.

19 instruktur AD Australia dari Combat Training Centre (CTC) – Jungle Training Wing (JTW) bekerja sama dengan instruktur dari Pusdikif untuk melaksanakan pelatihan kelas dunia. Adanya kolaborasi antara instruktur CTC-JTW dan Pusdikif menghasilkan jadwal latihan militer yang produktif selama dua minggu.

Saling Bertukar Keterampilan Militer TNI-AD dan AD Australia dalam Gelaran JOCIT-I 1

Seperti tahun-tahun yang lalu, JOCIT-I melakukan pelatihan MOUT untuk peserta TNI-AD, yang melibatkan 96 peserta berpangkat serda hingga kapten. Selain itu terdapat pelatihan TRUEGRIT yang merupakan kegiatan kelompok yang sangat baik untuk menghasilkan kerjasama antara instruktur dan peserta kedua angkatan darat dalam menanggulangi rintangan fisik yang dilaksanakan di Pusdikif.

Disamping berbagi keterampilan operasional, JOCIT-I adalah kesempatan yang sangat baik bagi kedua anggota pasukan untuk menjalin persabahatan, bersosialisasi dan saling belajar yang menciptkan dan memupuk hubungan bilateral kedua angakatan kita.  Kegiatan pelatihan bersama seperti ini diharapkan dapat membantu di masa depan dengan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Australia saat menghadapi ancaman bersama.

Pelatihan JOCIT-I tahun ini dibarengi dengan kunjungan resmi ke Pusdikif oleh Kolonel Matthew Richardson yang didampingi oleh Regimental Sergeant Major (RSM) Sertu Darat Mark Retallick. Puncak latihan mendemonstrasikan keterampilan tingkat tinggi secara taktik, teknik dan prosedur yang hebat melibatkan kombinasi mendekati, menyerbu dan melumpuhkan sasaran pada berbagai tingkat kerumitan, dilakukan secara tempur berjalan kaki dan bermekanis.

Usai pelatihan JOCIT-I 2018, ada keperluan yang sangat sulit dan berat, yaitu memilih 34 prajurit yang terbaik antara 96 para peserta. Para prajurit yang dipilih akan menjalankan latihan mereka di Australia. Danpussenif, MAYJEN TNI Suwahardi dihormati dengan kesempatan untuk memasang brevit JOCIT-I di seragam para peserta TNI AD masing-masing dalam upacara penutupan.Tujuan JOCIT-Australia akan menjadi cara pertemuran gabungan, cara pertempuran mekanis yang akan dilaksanakan di Tully, Line Creek Junction dan Townsville pada tanggal 1 – 14 Juli. Tim CTC dengan senang hati menantikan kedatangan sahabat dan saudara TNI AD di Australia.Usai pelatihan JOCIT-I 2018, merupakan tahap yang sulit dan berat untuk memilih 34 peserta terbaik dari 96 peserta yang akan melanjutkan pelatihan JOCIT di Australia. DANPUSSENIF, Mayjen TNI Suwahardi mendapatkan kehormatan untuk menyematkan brevet untuk seluruh peserta TNI-AD saat upacara penutupan JOCIT-I.

Fokus utama JOCIT-Australia adalah Combined Arms, Mechanised Urban Package yang akan diselenggarakan di Tully Training Area (TTA) dan Line Creek Junction (LCJ), Townsville yang direncanakan diadakan pada tanggal 1-14 Juli. CTC menantikan untuk menyambut sahabat-sahabat barunya saat berkunjung untuk mengikuti latihan bersama JOCIT-A, sebagaimana dilansir dari laman Ikahan.

All photos : Saling Bertukar Keterampilan Militer TNI-AD dan AD Australia dalam Gelaran JOCIT-I (Ikahan)

Editor: (D.E.S)

 

Iklan

3 tanggapan untuk “Saling Bertukar Keterampilan Militer TNI-AD dan AD Australia dalam Gelaran JOCIT-I”

  1. Mbok coba VDV diminta nyiapin anggaran buat latma sama Linud kita dek jimmy…hhh

    #yen ono duite, tur ra kikrik

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s