Turki Mungkin Beli Su-57 Rusia, Jika Pengiriman F-35 Ditangguhkan

Laporan media Turki tentang kemungkinan pembelian pesawat tempur Su-57 Rusia dan bukannya F-35 AS didasarkan pada pendapat para ahli dan tidak mencerminkan posisi resmi Ankara, ungkap sumber di sekretariat industri pertahanan Turki.

Pada hari Minggu, media Yeni Safak melaporkan Turki dapat membeli jet tempur Su-57 jika Amerika Serikat memblokir pengiriman F-35 akibat keputusan Ankara membeli sistem pertahanan udara S-400 Rusia, sebagaimana dilansir dari laman Sputnik (28/ 05).

“Laporan itu didasarkan pada pendapat para ahli. Kami tidak dapat memastikannya. Publikasi semacam itu tidak mencerminkan posisi resmi pemerintah,” kata sumber itu.

Pada bulan Desember 2017, Rusia dan Turki menandatangani perjanjian pinjaman untuk memasok sistem pertahanan udara S-400 ke Ankara. Berdasarkan pernyataan sekretariat industri pertahanan Turki, dua baterai S-400 akan dioperasikan dan melayani militer Turki.

Pada pertengahan April, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Eropa dan Eurasia Wess Mitchell mengatakan pembelian Ankara terhadap sistem rudal pertahanan udara S-400 dari Rusia dapat berdampak negatif terhadap pengiriman jet tempur F-35 generasi kelima ke Turki.

Selain itu, sekelompok senator yang terdiri dari Republik dan Demokrat ingin memblokir pasokan F-35 ke Ankara karena penangkapan Pendeta AS Andrew Brunson, yang diadili atas tuduhan membantu kelompok teroris.

Photo: Su-57 (Marina Lystseva via the youngster)

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Turki Mungkin Beli Su-57 Rusia, Jika Pengiriman F-35 Ditangguhkan”

  1. Gara” pendeta teroris ditangkap diblokir,ya iyalah wong misionaris cia,standar ganda naruh proxy dinegara orang buat rusuh,persenjatai milisi oposisi,bikin propaganda anti pemerintah,sentimen kesukuan,pokoknya klo pemerintah gak sejalan dengan policy usa bersiap sj perang saudar.
    Masak kagak ngerti juga kerja iblis” itu

    Suka

  2. @belgedes kalo anda bilang mision*ris ada yg agen cia, berarti pemuka agama yg di suriah jg ada yg agen cia nyamar. lalu apakah yg di mari jg ada yg begitu??? melakukan misi proxy????????

    mungkin mbah mien bisa jelaskan

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s