Belgia dan Belanda Patungan Beli 16 Unit Kapal Perang Buatan DSNS

Belgia bersama Belanda sepakat untuk bersama-sama membeli 16 kapal perang militer seharga sekitar 4 miliar euro (sekitar Rp 65,6 triliun).

Dilansir dari kantor berita Kompas (9/6), Kesepakatan tersebut tercapai usai ditandatanganinya nota kesepahaman prosedur pembelian antara Menteri Pertahanan Belanda Ank Bijleveld dengan Menteri Pertahanan Belgia Steven Vandeput usai pertemuan NATO di Brussels, Jumat (8/6).

Melansir dari AFP, kesepakatan tersebut untuk pembelian empat kapal fregat, yakni kapal perang pengawal berukuran sedang, yang akan dibangun di Belanda. Selain itu, mereka juga sepakat membeli 12 unit kapal pemburu ranjau.

Sebanyak 16 kapal tersebut akan dibagi sama rata di antara kedua negara.

Penawaran pembelian kapal perang telah disampaikan kepada perusahaan pembuatan kapal Belanda, DSNS dan grup Perancis, Thales, yang berafiliasi dengan Belanda. Demikian diberitakan kantor berita Belanda, ANP.

Sementara untuk perusahaan di Belgia, saat ini tengah dipertimbangkan sejumlah kandidat yang akan diputuskan pada akhir tahun ini.

“Beberapa kandidat saat ini telah dipilih. Keputusan akan dibuat pada akhir tahun ini,” kata juru bicara menteri Belgia, Laurence Mortier, kepada AFP.

Ditargetkan kapal-kapal perang baru tersebut sudah akan dikirim mulai pada tahun 2023.

Selain Belgia dengan Belanda, angkatan laut negara-negara tetangga juga diketahui telah menjalin kerja sama selama lebih dari setengah abad. Kerja sama yang dilakukan terutama dalam hal menjaga perdamaian dan pertahanan.

Photo: Allal Ben Abdellah is a SIGMA-class frigate of 98 meters in length; it was built by Damen Schelde Naval shipbuilding for the Royal Moroccan Navy in 2012. (heinenhopman.com)

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “Belgia dan Belanda Patungan Beli 16 Unit Kapal Perang Buatan DSNS”

  1. Wow….16 kapal selesai dalam waktu 5 taon.menakjubkan……..!!!!!! Tiongkok 1 kapal 3 taon.betul2 bangsa pemalasss kya tetangga sebelah.yg hobinya netek sma induk semangnya.

    Suka

  2. Waduh, kalo gini mbah mien jadi samar…pilih iver, arrowhead140 (kloningannya iver) apa M class replacement (buatan damen) hhh

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s