EMBT, Menggabungkan Chassis Leopard 2 dengan Turret Leclerc 120mm

Industri Perancis dan Jerman secara tak terduga meluncurkan konsep Euro Main Battle Tank (EMBT) baru di Eurosatory. Ini merupakan upaya pertama mereka dalam menggabungkan teknologi nasional untuk mengembangkan a next-generation pan-European tank.

Dilansir dari laman Shephard (11/ 6), EMBT telah dikembangkan oleh KNDS – sebuah perusahaan gabungan antara Jerman Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dan perusahaan Prancis Nexter – yang menggabungkan chassis Leopard 2 dengan turret Leclerc 120mm.

Pejabat dari KNDS mengatakan bahwa upaya pengembangan telah berlangsung sejak Januari 2017, dimana platform prototipe melakukan uji coba penembakan langsung sebulan yang lalu.

“Ini adalah langkah pertama untuk memiliki produk umum dari Nexter dan KMW,” kata Rudolf Neuhaus, manajer proyek untuk EMBT untuk KMW. “Ini adalah demonstrator tetapi langkah selanjutnya adalah memiliki prototipe atau produksi pra-seri.”

KNDS - sebuah perusahaan gabungan antara Jerman Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dan perusahaan Prancis Nexter - yang menggabungkan chassis Leopard 2 dengan turret Leclerc 120mm. (Istimewa)
KNDS – sebuah perusahaan gabungan antara Jerman Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dan perusahaan Prancis Nexter – yang menggabungkan chassis Leopard 2 dengan turret Leclerc 120mm. (Istimewa)

Tim gabungan Nexter-KMW kini telah dibentuk, yang akan masuk ke analisis yang lebih rinci tentang integrasi teknologi Perancis-Jerman.

“Ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa kita sekarang bekerja bersama,” kata Francois Groshany, kepala program lapis baja Nexter.

Dia menambahkan bahwa karena Leclerc memiliki fitur autoloading turret yang lebih ringan, dibandingkan dengan Leopard 2 yang dimuat secara manual, EMBT lebih ringan dan memiliki a growth potential of around 6t (10% dari EMBT’s 60t GVW).

Upaya ini telah didanai oleh KNDS dan bukan program pemerintah Jerman atau Perancis. Pekerjaan yang dilakukan pada demonstrator diharapkan untuk menginformasikan persyaratan teknologi dan kerjasama untuk MBT masa depan yang akan memasuki layanan di tahun 2030-an.

Pemerintah Jerman dan Perancis saat ini sedang mempelajari MBT bersama baru di bawah program yang dikenal sebagai Mobile Ground Combat System (MGCS).

“Kami dapat mengembangkan dan mengkualifikasikan ini di rentang waktu antara MGCS,” kata Groshany, yang menyebut EMBT sebagai ‘produk peluang’ untuk mengukur minat operasional serta minat strategis dalam proyek pan-Eropa.

Untuk EMBT, salah satu tantangan utama adalah mengintegrasikan antarmuka elektronik dan mekanik antara turret dan chasis. “Itu tidak mudah … ada banyak usaha rekayasa di sisi sasis,” kata Neuhaus, berbicara kepada Shephard di Eurosatory.

Chasis ini didasarkan pada varian A7 terbaru dari Leopard 2, dengan uji coba mobilitas lengkap dengan turret Leclerc yang terintegrasi.

Dia menambahkan, ini adalah batas mengenai seberapa banyak teknologi dapat dibagi antara kedua negara, karena undang-undang Jerman. “Ini adalah batas yang bisa kami tempuh … karena hukum Jerman kami tidak dapat bertukar teknologi.”

KMW dan Nexter bergabung untuk membentuk perusahaan patungan pada tahun 2015.

Photo: KNDS – sebuah perusahaan gabungan antara Jerman Krauss-Maffei Wegmann (KMW) dan perusahaan Prancis Nexter – yang menggabungkan chassis Leopard 2 dengan turret Leclerc 120mm. (Shephard)

Editor: (D.E.S)

Iklan

7 tanggapan untuk “EMBT, Menggabungkan Chassis Leopard 2 dengan Turret Leclerc 120mm”

  1. Jerman pernah mengungkapkan ketika kaliber dari meriam akan lebih efektif dan meningkat kemampuannya secara signifikan… dari 120 ke 130 akan meningkatkan kemampuan cukup signifikan tetapi dengan membawa masalah baru, mungkin amunisinya akan terlalu berat untuk di tangani secara manual loader dan jelas memerlukan sistem auto loader…
    Sistem ini jelas akan meninggalkan USA yang masih berkutat dengan sisitem Manual Loader pada Abrams…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s