Di Afghanistan, Black Hawk Kalah dari Mi-17

Helikopter Black Hawk dinilai kurang mampu untuk beberapa misi yang dilakukan oleh Angkatan Udara Afghanistan dibandingkan dengan helikopter buatan Rusia yang mereka gantikan, ungkap inspektur Jenderal Pentagon.

Dilansir dari laman Bloomberg (14/ 06), ini dimulai enam tahun yang lalu, ketika anggota parlemen mulai mendorong AS untuk berhenti membeli Mi-17 yang dijual oleh Rosoboronexport, eksportir senjata milik negara Rusia, mengingat intervensi Presiden Vladimir Putin di luar negeri.

Militer Afghanistan, yang saat ini bekerja keras untuk mengembangkan kemampuan Angkatan Udaranya, telah menerbangkan helikopter buatan Rusia sejak tahun 1980-an.

Black Hawk soars over clouds
Blackhawk AS (Istimewa)

Transisi ke Black Hawk yang dibuat oleh Lockheed Martin Corp’s Sikorsky Aircraft unit “menyajikan beberapa tantangan yang belum sepenuhnya ditangani,” tulis Inspektur Jenderal Pentagon Glenn Fine dalam penilaian kuartal terbaru dari pengeluaran AS di Afghanistan.

Laporan ini diposting pada bulan Mei, bulan yang sama ketika Black Hawk pertama kali diterbangkan dalam operasi Afghanistan oleh angkatan udara yang baru lahir.

“Black Hawk tidak memiliki kemampuan angkat” dibandingkan helikopter Rusia, tulis Fine.

Helikopter juga “tidak dapat menampung beberapa kargo yang lebih besar yang bisa dibawa oleh Mi-17, dan secara umum dibutuhkan hampir dua Black Hawk untuk membawa beban Mi-17 tunggal,” kata Fine.

“Tidak seperti Mi-17, Black Hawk tidak dapat terbang pada high elevations, dengan demikian, tidak dapat beroperasi di daerah terpencil di Afghanistan, tempat Mi-17 beroperasi.”

Photo Ilustrasi: Mi-17 TNI AD dalam Lattis Ancab 2017 (Kostrad)

Editor: (D.E.S)

Iklan

5 tanggapan untuk “Di Afghanistan, Black Hawk Kalah dari Mi-17”

  1. Suatu saat ketika USA meninggakjab Afganistan, maka Black Hawk ini bakalan mati suri dengan sendirinya…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s