Senat AS Sahkan Larangan Jual F-35 ke Turki

Senat AS dilaporkan mengesahkan peraturan yang melarang penjualan jet tempur F-35 ke Turki.

Diwartakan Radio Free Europe Selasa (19/ 06), Senat telah membahas undang-undang tersebut pada Senin (18/ 06), dan lolos dengan perbandingan suara 85-10, sebagaimana dilansir dari laman Kompas (19/ 06).

House of Representatives lebih dahulu mengesahkan peraturan sejenis. Kini, Senat dan House bakal menggabungkan aturan mereka sebelum menyerahkan ke Presiden Donald Trump.

Baik Senat dan House berusaha memblokir penjualan jet tempur generasi kelima tersebut setelah Turki membeli sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.

Senat bakal mencegah pengiriman hingga memastikan Trump menyatakan bahwa Turki tidak akan membeli peralatan tempur dari Rusia.

F-35 merupakan jet tempur multiperan bermesin tunggal, yang diklaim merupakan program sistem utama persenjataan termahal yang dibuat AS. Sebab, hingga masa program berakhir pada 2070 mendatang, AS total harus mengeluarkan dana sebesar 1.508 triliun dolar AS.

Pesawat dengan kecepatan maksimal hingga 1,6 Mach, setara dengan 1.960 km per jam tersebut menuai kritikan baik dari AS maupun sekutunya. Sebab, harga pesawat tersebut dianggap sangat mahal, yakni mencapai 100 juta dolar, atau sekitar Rp 1,4 triliun, per unit.

Turki dilaporkan telah melakukan pemesanan 100 jet tempur siluman itu dari pabrikan Lockheed Martin, dan sudah membayar 800 juta dolar AS, setara Rp 11 triliun.

Adapun Turki telah menjalin kesepakatan pembelian sistem rudal berharga 400 juta dolar, sekitar Rp 5,5 triliun, per unit dari Moskwa sejak 2016.

Pembelian sistem pertahanan yang bisa merontokkan sasaran dari jarak 400 kilometer itu menuai reaksi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO). NATO telah memperingatkan Turki sebagai anggota bahwa S-400 tidak sesuai dengan sistem pertahanan mereka. Namun, Ankara tetap melanjutkan pembelian.

“Kami membeli S-400 tidak hanya untuk disimpan di gudang. Kami akan menggunakannya apabila dibutuhkan,” kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Photo: F-35 (Sputnik)

Editor: (D.E.S)

Iklan

8 tanggapan untuk “Senat AS Sahkan Larangan Jual F-35 ke Turki”

  1. Gak usah terima F-35. Lagian pesawat masih banyak kekurangan gitu kok mau diterima-_- pesawat mahal doang tp jelek. Mending beli Su-35

    Mintain duitnya lagi tuh dari amerika

    Suka

  2. Turki itu anggota nato apalagi indonesia cm non blok…mau lebih canggih dari fpda selamat bermimpi.

    Amerika bolehkan beli pespur supaya indonesia tidak mudah ditaklukan atau di rangkul china itu saja,klo spek ya jelas di bwh fpda

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s