Filipina Percepat Modernisasi Alutsista

Presiden Filipina Rodrigo Duterte telah memberikan persetujuan kepada Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) untuk mengembangkan rencana pengadaan berbagai peralatan pertahanan di bawah program modernisasi ‘Second Horizon’, yang berjalan tahun 2018-2022.

Dilansir oleh Lancer Defense dari laman Janes (21/ 06), Philippines News Agency (PNA) yang dikelola negara melaporkan pada 20 Juni bahwa program ‘Second Horizon’ telah dialokasikan “kira-kira PHP300 miliar” (USD5.6 miliar) dan mencakup pengadaan berbagai platform militer taktis termasuk pesawat tempur multiperan dan kapal selam diesel listrik.

Juru bicara Departemen Pertahanan Nasional (DND) Arsenio Andolong dikutip oleh PNA mengatakan Duterte telah menyetujui program pendanaan, yang juga mencakup jadwal yang dipercepat untuk pengadaan kapal selam. Ini awalnya dijadwalkan untuk ‘Third Horizon’ tahun 2023-2027, tetapi sekarang telah bergerak maju, kata Andolong. “Ini tidak termasuk dalam ‘Third Horizon’ lagi,” katanya. “Ini telah didorong ke ‘Second Horizon’ [dan pengadaan] harus dipelajari.”

Sementara Andolong tidak menyatakan alasan untuk perubahan jadwal, pejabat Angkatan Laut Filipina (PN) telah menegaskan perlunya mempercepat pengadaan kapal selam mengingat tren yang berkembang di Asia Tenggara untuk meningkatkan kemampuan perang bawah permukaan sebagai bagian dari upaya mengamankan wilayah lepas pantai .

Pejabat Angkatan Laut Filipina mengatakan bahwa layanan tersebut membutuhkan setidaknya dua kapal selam dan bahwa pengadaan dimulai pada tahun 2015 melalui isu permintaan informasi awal (request for information/ RFI).

Angkatan Laut Filipina juga telah mendirikan kantor kapal selam, sebagai bagian dari proses perencanaan, sedang meninjau desain kapal selam kontemporer dan menyusun konsep operasi.

Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana juga menegaskan pada 2017 bahwa kapal selam kelas Kilo buatan Rusia adalah salah satu platform yang sedang dipertimbangkan.

Photo: The Russian-made Kilo-class submarine is regarded as a possible procurement under the Armed Forces of the Philippines’ ‘second horizon’ modernisation programme. Source: Russian MoD 

Editor: (D.E.S)

Iklan

6 tanggapan untuk “Filipina Percepat Modernisasi Alutsista”

  1. Kayanya untuk pespurnya belinya nambah f50ph buatan korsel, untuk kaselnya bữatan china (kw kilo class).ngikutin thailand beli 2 gratis 1.

    Suka

  2. @hendra gak mungkin spertinya philipina beli kilo kw ke china, sebab ada kles di laut china. kalupun beli kilo pasti dari sales ROSBOROSREPOT dek Jimmny Silviani

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s