Prancis Memimpin Program Jet tempur Bersama Dengan Jerman

Prancis akan memimpin pengembangan jet tempur next generation dengan Jerman di bawah perjanjian yang ditandatangani keduanya pada hari Selasa (19/ 06), ungkap kementerian pertahanan Prancis.

Dilansir Lancer Defense dari kantor berita Reuters (20/ 06), Jet tempur baru ini dimaksudkan untuk menggantikan Dassault Aviation (AVMD.PA) Rafales dari Perancis dan Eurofighters dari Jerman pada tahun 2040, yang dibuat oleh konsorsium Eropa.

Perjanjian Prancis-Jerman menyerukan agar proyek itu dimulai sebelum akhir tahun, dimulai dengan fase studi, menurut rilis kementerian.

Selain mampu bertindak sendiri, pesawat baru diharapkan berada di pusat sistem persenjataan yang lebih luas, yang mampu memimpin skuadron pesawat tak berawak.

Dassault dan Airbus (AIR.PA), anggota konsorsium Eurofighter, menandatangani perjanjian pada bulan April untuk bekerja sama dalam proyek baru, tetapi keduanya menghindari mengatakan pihak mana yang akan bertanggung jawab.

Fakta bahwa Prancis sekarang di posisi driving seat proyek akan mendukung Dassault untuk berkuasa karena sebagian besar kegiatan pertahanan Airbus berada di Jerman.

“Mengembangkan pesawat tempur multi-peran next generation untuk Perancis dan Jerman yang terintegrasi dalam jaringan sistem senjata adalah isu besar bagi otonomi strategis Eropa,” kata Chief Executive Dassault Eric Trappier dalam sebuah pernyataan.

Anggota lain dari konsorsium Eurofighter adalah kelompok pertahanan Inggris BAE Systems (BAES.L) dan Leonardo Italia (LDOF.MI).

Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Emmanuel Macron setuju untuk bersama-sama mengembangkan pesawat baru, mengubur persaingan masa lalu dalam mendukung kerjasama pertahanan yang lebih ketat.

Pengembangan Tank Tempur Prancis – Jerman

Pada hari Selasa, Prancis dan Jerman juga sepakat bahwa Jerman akan memimpin proyek bersama untuk mengembangkan tank tempur baru dengan fase pertama dari program yang akan diluncurkan pada pertengahan 2019. Tujuannya adalah agar tank beroperasi pada tahun 2035.

Kedua negara juga menandatangani perjanjian untuk sistem artileri masa depan bersama dan berencana meluncurkan satelit militer Perancis-Jerman.

Photo: Eurofighter Typhoon (L) and a Dassault Rafale are seen at the ILA Air Show in Berlin, Germany, April 26, 2018. REUTERS

Editor: (D.E.S)

Iklan

2 tanggapan untuk “Prancis Memimpin Program Jet tempur Bersama Dengan Jerman”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s