BPPT Siapkan Rekomendasi Teknologi di Tiga Bidang Teknologi

 

Ban Pesawat
Ban Pesawat (Istimewa)

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) siap menyusun rekomendasi (outlook) di bidang teknologi industri pertahanan, kebencanaan dan teknologi material dari Kongres Teknologi Nasional (KTN) yang akan digelar pada tanggal 17-19 Juli 2018.

Dilansir dari laman Berita Satu (22/ 06), Kepala BPPT, Unggul Priyanto, mengatakan, pihaknya berharap dalam KTN hendaknya bisa dirumuskan berbagai kebijakan strategis di bidang pertahanan, kebencanaan dan material.

“Alutsista kita perlu kemandirian. Secanggih apapun teknologi pertahanan dan keamanan (Hankam) kalau bergantung dari luar negeri akan menjadi masalah,” kata Unggul seusai acara launching KTN 2018, di Jakarta, Jumat (22/ 06).

Menurut Unggul, teknologi hankam perlu kemandirian dalam negeri seperti tank, pesawat tempur hingga pesawat tanpa awak (drone).

Sementara itu, untuk bidang kebencanaan, sistem peringatan dini dan teknologi mitigasi bencana juga harus ditingkatkan. Apalagi Indonesia merupakan negara yang rawan bencana gempa bumi, tsunami dan bencana hidrometeorologi.

“Di Jepang sistem peringatan dini, latihan evakuasi bagi masyarakat merupakan hal yang biasa. Tapi di kita masih belum,” ucap Unggul.

Hal lain yang juga penting dirumuskan di KTN adalah standarisasi bangunan tahan gempa. Rekomendasi ini penting bagi pemerintah dan masyarakat.

Di bidang material, Indonesia perlu bangkit dan mengolah bahan baku dengan memberi nilai tambah. Hal ini bisa mengurangi impor bahan baku. Lambat laun, kemandirian dan daya saing Indonesia akan meningkat.

Saat ini, BPPT sudah mengembangkan, karet alam untuk dibuat ban pesawat dan air rubber bag. “Kita punya banyak material berharga seperti timah, logam tanah jarang, yang bisa diberi nilai tambah,” ujarnya.

Gelaran KTN 2018 lanjutnya, diharapkan memperkuat peran dan eksistensi teknologi dalam mendukung pengembangan industri nasional, peningkatan daya saing dan kemandirian bangsa.

Editor: (D.E.S)

Iklan

3 tanggapan untuk “BPPT Siapkan Rekomendasi Teknologi di Tiga Bidang Teknologi”

  1. Sekarang teknologi byk pakai IR dan thermal,cb kembang teknologi tersebut,byk berguna buat sipil dan militer,buat baju anti IR dan thermal supaya bs digunakan oleh pasukan khusus.

    Mosok mesti pakai lumpur waktu perang kota

    Suka

  2. Semoga sukses deh acaranya
    Yang penting ada output nya..
    Jangan banyak rencana saja kl menurut saya.
    Untuk yang mau pilpres harusnya hal2 seperti ini yg diangkat
    Supaya elektabilitas naik, saya yakin banyak yg mendukung kok
    Asal jangan banyak nyinyir saja, jangan pakai fitnah2 receh buat ngangkat elektabilitas.
    Hwehehe

    Suka

  3. Negara 1001 slogan.tiap bulan printing spanduk.dipajang didepan pagar/pintu kantor.slogan,motto…ato entah apa namanya.tpi nggak pernah dilaksanakan.”Bangga membangun ……”!!!!!..tpi anggaran APBD defisit.jalanan ibu kota prov seperti jalanan kampung.hadewwww

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s