Tiga Senjata Warisan Uni Soviet yang Masih Digunakan Rusia

Senjata-senjata warisan Uni Soviet bagi Rusia ini melegenda karena pernah menjadi malapetaka dalam bermacam-macam konflik berdarah, termasuk di Afganistan dan Chechnya. Meski sudah sepuh, senjata-senjata ini ternyata masih digunakan oleh militer Rusia dalam sejumlah konflik bersenjata. 

Masing-masing senjata artileri ini masih dapat ditemukan di badan-badan pesawat terbang atau kapal dan sepertinya posisi mereka tak tergantikan berkat keandalan dan kekuatan tembakan mereka.

Berikut tiga senjata malapetaka warisan Uni Soviet yang masih digunakan tentara Rusia, seperti dikutip dari media terafiliasi pemerintah Rusia RBTH Indonesia, Rabu (20/6/2018).

GSh-301

1.Gryazev-Shipunov GSh-30-1

Meriam otomatis 30 mm ini dipasang di hampir semua jet tempur modern Rusia, mulai dari MiG-29 hingga Su-57 yang berteknologi mutakhir.

Ini adalah meriam berlaras tunggal yang mampu menembakkan 1.800 peluru per menit. Tiga proyektil semacam ini bahkan cukup untuk menjatuhkan pesawat atau kendaraan lapis baja musuh.

Jarak tembak efektif senjata ini terhadap target udara adalah 800 meter. Selama baku tembak dengan target udara, jarak ini lebih dari cukup. Sementara terhadap target darat, proyektil tersebut efektif menghancurkan peralatan musuh pada jarak hingga 1.800 meter.

GSh-23L cannon

2.GSh-23

Ini adalah meriam 23 mm berlaras ganda yang dikembangkan pada pertengahan tahun 60-an terutama untuk pesawat-pesawat strategis dan helikopter tempur.

Sistem kerjanya didasarkan pada teknologi Jerman yang dikembangkan Karl Gast dan perusahaannya.

Mekanisme pemuatannya yang istimewa memungkinkan senjata ini menembak dua kali lipat melebihi kecepatan senjata laras tunggal. Teknologi Jerman ini menjadi sangat populer di Uni Soviet karena keandalan dan perawatannya yang mudah.

AK-630 30mm naval CIWS gun

3.AK-630

Berkat kemampuannya yang dapat menembakkan hingga 5.000 proyektil per menit, pelaut-pelaut Rusia menjuluki AK-630 sebagai “pemotong logam”.

Senjata itu betul-betul sukses hingga kebanyakan kapal Rusia modern, mulai dari kapal penyapu ranjau sampai kapal induk Admiral Kuznetsov, dilengkapi dengan AK-630.

Namun, torpedo dan rudal lebih banyak digunakan dalam peperangan modern untuk melawan “monster-monster laut” raksasa sehingga AK-630 terutama digunakan untuk menjatuhkan target-target udara. Senjata ini dipasang pada turret yang tertutup otomatis dan diatur oleh radar MR-123 dan layar sistem pendeteksian.

Photo: AK-630 (Wiki)

Editor: (D.E.S)

Iklan

4 tanggapan untuk “Tiga Senjata Warisan Uni Soviet yang Masih Digunakan Rusia”

  1. gsh-30-1 primernya menggunakan electric dan dayanya menggunakan 27 volt.
    amunisi terdiri dr AP, HE dan HE-T.

    ada buku yg bagus bro, harganya 800rb…
    klo ada yg mau beli mending patungan lalu difoto kopi rame2…..

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s