Kesultanan Melayu Kunjungi Koarmada II

Kesultanan Melayu Kunjungi Koarmada II
Kesultanan Melayu Kunjungi Koarmada II (TNI AL)

Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M., didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada II Ny. Retno Didik Setiyono menyambut kedatangan Para Kesultanan Melayu yang dipimpin oleh Pangeran Ratu Kertanegara yaitu Ir. H. Gusti Kamboja, M.H., selaku Ketua rombongan, bertempat di Dermaga Madura Koarmada II, Ujung Surabaya. Selasa (26/06).

Dilansir dari laman TNI AL (26/ 07), Kunjungan Pangeran Ratu Kertanegara Ir. H. Gusti Kamboja, M.H., beserta 17 orang Kesultanan Melayu, disamping untuk mempererat tali silaturahmi kegiatan ini juga bertujuan untuk mengenal lebih dekat Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI Angkatan Laut dalam hal ini Komando Armada (Koarmada) II yang terpusat di Surabaya.

Usai disambut secara resmi oleh Pangkoarmada II, rombongan dari kerajaan tertua di Kalimantan Barat Kerajaan Matan mengunjungi KRI Bima Suci yang merupakan salah satu kapal latih kebanggaan bagi TNI Angkatan Laut, Bangsa dan Negara Indonesia. Karena dalam tugasnya, KRI Bima Suci merupakan penerus jejak KRI Dewaruci yang telah banyak berjasa menjadi duta budaya Bangsa Indonesia di dunia Internasional.

Pangkoarmada II dalam sambutannya, dihadapan rombongan Kesultanan Melayu, menyampaikan ucapan selamat datang di Markas Komando Armada II Ujung Surabaya. Kunjungan ini merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan bagi keluarga besar Koarmada II, dimana telah menjadikan wilayah Koarmada II sebagai destinasi kunjungan.

Koarmada II merupakan salah satu Kotama TNI Angkatan Laut yang memiliki dua fungsi, yaitu sebagai Kotama Operasi yang bertanggung jawab kepada Panglima TNI dan sebagai Kotama Pembinaan yang bertanggung jawab kepada Kasal, ungkap Pangkoarmada II.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa, setelah dibentuknya Koarmada I di Jakarta, Koarmada II di Surabaya dan Koarmada III di Sorong, Koarmada II tetap merupakan konsentrasi kekuatan TNI Angkatan Laut terbesar, karena dijadikan markas beberapa Alusista strategis berupa kapal selam dan kapal-kapal PKR terbaru, terang Pangkoarmada II.

“Saya berharap selama pelaksanaan kunjungan di Mako Koarmada II, Bapak dan Ibu rombongan dari Kesultanan Melayu dapat mengenal lebih dekat tentang keberadaan Koarmada II, serta mendapatkan suatu pengalaman tersendiri dan membangkitkan semangat negara Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia”, pungkas Laksda TNI Didik Setiyono.

Selanjutnya dalam acara yang penuh keakraban tersebut, selain melaksanakan saling bertukar cinderamata, Pangkoarmada II menerima penyematan selendang dan pemakaian topi dari Kesultanan Melayu, sebagai “Kerabat Majelis Kerajaan Kalimantan Barat” yang disematkan langsung Pangeran Ratu Kertanegara Ir. H. Gusti Kamboja, dan diikuti pemasangan pin oleh Pangeran Agung Gusti Efendi dari Kesultanan Sekadau, Sultan Sri Negara Ichsan Peridana dari Kesultanan Sintan, Sultan Muda Rasulai Kiram dari Kesultanan Sulu Filipina, dan Persatuan Forum Komunikasi Pemuda Melayu Kalbar yaitu Pangeran Muda Wiratama Elang Perkasa Abdi Nurkamil Mawardi. Dan sebelum mengakhiri kunjungannya, para Kesultanan Melayu yang hadir bersama keluarga berkesempatan mengunjungi Monumen Jalesveva Jayamahe.

Hadir pada acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I.N.G. Sudihartawan, S.Pi., M.M., Danpuspenerbal Laksma TNI Dwika Tjahya Setiawan, S.H., Danguskamla Koarmada II Kolonel Laut (P) Kisdiyanto, Para Asisten Pangkoarmada II, Para Kasatker Koarmada II, serta Segenap Pengurus Inti Daerah Jalasenastri Armada II.

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s