Singapura Akan Gantikan Victory-class dengan Multi-Role Combat Vessels

Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) akan menghentikan layanan enam unit korvet Victory-class, dan menggantikannya dengan jenis platform baru yang dikenal sebagai Multi-Role Combat Vessel (MRCV).

Hal ini diungkapkan oleh Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen pada konferensi media yang diadakan bersamaan dengan hari Singapore Armed Forces (SAF), yang jatuh pada tanggal 1 Juli.

Dilansir Lancer Defense dari laman Janes (2/ 7), Victory-class dengan panjang 62 m pertama kali ditugaskan pada tahun 1990 dan saat ini memperkuat Skadron 188 RSN. Korvet dapat mencapai kecepatan tertinggi 35 kt, dan jangkauan standar 2.000 n mil pada 22 kt.

Setiap kapal dipersenjatai dengan meriam Oto Melara kaliber 76 mm di posisi utama, dan enam tabung torpedo 324 mm untuk menghancurkan kapal selam. Kelas ini juga mampu mengerahkan rudal anti-kapal McDonnell Douglas Harpoon, dan rudal permukaan-ke-udara Barak I buatan Israel.

Kelas ini menjalani program perpanjangan layanan-hidup (service-life extension programme/ SLEP) dari 2009 hingga 2014. Peningkatan ini meliputi pemasangan radar Saab Sea Giraffe Agile Multiple Beam (AMB), sistem manajemen tempur yang ditingkatkan, dan sistem peluncur untuk UAV ScanEagle.

Kelas yang dikerahkan secara teratur untuk tugas patroli maritim di Selat Malaka dan Laut Cina Selatan, akan mencapai akhir masa operasionalnya pada tahun 2025.

Sementara itu, MRCV, yang akan diperkenalkan setelah 2020, akan dipahami sebagai platform “mothership” untuk menangani ancaman spektrum udara tanpa awak, permukaan, dan kendaraan bawah permukaan, kata menteri pertahanan.

Photo: The Victory-class corvette, RSS Valiant. The class will reach the end of its operational life in 2025. Source: Singapore MINDEF 

Editor: (D.E.S)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s