China Luncurkan Dua Destroyer Tipe 055 Secara Bersamaan di Dalian

China Luncurkan Dua Destroyer Tipe 055 Secara Bersamaan di Dalian (xcar.com.cn)
China Luncurkan Dua Destroyer Tipe 055 Secara Bersamaan di Dalian (xcar.com.cn)

Dua Destroyer Tipe 055 10.000 ton diluncurkan secara bersamaan oleh Dalian Shipbuilding Industry Company (DSIC) pada tanggal 3 Juli, sebuah langkah yang mencerminkan kecepatan Tiongkok dalam membangun kapal perang kelas baru ini. Kapal terbaru ini adalah yang ketiga dan keempat yang akan diluncurkan, dimana keempat kapal memasuki air dalam kurun waktu setahun lebih sedikit.

Dilansir oleh Lancer Defense dari laman Janes (3/ 7), Tipe 055 pertama diluncurkan di galangan kapal Jiangnan Changxingdao dekat Shanghai pada Juni 2017 dan yang kedua pada April 2018.

Kapal perusak Tipe 055 adalah petarung permukaan terbesar yang dibangun untuk Angkatan Laut Pembebasan Rakyat (PLAN) Tiongkok dan merupakan pengembangan yang ditingkatkan dari kapal perusak Kelas 052D (Luyang III). Kelas ini memiliki tiang terintegrasi di mana sejumlah susunan sensor planar yang baru dirancang dipasang.

Kapal ini memiliki panjang 180 m, lebar 20 m dan akan dilengkapi dengan 112 vertical launch missile cell. Peluncur universal ini diharapkan untuk outloaded dengan campuran HHQ-9 area defence surface-to-air missiles; YJ-18 long-range, anti-ship cruise missiles; CJ-10 land-attack cruise missiles; dan torpedo-carrying anti-submarine missiles.

Meskipun media China sebelumnya telah mengutip displacement-nya 10.000 ton, kemungkinan full-load displacement akan lebih besar – antara 12.000 – 13.000 ton. Meskipun ini lebih kecil dari perusak kelas Zumwalt Angkatan Laut AS, itu jauh lebih besar daripada kelas Ticonderoga.

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “China Luncurkan Dua Destroyer Tipe 055 Secara Bersamaan di Dalian”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s