Indonesia Tarik Heli BO-105 dari Satuan Tugas PBB

TNI-AL akan menghentikan pengiriman helikopter BO-105 ke Timur Tengah setelah kekhawatiran yang dikemukakan atas kemampuan pesawat dalam melakukan operasi United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) di masa mendatang.

Masalah ini telah dikonfirmasi oleh berbagai sumber di dalam TNI-AL, yang masing-masing telah menyebutkan berbagai masalah teknis berkaitan dengan kemampuan BO-105.

Ini termasuk ketidakmampuan umum pesawat untuk menghasilkan “recognised maritime picture” (RMP) yang dapat dibagi dengan aset lain yang berpartisipasi dalam patroli UNIFIL, attaining endurance, dan parameter lain yang diperlukan untuk patroli multinasional.

Dilansir dari laman Janes (4/ 7), Indonesia telah mengambil bagian dalam patroli Satuan Tugas Maritim (Maritime Task Force/ MTF) UNIFIL, yang berusaha mencegah masuknya senjata tanpa izin atau materi terkait melalui laut ke Lebanon, sejak 2009.

Sebagai bagian dari keterlibatannya, TNI-AL secara bergiliran mengirim salah satu kelas Diponegoro (Sigma), atau korvet kelas Bung Tomo untuk melakukan patroli anti-proliferasi di Laut Tengah.

Untuk setiap penyebaran masa lalu dan saat ini, helikopter BO-105 telah memulai tugas bersama kapal. Pesawat dikerahkan untuk meningkatkan kemampuan pengawasan maritim korvet, dan memanggil merchant vessels yang tidak berada dalam jangkauan kapal perang.

TNI-AL mengoperasikan enam unit BO-105, yang pertama dikirimkan pada tahun 1980. Pesawat ini memiliki hame base di Skadron Udara (Air Squadron) 400 di Juanda, Surabaya.

Photo: Indonesian navy Bo-105 helicopter during a deck landing on the USS Fort Worth. (Wiki)

Editor: (D.E.S)

Iklan

One thought on “Indonesia Tarik Heli BO-105 dari Satuan Tugas PBB”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s